Internet mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1990. Saat itu ada beberapa nama legendaris yang menjadi awal pembangunan internet di Indonesia. Mereka telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan internet di Indonesia.

Siapakah mereka itu? Coba tebak siapa, hehe.

Pada era 90an, jaringan internet di Indonesia dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerja sama, kekeluargaan dan gotong royong sangat hangat terasa diantara para pelakunya.

Nah, kamu tentu ingin tahu lebih jauh mengenai sejarah internet di Indonesia. Kalau begitu simak ulasannya berikut ini ya.

17 Juni 1994 Adalah Ping Pertama Di Indonesia

vengenzblog.blogspot.com

Sejarah internet Indonesia diawali saat Randy Bush dari Portland, Oregon, Amerika Serikat melakukan ping ke IPTEKNET yang kemudian di laporkan ke rekan-rekan di Natonal Science Foundation (NSF) Amerika Serikat.

Proses ini di dokumentasikan di : nsrc.org

Internet dimaksudkan menjadi media transfer informasi dan pengetahuan dengan konsekwensi masyarakat menjadi terdidik atau mendidik melalui jaringan internet.

Awal jaringan paket radio di Bandung tahun 1993-1995, telah mulai menyambungkan sekolah-sekolah seperti STM Pembangunan di Cimahi, UNPAD, UNPAR dll menggunakan walkie talkie ke gateway di ITB.

Perkembangan sejarah internet Indonesia tahun 1997 – 2000an, Jaringan Pendidikan AI3 Indonesia barangkali merupakan jaringan Internet pendidikan skala besar yang sifatnya relatif swadaya masyarakat yang pertama.

2Tahun 2000

materiamilaalwaysmile14.blogspot.com

Sejarah internet di Indonesia juga mencatat bahwa dibawah kepemimpinan Dr. Gatot HP yang waktu itu menjabat sebagai Direktur Pendidikan Menengah Kejuruan di DIKNAS.

Sekitar tahun 2000, rekan-rekan di SMK se Indonesia mulai mengembangkan Jaringan Informasi Sekolah tempat sharing pengetahuan antar guru SMK. Terutama mengandalkan mailing list dikmenjur@yahoogroups.com dimana tertulis di sana soal sejarah internet Indonesia.

Tahun 2004, SMK mulai mengembangkan WAN KOTA yang konsepnya adalah membuat ISP kecil di sebuah kota untuk sekolah-sekolah di kota tersebut agar dapat mengakses Internet secara bersama-sama dengan biaya murah.

Implementasi WAN KOTA dilakukan di sekitar 30-an kota di Indonesia. Ini merupakan sejarah internet Indonesia! Mereka yang berhasil adalah yang mempunyai SDM yang baik dengan di barengi motivasi dan semangat untuk membangun jaringan di kotanya.

Wah, salut ya sama beliau-beliau ini. Berkat jasanya saat ini kamu bisa dengan santainya menggunakan internet di Indonesia.

3Warung Internet

www.teropongbisnis.com

Siapa yang ngga kenal dengan istilah warnet?

Ini adalah lokasi yang biasa kamu tongkrongi dari sore sampai pagi. Hayo, ketahuan ya?

Pada Juli 1995, PT BoNet Utama, ISP swasta kedua setelah Indonet Jakarta, membuat warnet di dekat kantornya yang diperuntukkan bagi turis-turis yang sedang berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Kemudian, pada 1997-1998, mulailah bermunculan kios-kios yang menyediakan banyak komputer untuk disewakan guna mengakses internet. Istilah warung internet, disingkat warnet, kemudian banyak dipakai dan berkembang di antara para pengguna aktif internet di Indonesia pada masa itu.

Keberadaan warnet-warnet ini sangat berpengaruh memasyarakatkan internet di Indonesia. Makin banyaknya warnet yang didirikan di setiap sudut kota, membuktikan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap internet semakin tinggi.

Tetapi sekarang agaknya warnet sudah kurang laku ya guys. Karena seiring berkembangnya zaman, manusia mulai lebih kreatif dalam mendirikan “warnet” pribadi dirumahnya.

Mulai dari memasang wifi, mengadakan laptop dan perangkat lainnya yang mendukung sehingga memudahkannya dalam mengakses internet tanpa harus keluar rumah untuk pergi ke warnet.

Inilah sedikit cuplikan sejarah Internet di Indonesia. Ingat ya guys, tujuan dibangunnya internet adalah sebagai sumber informasi dan pertukaran informasi. Maka jangan sampai kamu menjadi penyalahguna fasilitas internet yang sudah ada.

 

SHARE