Tips Mengatasi Sariawan secara Alami

ibudanbalita.com

Stomatitis aftosa adalah istilah kedokteran untuk penyakit sariawan. Sariawan merupakan suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada lapisan di area mulut. Luka tersebut berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung.

Sariawan tidak berbahaya namun sangat mengganggu aktivitas keseharian para penderitanya. Terutama pada saat mengunyah dan menelan makanan.

Ada beberapa faktor penyebab sariawan seperti kekurangan Vitamin B 12, Vitamin C, Zat Besi, mengobrol saat makan, mengkonsumsi makanan yang sangat pedas dan panas ataupun kebersihan mulut yang tidak terjaga.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa sakit dan mengobati sariawan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1Garam dan Baking Soda

poker008.wordpress.com

Dengan mencampurkan garam dan baking soda lalu di tambahkan sedikit air maka kamu telah menciptakan pasta untuk mengobati sariawan secara alami.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan sedikit campuran garam dan baking soda yang telah kamu buat pada luka sariawan. Lalu tunggu kurang lebih selama 10 menit, kemudian basuh dengan air.

2Air Kelapa

redaksikesehatan.com

Manfaat air kelapa sangat banyak sekali. Selain dapat menetralisir sistem pencernaan dan mengobati dehidrasi, air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan.

3Pisang dan Madu

areacewek.com

Kamu bisa memanfaatkan kedua bahan ini untuk obat sariawan dengan membuatnya menjadi pasta. Caranya dengan menghaluskan buah pisang terlebih dahulu. Kemudian campurkan dengan madu. Setelah itu, oleskan pasta yang sudah jadi pada luka sariawan untuk mencegah peradangan.

4Daun Jambu Biji

www.infoagribisnis.com

Salah satu kegunaan daun jambu biji adalah untuk mengobati sakit perut dan sariawan. Khusus untuk obat sariawan dengan cara mengunyah beberapa helai daun jambu biji hingga halus, kemudian berkumurlah untuk beberapa saat.

5Yoghurt

beautyboxmagazine.com

Yoghurt memiliki fungsi dalam menjaga keseimbangan bakteri yang terdapat di mulut dan tubuh kita. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan yoghurt untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu, yoghurt juga dapat digunakan untuk pencegahan.

6Minum Vitamin

dapurhalal.com

Mengkonsumsi Vitamin B dan C serta zat besi dan asam folat dapat berperan dalam mencegah dan mengobati luka sariawan. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin harian, maka penyembuhan dari dalam tubuh dapat berproses lebih cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here