Siapa yang tidak kenal dengan sate Madura? Semua pasti tahu, betapa lezatnya lauk ini. sate Madura punya ciri khas dari sambal kacangnya. Biasanya disajikan bersama ketupat atau lontong.

Penjual sate Madura juga memiliki ciri-ciri khusus, yakni bercelana dan berbaju hitam serta berkaus loreng hitam putih. Cara pakai pecinya pun berbeda dari yang lain, yaitu dipakai menyamping.

Ciri lainnya dari penjual sate Madura, biasanya memakai gerobak. Ada yang gerobak dorong, ada juga yang menggunakan gerobak panggul.

Ada banyak cara menyajikan sate Madura ini agar makin menarik. Berikut ini adalah contoh sajian sate Madura yang akan membuatmu ingin segera melahapnya. Yuk, simak!

1Sate Ayam Gotong-Royong

bulletindwpyangon.wordpress.com

Sate Madura ini terbuat dari daging ayam. Disebut sate ayam gotong-royong karena bentuknya yang berderet membentuk kipas. Tambahkan hiasan tomat dan sawi hijau untuk mempercantik hidangan.

2Sate Madura Bumbu Sambal Bawang

pondokcerita-gesangsari.blogspot.com

Sajian sate semacam ini cocok untuk kamu yang hobi makan bawang, terutama bawang merah. Kamu bisa menaburkan irisan bawang merah atau bawang putih ke dalam bumbu kacang.

Tambahan aroma bawang merah membuat sate ini semakin terlihat lezat. Bumbu kancangnya ditabur di atas sate dan memenuhi piring.

3Sate Madura Rasa Jeruk Nipis

beritanetizen.com

Umumnya, rasa sate hanya pedas, manis dan gurih saja. Tapi, yang satu ini, rasanya bercampur sedikit asam jeruk.

Cobalah menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam adonan sambal kacang, rasanya akan lebih menggigit.

4Sambal Kacang Rasa Tomat

zinepool.com

Kalau sate di atas bukan sate ayam, melainkan sate kambing yang diolah dengan bumbu kacang khas Madura. Buah tomat yang ditambahkan ke dalam sambal membuat rasa sambal menjadi lebih bervariasi.

Dijamin, kamu akan ketagihan menikmati sate yang satu ini.

5Sate Lontong

recipeshubs.com

Keunikan sate Madura biasanya disajikan bersama ketupat atau lontong. Nah, sate ini juga sama. Dalam sepiringnya ditambahkan irisan lontong. Sambal kacang diletakan terpisah di dalam sebuah mangkuk.

Kamu boleh menambahkan variasi lainnya, seperti buah mentimun dan bengkuang.

6Sate Rasa Soto

novajourney.wordpress.com

Kalau soto ayam, babat atau sapi mungkin sudah biasa. Para penikmat soto bahkan sudah hafal dengan menu ini. Namun, bagaimana jika soto tersebut berasa sate? Atau malah sate berasa soto?

Seperti halnya sajian sate di atas. Disajikan bersama soto dan nasi. Terlihat menggiurkan bukan?

Coba saja, kamu pasti tidak akan berhenti menikmatinya.

7Martabak Sate

therealpickygourmet.wordpress.com

Heran dengan judul masakan sate tersebut? Apa benar ada martabak sate? Sudah martabak, kok sate? Tentu saja ada. Sate Madura disajikan bersama martabak telur yang diberi bumbu sambal kacang.

Agar kamu tidak bosan dengan sajian sate Madura yang itu-itu saja, mungkin kamu perlu mencoba desain seperti ini. Jangan lupa ya, taburkan sambal kacangnya supaya rasanya lebih lezat.

8Sate Pincuk

gastronomy-aficionado.com

Ini dia yang paling ditunggu. Sajian sate Madura yang sederhana tapi banyak peminatnya. Biasanya, penjual sate Madura keliling kerap menyajikan sate dengan cara seperti ini.

Sate disajikan bersama sambal kacang dan lontong di atas daun pisang berwarna hijau. Daun pisang itu lazimnya dialasi piring. Tapi, ada juga yang hanya dikaitkan ujungnya menggunakan lidi.

Harga sate Madura yang disajikan dengan cara ini jauh lebih murah. Hanya dengan merogoh kocek Rp 5000 hingga Rp 10.000 rupiah, kamu sudah bisa menikmati lezatnya sate Madura di atas pincukan daun pisang.