Bagi kamu para pencinta kopi, tidak lengkap kiranya jika sehari saja, kamu tidak bertemu dengan kopi. Meminum secangkir kopi bagimu merupakan bentuk kenikmatan tersendiri.

Saat ini banyak sekali varian kopi yang ditawarkan bagi kamu pencinta kopi. Mulai dari kopi hitam dengan kadar kafein yang tinggi, hingga kopi yang sudah diberi penambahan zat lain semisal susu.

Apapun wujud kopi yang kita lihat kini, namun aromanya tetap akan membangkitkan kita dari rasa kantuk. Dan kita akan merasa selalu bersemangat dengan aromanya itu.

Tapi, mungkin kesan tentang kopi akan berubah dan membuatmu mengurungkan niat untuk meminumnya jika pada akhirnya kopi ini berubah menjadi minuman yang aneh.

Minuman yang aneh? Maksudnya apa? Ya, maksudnya jadi tidak lazim gitu deh. Kok bisa? Ya bisa aja. Apalagi jika secangkir kopi yang biasa kita nikmati setiap pagi dicampur dengan bahan-bahan aneh ini.

1Arang

richotraveling.com

Kamu tahu arang kan? Itu lho yang biasa digunakan untuk membakar sate. Percaya nggak kalau arang itu dimasukkan ke dalam cairan kopi yang biasa kamu minum? Rasanya gimana ya?

Di Yogyakarta ada salah satu warung kopi yang menjual kopi menggunakan arang. Jadi setelah kopi, gula dan air panas dimasukkan, maka arang panas pun ditambahkan di dalamnya.

Saat arang panas dimasukkan maka akan terdengar bunyi “Joss”. Oleh karena itu, kopi yang ditambahkan arang ini dinamakan kopi Joss. Gimana, kamu yang ngaku pencinta kopi tertarik nggak?

2Garam

commons.wikimedia.org

Sebagai pencinta kopi kamu perlu tahu bahwa di Ethiopia ada tradisi menambahkan garam ke dalam kopi. Selain memberi rasa asin, ternyata garam dapat mengurangi rasa pahit pada kopi.

Jadi, buat kamu yang ingin minum kopi tapi tidak kuat dengan rasa pahitnya, kamu bisa tuh mencoba cara ini. Kamu tinggal tambahkan garam ke dalam cangkir kopimu.

3Potongan Keju

cyberkupi.blogspot.com

Cara menyajikan kopi di Finlandia sangatlah istimewa. Kenapa begitu? Karena kopi di sini disajikan dengan potongan keju. Di mana kejunya dibuat secara tradisional.

Cara meminumnya pun cukup unik. Jadi potongan kejunya dihabiskan lebih dulu, baru setelah itu kopinya yang diminum. Wah, perlu dicoba nih.

4Telur Mentah

blog.8share.com

Di Skandinavia, ada cara penyajian kopi yang sangat khas. Caranya gimana? Caranya ampas kopi ditambahkan telur mentah kemudian dimasukkan ke dalam air mendidih.

Telur mentah tadi akan menempel pada ampas kopi, sehingga akan ikut larut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tingkat keasaman dan rasa pahit kopi itu sendiri.

5Ludah Monyet

blog.8share.com

Di Taiwan ada kopi yang sangat kuat sekali rasa vanila-nya. Tapi kopi ini tidak mendapatkan penambahan vanila sama sekali. Lho gimana bisa?

Usut punya usut ternyata rasa vanila ini berasal dari ludah monyet. Awalnya ada kawanan monyet yang memakan biji kopi di kawasan ini.

Awalnya mereka dianggap mengganggu. Namun ternyata kopi yang kemudian diludahkan oleh monyet ini memiliki rasa vanila yang begitu kuat.

6Kotoran Burung

ottencoffe.co.id

Di Brazil ada spesies burung langka bernama Jacu yang hidup di Amerika Selatan. Burung ini mengonsumsi jenis kopi Mocha merah yang sudah matang.

Setelah biji kopi ini keluar dari sistem pencernaannya, maka dihasilkan kopi dengan rasa yang mantap. Agak menjijikan ya?

Demikianlah secangkir kopi yang pada akhirnya jadi aneh dan nggak biasa dengan penambahan benda-benda yang tidak lazim. Kamu berani coba?