Apa pendapatmu tentang laki-laki pekerja kantoran? Bayangan di kepala adalah seorang laki-laki dengan perut gendut dan nafas sering terengah-engah saat melakukan aktivitas fisik sedikit berat.

Lalu bagaimana menurutmu dengan mahasiswa super sibuk? Bayangan di kepala seorang pemuda dengan tubuh cengkring dan mata sayu. Seakan ia mudah ambruk saat tertipu angin besar.

Kesibukan yang tinggi biasanya membuat gaya hidup seseorang menjadi tidak sehat. Selain faktor psikologis yang syarat dengan tekanan tinggi, kebiasaan makan, dan istirahat tidak teratur semakin memperburuk keadaan.

www.smartdetoxid.com
www.smartdetoxid.com

Padahal gaya hidup tidak baik yang dibiarkan terus menerus justru akan membuat tubuhmu menjadi drop. Kalau sudah sakit, pekerjaanmu akan terbengkalai.

Kesibukan tinggi tak boleh lagi menjadi alasan untuk menjalani hidup tidak sehat. Berikut ini tips tetap sehat di tengah aktivitas padat merayap.

1Perhatikan Jadwal Makan

www.tropicanaslim.com

Telat makan menjadi pemakluman bagi kamu yang memiliki aktivitas tinggi. Kesibukan membuatmu lupa rasa lapar. Ada waktu luang adalah saat yang dianggap tepat untuk balas dendam.

Memakan makanan porsi jumbo hingga 2 kali lipat bukanlah cara membayar hutang jatah makanan. Bagaimanapun juga perutmu memiliki kapasitas maksimal.

Jika kamu memasukan makanan melebihi kapasitas perut, kamu akan memperberat kerja organ pencernaan. Mulai saat ini hindari aksi makan balas dendam.

Akan lebih sehat jika kamu tetap memperhatikan jadwal makan. Sebagai contoh meskipun tak sempat sarapan, kamu harus tetap mengisi perut di pagi hari meski hanya dengan beberapa lembar roti tawar dan segelas susu.

Begitu juga di siang hari. Jika kamu memperkirakan esok hari akan menjadi hari yang padat, kamu dapat menyiapkan buah-buahan di hari sebelumnya untuk dimasukkan ke dalam tas.

Makanlah buah-buahan sebagai pengganti makan siang jika kamu tak sempat pergi ke kantin.

2Pilihlah Makanan Sehat

www.effandra.com

Kesibukan yang tinggi biasanya menuntut semuanya serba cepat. Begitu juga dengan makanan. Akhirnya fast food menjadi pilihan terbaik.

Padahal makanan instan biasanya miskin zat gizi dan kaya akan lemak. Makanan ini selain tidak sehat juga dapat membuat perutmu semakin buncit.

Sayangilah tubuhmu sendiri dengan tetap mengkonsumsi makanan sehat. Di zaman sekarang restoran-restoran makanan sehat juga melayani delivery order. Kamu juga dapat memanfaatkan kurir seperti Gojek untuk memesan makanan.

Pilihan lain yang dapat dilakukan dengan membuat bekal dari rumah seperti rebusan kentang sebagai sumber karbohidrat. Kentang rebus ditemani sayuran rebus seperti wortel dan buncis.

3Perbanyak Minum Air Putih

www.gayabunda.com

Memang minuman manis dan dingin seperti es teh lebih nikmat di siang hari yang panas dibandingkan hanya sekedar air putih.

Namun, minuman tersebut tidak lebih sehat dibandingkan air putih. Selain itu bagi kamu yang sedang menjani program diet, meminum air putih sebelum makan dapat mengerem porsi makan.

Konsumsi air putih yang sehat adalah 8 gelas dalam sehari.

4Atur Aktivitas Agar Tubuh Terus Bergerak

www.koffieverkeerdblog.blogspot.com

Kemudahan fasilitas biasanya membuatmu manja. Lift lebih dipilih dibandingkan naik turun tangga. Sama halnya dengan telepon kantor yang menjadi favorit dibandingkan berjalan ke ruangan rekan kerja.

Padahal aktivitasmu seharian hanya berkutat di depan komputer. Hal ini tidak baik untuk kesehatan. Kamu harus tetap mengatur aktivitas agar tubuh tetap aktif bergerak.

Kamu dapat meluangkan waktu selama beberapa menit setiap satu jam untuk melakukan senam kecil meregangkan otot. Pilihlah untuk sholat di mushola kantor saat tiba waktu sholat dibandingkan sholat di dalam ruangan kerja.

5Istirahatlah dengan Cukup

www.wartakesehatan.com

Istirahat yang kurang biasanya berefek pada meningkatnya nafsu makan. Hal ini lagi-lagi menjadi penyebab badanmu lebih mudah gemuk. Aturlah istirahat yang cukup sehingga tubuhmu tetap bugar dan terhindar dari kegemukan.

SHARE