Sate adalah makanan yang tak hanya terkenal di Indonesia namun juga manca negara. Makanan yang biasanya berbahan dasar daging dan dibakar diatas bara api arang ini tak hanya digemari masyarakat kaki lima tapi juga restoran bintang lima.

Makanan yang biasa dimakan bersama lontong atau ketupat ini digemari masyarakat segala usia. Kamu yang mengaku penggemar sate taukah bahwa jenis sate di Indonesia bukan hanya Sate Madura? Berikut ini jenis sate yang terkenal di seluruh nusantara.

1Sate Madura

www.kotakinformasi.wordpress.com

Sate Madura biasanya dijual keliling dengan gerobak berbentuk perahu. Sate dari Pulau Madura Jawa Timur ini berbahan dasar daging ayam. Namun, ada juga daging kambing yang biasanya dibagian belakang gerobak digantungkan kaki kambing.

Ciri khas Sate Madura adalah manis. Rasa manis ini dari sambal kacang yang biasanya dicampur petis dan bawang merah. Sate Madura asli dibakar dengan arang batok kelapa. Namun Sate Madura yang dijual di berbagai kota dibakar diatas arang kayu biasa.

2Sate Padang

www.yogyakarta.panduanwisata.id

Berbeda dengan Sate Madura, Sate Padang memiliki cita rasa gurih. Seperti halnya makanan yang berasal dari Padang lainnya Sate Padang menggunakan sambal yang kaya akan bumbu rempah-rempah.

Sambal sate berwarna kuning berasal dari tepung beras yang menggunakan bumbu bawang putih, jintan putih, ketumbar, jahe, kunyit, lengkuas, bubuk kari, garam, jeroan, dan untuk menambah rasa gurih digunakan kaldu daging.

Cara penyajian Sate Padang sama dengan Sate Madura. Daging yang sudah dipanggang bersama lontong disiram dengan sambal dibagian atasnya.

3Sate Klatak

www.miftanulis.blogspot.com

Saat kamu berjalan-jalan di tepian Jalan Marlioboro Yogyakarta, kamu akan dengan mudah menjumpai Sate Klatak. Sate Klatak sebelum dibakar hanya dilumuri garam dan tidak dibumbui dengan kecap.

Tak seperti sate-sate pada umunya, keunikan Sate Klatak adalah ditusuk menggunakan jeruji sepeda. Jeruji sepeda akan terdengar suara berkelatak seperti besi yang terbakar saat sate di panggang. Oleh karena itu disebut Sate Klatak.

Adapun daging kambing yang digunakan pada Sate Klatak lebih empuk dan matang. Jeruji yang merupakan konduktor panas menghantarkan panas saat pemanggangan hingga ke dalam daging.

4Sate Lilit

www.farrago.co.id

Sate Lilit merupakan sate khas yang berasal dari Pulau Dewata Bali. Sate lilit dibuat dengan mencincang daging yang sudah diberi bumbu. Adapun bumbu daging tersebut diantaranya bawang merah, merica, jeruk nipis, kelapa parut, dan santan kental.

Adonan daging cincang dan bumbu yang sudah tercampur merata kemudian dicincang kemudian dililit pada batang sereh atau bambu sebagai tusuk sate. Sate ini kemudian di panggang di atas bara api seperti sate pada umumnya.

5Sate Ponorogo

www.flickr.com

Sate yang berasal dari Kota Reog di Ponorogo ini memiliki keunikan tersendiri. Daging ayam pada sate pada umumnya dipotong seperti dadu. Namun, Sate Ponorogo daging ayam diiris tipis panjang seperti fillet untuk kemudian dililit pada tusuk sate.

Sate Ponorogo lebih aman dari gajih atau lemak. Selain itu bumbu Sate Ponorogo lebih meresap ke dalam daging. Hal ini disebabkan daging sebelumnya dimasak seperti bacem. Sate kemudian dilumuri dengan sambal yang mirip dengan Sate Madura.

6Sate Buntel

www.resepdanmasakan.com

Sate buntel biasanya menggunakan daging kambing. Seperti halnya Sate Lilit, daging kambing dicincang dan diberi bumbu. Adonan daging cincang dan bumbu kemudian dibuntel menggunakan lemak kambing dan berbentuk seperti stik drum.

Setelah dipanggang hingga matang, sate kemudian disajikan bersama sambal kecap dan ditaburi taburan lada.

SHARE