Setiap makhluk yang bernyawa pastiah mengalami apa yang disebut dengan kematian. Karena setiap kehidupan pasti akan berakhir dengan kematian. Hanya saja waktu kedatangannya tidak kita ketahui. Hanya Allah SWT Yang Maha Pencipta saja yang mengetahui ajal setiap makhluk-Nya.

Walaupun kematian memang tak dapat diketahui waktunya, namun sebelum kematian datang, akan ada beberapa tanda kematian yang barangkali dapat kita ketahui dan rasakan. Hanya saja banyak orang tidak dapat menyadarinya.

Lebih spesifik lagi, tanda-tanda tersebut muncul sekitar 40 hari sebelum malaikat maut menjemput kita. Sebagaimana pembahasan berikut ini yang berdasarkan dari pengalaman dan tanda-tanda umum yang sering dijumpai di masyarakat kita.

140 Hari Menuju Kematian

sunneiko.com

Sebagian orang akan merasakan bagian pusat tubuhnya berdenyut. Hal ini muncul setelah masuk waktu Ashar. Ini merupakan tanda bahwa ‘daun’ yang tertulis nama kita dari pohon yang terletak di ‘Arsy Allah SWT telah gugur.

Kemudian malaikat maut memungut daun tersebut dan segera membuat persiapan. Salah satunya mulai mengawasi kita setiap saat. Sesekali malaikat maut akan menampakkan dirinya dalam wujud manusia. Seketika itu pula, orang tersebut akan merasa terkejut dan bingung melihatnya.

Meskipun wujud malaikat maut hanya satu, namun atas izin Allah SWT, dia mampu mencabut nyawa seseorang dalam waktu bersamaan.

27 Hari Menuju Kematian

theliteraryshack.wordpress.com

Pada saat 7 hari jelang kematiannya, seseorang yang diuji Allah dengan sakit akan merasa berselera makan yang begitu besar, padahal sebelumnya tidak ingin makan. Tanda ini muncul setelah waktu Ashar. Hal ini merupakan isyarat dari Allah bahwa kematiannya sudah begitu dekat.

33 Hari Menuju Kematian, Ia Sudah di Ambang Pintu

orig09.deviantart.net

Suatu saat akan terasa denyutan di tengah dahi kita, antara dahi kanan dan dahi kiri. Jika kamu telah merasakan hal ini, maka berpuasa menjadi hal yang disarankan. Agar supaya perut kita tak mengandung banyak najis dan akan memudahkan orang lain yang memandikan jasad kita nanti.

Selain itu, bulatan di lensa mata kita tak bersinar lagi. Bagi sebagian orang yang diuji sakit, perlahan hidungnya akan masuk ke dalam. Terlihat jelas bila dilihat dari sisi tubuh. telinga pun akan layu dan berangsur masuk ke dalam. Telapak kaki berangsur-angsur lurus dan sukar untuk ditegakkan lagi.

4Pertanda di Hari Terakhir

Pixabay.com

Setelah waktu Ashar, kamu akan merasakan denyutan di bagian ubun-ubun. Hal ini menandakan bahwa sudah tak sempat lagi bertemu dengan waktu Ashar di keesokan harinya.

5Detik-detik Menjelang Nafas Terakhir

Pixabay.com

Bagian pusat tubuhmu akan terasa sejuk, kemudian turun ke pinggang dan akan terus naik ke bagian halkum. Pada saat ini, hendaknya banyak-banyak membaca istighfar memohon ampun kepada Allah. Juga seringlah membaca syahadat.

Menata hati dan menfokuskan pikiran hanya kepada Allah merupakan cara paling tepat menghadapi kematian yang datang sebentar lagi.