Tidak bisa dipungkiri, bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman budaya sekaligus jenis makanannya.

Inilah yang membuat kita punya banyak pilihan rasa. Rasa yang akan membuat kita selalu rindu kampung halaman, walaupun masih berada dalam satu negara, Indonesia.

Salah satu jenis makanan yang beragam adalah sate. Di negara kita banyak sekali jenis sate dari berbagai daerah, ada sate Madura, sate ambal, sate lilit, sate padang, sate klatak, dan sate maranggi. Wow, banyak juga ya, dan itu belum semua lho!

angkringaningteras.com
angkringaningteras.com

Nah, tapi kali ini kita hanya akan mengenal lebih dekat satu jenis sate saja. Sate apa yang akan kita ulas? Ya, kita akan mengulas secara lebih mendalam mengenai sate maranggi.

Kata pepatah kan tak kenal maka tak sayang. Jadi supaya kita sayang dengan produk Indonesia, kita kenalan yuk!

Asal Muasal Sate Maranggi

skyscrapercity.com
skyscrapercity.com

Sate maranggi merupakan sate yang terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Dari bahan dasarnya sekilas tidak jauh berbeda dengan sate jenis lain yang biasa kita temukan. Lalu, sate maranggi ini berasal dari daerah mana?

Oiya, di mana ya kira-kira asal dari sate maranggi ini? Sate maranggi ternyata berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Tapi, selain di sini sate maranggi pun banyak dijual juga di daerah sekitarnya, hingga daerah Cianjur.

old.hifatlobrain.net
old.hifatlobrain.net

Jadi, bagi kamu yang ingin mencoba sate maranggi, kamu tidak perlu ke Purwakarta untuk mendapatkannya. Saat ini diberbagai daerah sudah banyak yang menjual sate ini. Tentunya dengan rasa yang tidak kalah enak dengan sate maranggi di daerah asalnya.

Bahan-bahan untuk Membuat Sate Maranggi

iberita.com
iberita.com

Bahan utama untuk membuat sate maranggi adalah daging kambing dan daging sapi. Selain itu kita pun membutuhkan gula aren, kecap, serta tusuk sate untuk memudahkan proses pembakarannya.

bumburempahrempah.wordpress.com
bumburempahrempah.wordpress.com

Untuk bumbunya kita perlu menyiapkan bawang putih, bawang merah, ketumbar, air asam, serta garam. Bumbu ini digunakan untuk membumbui dagingnya. Namun, jika kita hendak membuat saus tambahan, maka bumbunya kita sesuaikan lagi dengan keinginan.

Proses Pembuatan Sate Maranggi

wikipedia.org
wikipedia.org

Proses pembuatan sate maranggi memiliki kekhasan dibandingkan sate lainnya. Proses yang membedakan adalah proses perendaman daging di dalam bumbu atau disebut marination sebelum ditusuk menjadi sate dan dimatangkan.

Bumbu untuk proses merendamnya terdiri dari kecap dan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. Dengan proses perendaman yang sudah menggunakan bumbu inilah yang menyebabkan sate maranggi bisa disajikan tanpa saus pendamping.

indonesianholic.com
indonesianholic.com

Setelah dilakukan perendaman, barulah dagingnya ditusukkan ke tusuk satenya. Lalu kemudian dibakar untuk proses pematangan dagingnya. Wah, yang terbayang rasanya pasti gurih bercampur manis ya.

Cara pembuatannya mudah kan? Untuk membuat sate ini sepertinya tidak perlu teknik khusus yang rumit dan bahan-bahan serta bumbu-bumbunya pun mudah didapat. Gimana, kamu tertarik kan untuk membuatnya?

Penyajian Sate Maranggi

tigerlim.com
tigerlim.com

Setelah sate sudah matang, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menyajikan sate marangginya.

Sate maranggi biasanya dihidangkan bersama nasi dan lontong. Tapi jika ingin modifikasi kita pun bisa memakannya dengan kentang, ubi, ataupun singkong.

Selain itu, saat penyajian biasanya sate maranggi dihidangkan bersama irisan tomat dan irisan bawang. Keberadaan tomat yang rasanya asam dan rasa bawang yang khas, makin memperkaya cita rasa saat kita memakannya.

Cita rasa sate maranggi yang kaya inilah yang akan membuat kita ingin mencoba dan mencoba lagi makanan yang satu ini. Buat kamu yang belum pernah mencoba, ada baiknya untuk mencobanya, dijamin pasti ketagihan deh.

[td_smart_list_end]