soloblitz.co.id

8 Jenis Sambal Favorit Masyarakat Indonesia

Posted on

Siapa yang tidak suka sambal? Mayoritas masyarakat Indonesia pasti suka sambal, meskipun tingkat kepedasannya berbeda-beda, namun tetap saja makanan ini selalu dirindukan setiap saat.

Ternyata, di antara berbagai jenis sambal yang ada di Indonesia, 8 sambal berikut ini menjadi primadona, menjadi sambal favorit yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Apa saja 8 jenis sambal tersebut?

Sambal Petis

bumbusederhana.com
bumbusederhana.com

Sambal berwarna coklat ini berbahan dasar bawang goreng, cabai, dan petis. Rasanya yang tidak terlalu pedas dan agak manis. Paling enak jika dimakan bersama tahu goreng dan lontong mie.

Sambal Tomat

munirsara.com
munirsara.com

Jika tidak terlalu tahan dengan rasa pedas, sambal tomat bisa menjadi pilihan yang cocok untuk menemani makananmu.

Bahan dasarnya yaitu tomat segar yang dicampur dengan sedikit bahan sambal terasi. Pada sambel jenis ini, jangan lupa untuk memberi tomatnya lebih banyak.

Sambal Kecap

resepmasakandapurarie.com
resepmasakandapurarie.com

Sambal kecap termasuk sambal favorit banyak orang, khususnya yang doyan dengan rasa pedas manis.

Sambal kecap terbuat dari irisan cabai rawit, cabai merah, bawang merah mentah, dan kecap manis. Sambal jenis ini cocok menjadi teman makan tahu, tempe, telur, ikan, ayam, termasuk sate.

Sambal Bajak

masteresep.com
masteresep.com

Sambal dari Jawa Tengah ini disebut Bajak, mungkin karena rasa sambalnya yang seperti “membajak” lidah.

Sambal ini berbahan dasar cabai merah, tomat, terasi, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, serai, asam jawa, gula merah, dan garam.

Karena sambal ini kaya akan rasa, dan sangat menempel di lidah, biasanya membuat para pecinta kuliner pedas ketagihan. Paling cocok jika dimakan dengan lauk ayam goreng atau daging empal penyet.

Sambal Mangga

soloblitz.co.id
soloblitz.co.id

Sambal mangga atau biasa disebut sambal pencit sangat cocok dimakan bersama ikan bakar.

Sambal ini berbahan dasar mangga muda yang diserut atau diiris kecil memanjang, gula merah, cabe rawit, garam, dan atau terasi bakar. Sambal ini akan memunculkan sensasi rasa asam atau kecut dan pedas gurih.

Sambal Ijo

youtube.com
youtube.com

Sambal ijo akan dengan mudah kamu temui di warung nasi padang atau tempat makan bebek goreng.

Bahan dasarnya cabai hijau yang dipotong kasar, bawang merah, bawang putih, tomat hijau, garam, gula pasir, dan air jeruk nipis.

Sebagian pecinta pedas mungkin tidak begitu suka dengan sambal ini. Bukan karena rasanya yang kurang pedas, tapi karena warnanya yang hijau, kurang mencolok.

Sambal Dabu-Dabu

getscoop.com
getscoop.com

Jika kamu orang Manado, pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal yang satu ini. Sambal ini berbahan dasar cabai merah, bawang merah, kemangi, cabai hijau, tomat, jeruk nipis, garam, dan air jeruk.

Sambal Terasi

masakanlezat.com
masakanlezat.com

Nah, ini dia sambal jagoan Nusantara! Makan makanan apapun, rasanya kurang lengkap jika tanpa kehadiran sambal ini.

Bahan dasarnya cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam, sedikit gula dan tomat, dan terasi yang sudah digoreng atau dibakar. Rasa dan aromanya yang khas akan membuat siapa saja ketagihan.

Kamu suka sambal yang mana?

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *