Inilah salah satu pelengkap makan nasi yang akan kamu rindukan jika tinggal di luar negeri. Jenis makanan seperti apakah itu? Makanan itu adalah sambal terasi. Eh, sebenarnya nggak bisa dibilang makanan juga sih.

Sebagian masyarakat Indonesia yang menggemari sambal terasi pasti akan bilang, kalau makan nggak pakai sambal itu seperti sayur tanpa garam.

Sensasi makanannya kurang nampol. Jangankan makan tanpa sambal, makan dengan sambal lain yang nggak ada terasinya juga berasa ada yang kurang.

sedapkuliner.com
sedapkuliner.com

Lucu ya orang Indonesia? Tapi nggak juga sih, kalau kamu sudah coba dan merasakan lezatnya sambal terasi, pasti kamu juga akan bilang hal yang sama. Bagaimana, kamu penasaran nggak dengan sambal terasi ini?

Pengen tau lebih lanjut mengenai hal ihwal terkait sambal terasi? Kita lihat langsung ulasannya yuk!

1Sekilas Mengenai Sambal Terasi

en.wikipedia.org

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dari sambal terasi. Bahan-bahan untuk membuatnya tidak ada bedanya dengan sambal-sambal lain pada umumnya. Yang membuat rasanya unik dan berbeda ya karena ditambahin terasi.

Bahan-bahan untuk membuat sambalnya sendiri terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabe merah keriting, cabe rawit, garam, tomat, jeruk purut, dan terasi bakar atau goreng.

fabfebi.com
fabfebi.com

Bahan-bahan untuk membuat sambal terasi ini mudah didapat kan? Cara untuk membuatnya juga mudah lho! Kamu hanya perlu menghaluskannya. Kalau dalam jumlah sedikit, kamu lebih baik menggunakan ulekan, karena rasanya akan lebih sedap.

Oiya, saat mengulek, yang pertama kali perlu kamu ulek adalah cabe beserta sedikit garam, setelah cabenya agak halus, maka kamu bisa menambahkan bawang untuk dihaluskan. Nah, bagian terakhir yang dihaluskan adalah tomat dan terasi.

cookingwithmamamiyuki.wordpress.com
cookingwithmamamiyuki.wordpress.com

Jika tomat kamu ulek duluan, maka kamu akan sulit menghaluskan bahan-bahan yang lain. Kenapa? Karena cairan dari buah tomat akan membuat licin bahan-bahan yang lain, sehingga sulit hancur.

Jika sambal sudah jadi, maka kamu pun bisa menyajikannya. Sebelum disajikan, jangan lupa untuk menambahkan air perasan jeruk purut ke sambal yang kamu buat. Penambahan air jeruk purut ini akan menambah kesan segar pada sambal.

bundatwinskitchen.wordpress.com
bundatwinskitchen.wordpress.com

Nah, cara membuat sambal di atas kalau kamu menginginkan sambal terasi mentah yang rasanya lezat dan segar. Tapi sambal seperti ini tidak tahan lama, alias cepat basi.

Kalau kamu ingin membuat yang lebih tahan lama, maka kamu bisa menggorengnya sebentar.

2Penggunaan Sambal Terasi

en.wikipedia.org

Jika kamu sudah membuat sambal terasi, maka kamu sudah bisa mengonsumsinya. Cara mengonsumsinya bagaimana? Kamu bisa memakannya bersama dengan nasi beserta sayur dan lauk-pauk lainnya.

Selain itu, kamu pun bisa memakannya bersama ikan bakar, ikan goreng, ayam bakar, ayam goreng, serta lalapan. Tanpa menggunakan nasi pun, rasanya akan tetap enak. Tapi kan kalau orang Indonesia, kalau belum makan nasi tandanya belum makan.

Apakah ada cara lain mengonsumsi sambal terasi? Tentu saja ada. Selain dikomsumsi langsung, sambal terasi pun bisa kamu gunakan untuk membuat nasi goreng terasi. Rasa nasi gorengnya tidak kalah lezat lho dengan nasi goreng lainnya.

Bagaimana, menarik sekali kan sambal terasi ini. Selain mudah dibuat, rasanya enak, cara mengonsumsinya pun beragam. Bagi kamu penggemar makanan pedas, maka sambal terasi bisa masuk ke dalam menu harian kamu.

Biasanya, walaupun menu makanan kita yang alin sederhana, misalnya hanya pakai tempe goreng atau ikan asin, namun kalau ada sambal terasi, semua makanan tadi berasa jadi makanan mewah yang lebih dicari daripada ayam atau daging.