Banyak yang bilang sate dari daging kambing lebih enak dibanding sate dengan daging yang lain. Ternyata survei juga menunjukkan sate kambing lebih banyak peminatnya dan lebih laris dagangannya.

Indonesia yang kaya akan kuliner yang tersebar di banyak daerah. Begitu juga dengan makanan sate kambing, banyak ragamnya, banyak kekhasan masing-masing daerah.

Inilah 4 sate kambing khas daerah yang paling terkenal kelezatannya.

1Sate Kambing Khas Tegal : Batibul dan Balibul

cumibunting.com

Bagi penggemar sate, pasti akan tahu makanan khas Tegal ini. Selain disebut sate tegal, ada dua penyebutan nama lain untuk menyebut sate ini, balibul (bayi lima bulan) dan batibul (bayi tiga bulan).

Apa maksudnya bayi lima bulan dan tiga bulan? Maksudnya adalah sate ini berasal dari daging kambing muda umur lima bulan dan tiga bulan. Daging kambing muda memang paling enak sebagai bahan sate.

Sate Tegal dagingnya kenyal dan tidak prengus. Setiap tusuk sate berisi daging kambing dengan selingan lemak, hati dan ginjal. Serat kenyal dagingnya pun makin enak apabila disajikan dengan kecap manis.

Berbeda dari sate kambing biasanya, sate tegal ini tidak dicelupkan ke dalam kecap manis dalam pembakaran, melainkan polos saja alias tanpa bumbu.

Tak heran jika warnanya cenderung pucat dan tidak terbakar sampai gosong. Setelah dibakar, sate kambing Tegal biasanya disajikan dengan sambal kecap, dengan irisan cabai rawit, bawang merah dan tomat.

Bisa dinikmati dengan lontong atau nasi. Sate ini pun cocok disajikan dengan gule kambing yang berkuah santan dan gurih.

2Sate Klathak Khas Bantul Yogyakarta

alimustikasari.com

Satu lagi khasanah ‘persatean’ yang istimewa di Indonesia. Sate Klathak dari Jogja yang bakal membuat kamu ketagihan.

Sate klathak dikenal sangat unik. Membakarnya bukan dengan tusuk bilah bambu seperti umumnya, melainkan dengan tusuk berupa jeruji sepeda kayuh yang terbuat dari batang besi.

Tujuannya agar matangnya sempurna dan dagingnya super empuk. Tambah unik lagi karena pembakarannya pun tidak menggunakan bumbu apapun selain dengan garam dan bawang putih.

Tapi ketika sudah disajikan dengan yang lain, rasanya juara! Potongan daging kambing terasa sangat gurih.

tourwisatajogja.com
tourwisatajogja.com

Satu lagi yang membuat sate ini spesial, karena dagingnya yang berasal dari daging kambing muda. Tekstur dagingnya pun jadi empuk, walaupun irisannya besar-besar, tapi enak saja dikunyah di mulut.

Kambing muda juga menjadikan sate klathak tidak prengus seperti umumnya daging kambing.

3Sate Kambing Khas Tulungagung

f12man.blogspot.com

Ini juga salah satu sate kambing paling lezat di Indonesia. Banyak penggemar sate kambing yang merekomendasikan sate khas Tulungagung sebagai salah satu sate terlezat.

Selain rasanya yang tentu enak, keistimewaan olahan sate kambing Tulungagung ada pada dagingnya yang segar, empuk dan tidak prengus. Cara memanggangnya pun unik dengan teknik pengasapan tradisional.

Sate kambing ini semakin menarik minat banyak pecinta kuliner karena bumbunya yang lezat, berbeda dengan daerah lainnya.

Bumbu dibuat menggunakan saus kecap, dicampur dengan sedikit petis. Racikan bumbu ini yang membuat sajian sate kambing semakin padu.

Gimana tertarik mencicipi?

4Sate buntel

resepdanmasakan.com

Sate yang berbahan baku daging kambing yang dicincang ini makin populer, saat diketahui ternyata Presiden Jokowi salah satu penggemar berat sate buntel.

Sate buntel, dalam bahasa Jawa berarti sate yang dibungkus atau diselimuti. Sate ini memang dibungkus dengan bagian lemak kambing yang tipis, lalu baru siap untuk dibakar.

berrykitchen.com
berrykitchen.com

Pembakarannya pun hingga lemaknya menetes dan lumer, benar-benar buat kita ngiler. Buntelan lemak ini yang membuat sate ini menjadi gurih.

Bagaimana? Tertarik mencicipi sate favoritnya pak presiden?