Kamu pasti lazim menemui warung masakan Padang di berbagai tempat. Bahkan mungkin di seluruh kota di Indonesia terdapat lebih dari satu warung masakan Padang.

Namun, tahukah kamu tentang sate Padang? Tidak semua restoran atau warung masakan Padang menyediakan menu sate yang khas ini, sate Padang. Namun, sebenarnya sate padang ini sudah sangat beredar luas.

www.yummytraveler.com
www.yummytraveler.com

Meskipun peredaran penjual sate padang belum seluas sate Madura yang melegenda. Namun, potensi sate Padang untuk menjadi terkenal seperti sate Madura juga sangat besar.

Nah, buat kamu yang belum pernah mencobanya, mari kita kenali apa dan bagaimana sate Padang.

1Sate Padang

meiustia.wordpress.com

Kalau kamu sering memakan sate ayam atau sate kambing sejak kecil. Kamu akan merasa aneh dengan sate Padang. Bisa dikatakan bahwa rasanya sangat kontras dan aneh jika dibandingkan dengan sate yang lainnya.

Bentuk tusukannya dan dagingnya sih tidak jauh berbeda, satenya juga dibakar biasa. Namun, tidak ditambahkan kecap dan pembakaran bumbu saus kacang seperti pada sate ayam atau sate kambing.

Sausnya yang kental berwarna kuning serupa kuah kare lebih kental dari saus kacang sate ayam. Rasanya antara gurih, asin, dan beraroma rempah yang  kuat. Hanya sedikit rasa manis yang samar, tidak juga terasa pedas.

Penasaran? Kamu bisa membuat saus sate padang kreasimu sendiri di rumah.

2Resep Bumbu dan Saus Sate Padang

unik-aneh-seru.blogspot.de

Beberapa bahan utamanya adalah daging (kamu bisa gunakan daging ayam atau sapi, sesuai selera kamu), tepung beras dan air. Nah, untuk bumbu halusnya, kamu harus menyiapkan cukup banyak bahan.

Pastikan semuanya dalam kondisi yang baik, tidak busuk atau rusak, siapkan 5 bawang merah, 3 bawang putih, 3 cabe merah, kunying cincang, jahe cincang, garam, serai geprek, dan ketumbar bubuk.

Bahan lainnya adalah merica bubuk, jinten bubuk, daun kunyit, lengkuas, daun jeruk, 50 gram tepung sagu, dan asam kandis. Kalau kamu tidak tahu asam kandis kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu lewat internet sebelum mencarinya ke pasar.

goodfoodgoodlife.wordpress.com
goodfoodgoodlife.wordpress.com

Pertama haluskan semua bumbu sampai muncul aroma harum yang menggiurkan. Nah, bumbu halus inilah yang kemudian akan kamu campur dengan air dan digunakan untuk merebus daging sate hingga empuk.

Bumbunya akan melesap dan meresap ke dalam daging sehingga tercipta rasa daging yang lebih nikmat. Daging hasil rebusan sekarang tinggal kamu potong kecil sesuai ukuran sate selera kamu.

Sambil membakar sate kreasimu sendiri, kamu bisa buat saus sate Padang. Air rebusan sebelumnya jangan dibuang, kamu campurkan tepung beras kedalam air rebusan tadi dan aduk serta panaskan hingga mengental.

www.halloriau.com
www.halloriau.com

Kamu bisa tambahkan garam dan merica bubuk sesuai selera kamu. Barulah sekarang siap sudah sate Padang asli buatan kamu sendiri. Coba sajikan sate hasil bakar tadi dengan saus yang mengental beraroma lezat.

Taburi dengan bawang goreng renyah. Jadilah sate Padang istimewa untuk keluarga kamu tercinta. Sebuah sajian tidak biasa yang mungkin akan membuat keluargamu kaget. Sate Padang buatan orang luar Padang.

3Sate Padang Terkenal

gastronomy-aficionado.com

Kalau kamu di daerah Jakarta, khususnya Jakarta Selatan. Kamu akan temui sate Padang yang paling populer di daerah ini. Warung sate yang telah buka sejak tahun 80-an di daerah Pasar Santa ini memang spesial.

Namanya juga unik dan sangat spesfik, hanya mempunyai 4 cabang asli, sate Padang Ajo Ramon ala Mak Syukur memang yang terbaik di kelasnya. Hal yang lebih spesial lagi ada berbagai pilihan sate.

Kamu bisa pilih sate daging sapi, jeroan sapi, bahkan lidah sapi. Nah, kalau mau ke tempat ini sebaiknya jangan sampai kehabisan. Karena hanya dalam waktu tiga jam saja seringkali telah habis. Warung ini buka dari jam 16.00 sampai habis.

SHARE