Ramadhan akan menyambut umat Muslim di seluruh belahan dunia tak lebih dari sebulan lagi. Nah, kawan-kawan sudah memiliki persipan apa?

Tentunya tak hanya sekedar persiapan fisik yang harus dijaga lho! Karena persiapan iman dan taqwa secara ruhiyah juga harus ditingkatkan.

Harapannya setelah Ramadhan pergi, segala semangat dalam mendekatkan diri kepada Allah juga tidak ikut pergi, namun akan terus dan semakin meningkat sampai kelak ajal menjemput.

Berbicara tentang berpuasa di bulan Ramadhan, pasti topik yang tak akan pernah bisa lepas adalah tentang menu masakan favorit di saat berbuka puasa.

Banyak yang akan memilih makanan sehat dengan gizi tinggi semacam sayur-sayuran, dengan harapan stamina tubuh akan tetap fit sehingga bisa menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Lalu apa saja sayur-sayur sehat dan bergizi yang biasanya menjadi favorit saat berbuka puasa? Yuk intip!

1Sayur Bening

youtube.com

Sayur ini memiliki rasa manis dan segar yang seakan mampu membuat seseorang yang telah menahan haus dan lapar seharian karena berpuasa menjadi lega setelah menyantapnya.

Tak hanya sensasi kesegarannya dan manisnya yang khas, namun sayur ini juga memiliki bahan yang sehat-sehat. Ada bayam, jagung muda, dan biasanya ada juga yang menambahkan kecambah.

Untuk teman makan sayur ini, kamu bisa menambahkan sambal terasi atau sambal tomat, dan tempe tahu sesuai seleramu.

2Tumis Kangkung

santeaja.com

Masakan yang satu ini juga menjadi primadona saat berbuka puasa selain karena rasa gurih dan lezatnya yang khas, juga penyajiannya yang praktis dan bisa sesuai selera.

Tumis kangkung ada yang tanpa kuah, namun juga ada yang diberi kuah. Ada yang hanya berisi kangkung, namun tak jarang beberapa juga menambahkan kecambah dan wortel.

Dengan rasa kecap atau saus tiramnya yang khas, tumis kangkung juga bisa disantap dengan lauk tempe atau tahu, dan juga ditambah sambal terasi.

3Sayur Sop

resepista.blogspot.com

Sayur yang satu ini sudah taka sing lagi terutama bagi masyarakat Indonesia. Sayur yang berisi kubis, wortel, daun seledri, kentang, dan kadang ada tambahan macaroni ini menjadi favorit saat berbuka puasa.

Rasanya gurih apalagi jika disajikan panas cenderung hangat. Tinggal ditambahkan nasi dan diberi lauk perkedel dan sedikit sambal kecap, hmm…luar biasa lezatnya!

4Sayur Asam

bumbusederhana.com

Sayur asam juga menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia, khususnya Jawa dalam sajian berbuka puasa. Namun tiap daerah memiliki khasnya sendiri dalam menyajikan sayur ini.

Ada yang kuahnya bening cenderung berasa manis, namun ada yang kuahnya agak keruh cenderung berasa pedas. Ada pula yang menggunakan tomat sebagai perasa asamnya, namun banyak juga yang menggunakan buah asam.

Sayur asam berisi bayam, kacang panjang, kecambah, dan kadang ada wortel juga. Sayur ini biasanya ditemani lauk tahu atau tempe, dan sambal tomat.