Sate bukan hanya makanan favorit di Indonesia tapi juga dunia. Bahkan dalam survei CNN, masakan sate menduduki peringkat ke-12 terlezat dunia.

Selain sate kambing, sate ayam adalah yang paling digemari dan terlaris. Di mana daerah di Indonesia yang tidak ada penjual sate ayam? Mulai dari restaurant, warung kaki lima, sampai penjual keliling marak di Indonesia.

Kuliner Indonesia memang memiliki segudang menu dan cita rasa. Kekayaan budaya itu menular pada kekayaan kuliner nusantara. Beragam jenis sate ayam yang khas pun ada di sejumlah daerah.

Berikut 4 masakan sate ayam khas daerah yang paling terkenal dan terlezat.

1Sate Ayam Madura

jendelakuliner.com

Sate ayam adalah sate Madura, sate Madura adalah sate ayam. Ya siapapun kalau bicara sate ayam, pasti akan teringat Madura. Sate ayam memang selalu identik dengan daerah yang satu ini.

Padahal daerah lain juga banyak yang menyajikan sate ayam. Madura juga memiliki kuliner sate yang lain, seperti sate kambing dan sate sapi. Namun stigma itu memang sudah kadung tersemat sejak lama.

Alasan mengapa sate ayam paling terkenal di Indonesia, paling utama tentunya karena kelezatannya yang sudah tak diragukan lagi.

Namun selain itu, paling signifikan karena kehadiran banyak pedagang sate madura yang menjajakan dagangannya di hampir seluruh wilayah Indonesia. Tak heran jika sate ini paling dikenal orang Indonesia.

Sambil mendorong gerobak dengan gemerincing suara lonceng, penjual sate berteriak berulang-ulang, “sateee..!” Dan ternyata suara ini yang diingat Presiden Amerika Barack Obama saat masa kecilnya di Indonesia.

kaskus.co.id
kaskus.co.id

Kunci kelezatan sate Madura ada dua, yang pertama pada kombinasi berbagai bahan rempah-rempahan yang dioleskan pada sate sebelum dibakar. Yang kedua pada bumbu atau saus kacang dalam penyajiaannya.

Sate ayam Madura ini punya rasa bumbu kacang yang sangat khas. Selain itu daging satenya juga terasa sangat empuk dan memiliki aroma yang sedap.

Dalam penyajiaannya, sate ayam Madura dengan saus kacangnya lebih cocok ditemani lontong.

2Sate Ambal Kebumen

ikakoentjoro.com

Bagi kamu penggemar kuliner sate, pasti tahu jenis sate ayam yang satu ini. Sate yang berasal dari Desa Ambalresmi, Kabupaten Kebumen ini memang punya cita rasa yang khas dan unik.

Unik pada cara pengolahannya, unik juga pada bumbu sambalnya. Dalam pengolahannya sate yang populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini dimasak lebih dahulu dagingnya sebelum dipanggang.

Sehingga sate ini akan terasa lebih gurih dan memiliki tekstur yang lembut. Sebelum dibakar sate ambal juga dicampur dengan racikan bumbu yang khas. Dengan aroma yang mengepul bersama asap makin membuat sedap aromanya.

Dalam penyajiannya, sate ambal dihidangkan dengan bumbu sambal yang terpisah. Paling unik dari kesemuanya adalah bumbu sambalnya yang hanya ada pada sate ini. Bumbu sambal yang digunakan adalah sambal tempe kedelai.

Hampir sama dengan sejumlah jenis sate ayam lainnya, sate ambal ini juga paling enak disajikan bersama dengan ketupat atau lontong.

3Sate Ponorogo

flickr.com

Satu lagi sajian sate ayam yang paling khas, sate ayam dari Ponorogo. Sama-sama berasal dari Jawa Timur, namun sate Ponorogo punya banyak perbedaan dengan sate Madura.

Perbedaan paling utama ada pada cara pemotongan daging. Jika pada sate Madura dan pada kebanyakan sate ayam, daging dipotong seperti dadu, pada sate Ponorogo daging hanya disayat tipis panjang menyerupai fillet.

Dengan cara pemotongan itu, selain daging jadi lebih empuk, gajih dan lemak yang melekat pada daging bisa disisihkan.

Perbedaan berikutnya, pada sate Ponorogo daging terlebih dahulu direndam bersama bumbu dengan cara dibacem, agar bumbu lebih meresap kedalam daging.

Bumbu yang digunakan adalah bumbu kecap dan minyak sayur. Setelah bumbunya merata, sate dipanggang di atas pemanggang sate selama kurang lebih 3-5 menit.

rinarinso.com
rinarinso.com

Alat pemanggang sate Ponorogo terbuat dari tungku (panggangan) yang terbuat dari tanah liat. Panggangan ini memiliki lubang di satu sisi untuk mengipas bara arang didalamnya.

Setelah berwarna kecoklatan, semua sate diletakkan di atas piring untuk dibumbui lagi dengan bumbu spesial. Setelah matang, sate dilumuri dengan bumbu kacang yang ditumbuk halus.

Setelah kamu memakan setiap tusuknya, dijamin akan membuat kamu ketagihan.

4Sate Ayam Blora

infomakan.com

Sate Ayam Blora menjadi salah satu favorit pemburu sate di Indonesia. Terbuat dari daging ayam kampung yang dipotong kecil-kecil, lalu diracik dengan bumbu yang khas sebelum dipanggang.

Sate Blora disajikan dengan saus kacang yang amat lembut. Yang khas sebelum dicocol saus kacang, sate ini telah diberi kuah berwarna kuning yang mirip seperti opor. Nggak kebayang betapa lezatnya!

Paling unik pada cara menjual satenya, tidak perlu memesan dalam jumlah khusus, kamu bisa menyantap semaumu dan sepuasnya. Baru setelah selesai makan, akan dihitung berapa jumlah tusuk sate yang telah kamu ambil.