Salah satu hal yang sangat kuat melekat dalam bulan Ramadhan selain ibadah wajib puasa selama sebulan penuh dan kesabaran, adalah tentang sedekah dan kedermawanan.

Di bulan Ramadhan banyak umat Muslim yang berlomba-lomba melakukan sedekah, menguatkan kedermawanan, namun ternyata setelah itu banyak yang meninggalkannya saat bulan Ramadhan telah pergi.

Walaupun memang sikap kedermawanan dan sedekah harus terus dikuatkan seumur hidup, namun memang tak ada yang salah dari bulan Ramadhan yang identik dengan sedekah dan kedermawanan.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “ Jabir menuturkan : Rasulullah SAW tidak pernah mengatakan ‘tidak’ manakala diminta. “ (HR Bukhari).

Hadits tersebut menunjukkan betapa dermawannya junjungan umat Muslim tersebut, manusia agung yang menjadi utusan Allah SWT. Yang tak pernah menolak saat diminta bantuan, bahkan pun apa yang dipunyai oleh beliau.

Nah, sesungguhnya hikmah apa saja sih yang bisa umat Muslim petik dari sedekah di bulan suci Ramadhan?

1Ramadhan Bulan Mulia, Ibadah Apapun Pahala Akan Dilipatgandakan

wahdah.or.id

Pada bulan Ramadhan, ibadah apapun yang bernilai wajib maupun sunnah, yang dilakukan semata karena Allah SWT akan dilipatgandakan pahalanya.

Termasuk sedekah, yang ikhlas karena ingin mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT, Allah akan melipatgandakan pahalanya.

Maka manfaatkan bulan Ramadhan untuk banyak-banyak bersedekah.

2Penyatuan Puasa dan Sedekah Adalah Jalan Menuju Surga

www.memobee.com

Salah satu amalan kebaikan yang sangat lekat dengan puasa adalah sedekah. Sedekah dan puasa jika disatukan, maksudnya seseorang yang berpuasa kemudian bersedekah, berarti dia sedang membangun jalan menuju syurga.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “ Rasulullah SAW bertanya: Siapakah di antara kalian yang berpuasa? Abu Bakar menjawab: Saya, ya Rasulullah. Rasul kembali bertanya: Siapa di antara kalian hari ini yang mengantar orang yang meninggal dunia?

Abu Bakar kembali menjawab: Saya ya Rasulullah. Rasul bertanya lagi: Siapa di antara kalian yang hari ini bersedekah? Abu Bakar menjawab lagi: Saya ya Rasulullah. Rasul kembali bertanya: Siapa di antara kalian yang hari ini menjenguk orang sakit?

Abu Bakar kembali menjawab: Saya ya Rasulullah. Rasulullah SAW kemudian bersabda: Siapa yang melakukan amalan di atas dalam satu waktu, maka baginya syurga. “ (HR Muslim).

3Sedekah, Penyempurna Ibadah Puasa

dainusantara.com

Walaupun hakikatnya puasa adalah ibadah yang mewajibkan kita tak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga hawa nafsu, namun ternyata manusia memang tempatnya khilaf.

Sehingga pada saat berpuasa pun, apalagi manusia memang makhluk sosial yang pada hakikatnya tak bisa jika tidak berkumpul dengan orang lain, maka akan lebih mudah tergoda untuk melakukan dosa-dosa kecil.

Seperti menggunjing orang lain, berdusta, memaki, dan sebagainya. Dengan sedekah, ibadah puasa yang sempat tercoreng, akan disempurnakan, asal tentu melakukan sedekahnya dengan ikhlas sambil mengharap ampunan Allah SWT.

Nah, sudah siapkah kamu menyambut bulan Ramadhan tahun ini dengan sikap kedermawanan yang kokoh kawan?

SHARE