Kata jaringan sendiri, secara makna adalah satu kaitan antara bagian dengan bagian yang lain. Nah, jika kata jaringan dikaitkan di komputer, maka bisa disebut jaringan komputer.

Sehingga, makna dari jaringan komputer sendiri adalah sebuah kaitan atau rangkaian dari satu bagian komputer dengan bagian komputer yang lain.

Sehingga ada sebuah koneksi yang membuat kerja suatu komputer menjadi lebih komplit.

Latar belakang munculnya jaringan komputer sendiri sejatinya dikarenakan kebutuhan manusia yang semakin tinggi pada teknologi yang satu ini.

Kebutuhan itu meliputi hal yang berkaitan dengan perusahaan atau korporasi, beberapa tim kerja, maupun personal saja.

Nah, bagi kamu yang tertarik mengetahui lebih tentang sejarah dari jaringan komputer, coba simak tahun-tahun penting perkembangan jaringan komputer berikut ini.

1Tahun 1940-an (Batch Prossesing)

api.ning.com

Pada tahun 1940-an, tepatnya di laboratorium Bell Amerika Serikat, beberapa grup riset dari Universitas Harvard melakukan suatu penelitian mengenai pengembangan komputer MODEL I.

Penelitian ini dilatarbelakangi karena keinginan pengembangan komputer menjadi sebuah kebutuhan yang lebih bisa memenuhi apa yang diinginkan manusia darinya.

Dari situlah lahir Batch Processing atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah “proses beruntun”.

Batch Prossesing ini merupakan solusi awal dari banyaknya komputer yang kemudian bisa mengerjakan beberapa program dalam waktu bersamaan.

2Tahun 1950-an (Time Sharing System)

images.slideplayer.com

10 tahun setelah perkembangan dari Batch Prossesing yang membuat peran komputer semakin besar dalam kehidupan manusia, muncul lah sebuah perkembangan jaringan komputer baru.

Namanya Time Sharing System atau yang biasa disebut dengan TSS.

TSS ini biasa juga disebut dengan super komputer. Dan memang tidak berlebihan penamaan tersebut, karena TSS inilah yang menjadi cikal bakal terciptanya network.

Dalam TSS dikenal istilah distribusi berdasarkan waktu. Yang maksudnya adalah satu komputer bisa melayani beberapa terminal.

3Tahun 1970-an (Distribution Processing)

nizarista.files.wordpress.com

Distribution Processing atau proses distribusi merupakan pengembangan dari TSS yang menggunakan sistem paralel dalam kerja komputer.

Sistem kerjanya memang sama dengan TSS, yaitu satu komputer mampu melayani banyak terminal.

Lebih tepatnya dalam satu komputer ada banyak host atau client yang akan melayani banyak terminal tersebut.

Selanjutnya dalam rentang tahun yang sama, yaitu sekitar 1972-an, muncul lah teknologi bernama ARPANET atau yang merupakan cikal bakal dari surat internet.

Dan belum ada setahun, tepatnya sekitar awal tahun 1973-an, muncul teknologi baru lagi yang disebut dengan International Network.

4Tahun 1980-an (TCP/IP)

bukucatatan.web.id

TCP atau kepanjangannya adalah Transmission Control Protocol adalah sebuah teknologi tentang jaringan komputer yang dirilis pada sekitar tahun 1982-an.

TCP ini di masa sekarang kita mengenalnya dengan sebutan IP, atau Internet Protocol.

Kemudian pada sekitar tahun 1984-an, diperkenalkanlah oleh para ilmuwan IT dunia, sebuah pengembangan dari teknologi jaringan komputer bernama Domain Name System.

Dan kemudian pada tahun 1988-an, mulai berkembang sebuah teknologi yang membuat banyak orang makin jatuh cinta dengan komputer pada saat itu.

Nama program itu adalah Internet Relay Chat. Dimana mulai berkembang komunikasi yang dilakukan di dunia maya, dan memiliki banyak fitur yang menarik.

5Tahun 1990-an (World Wide Web)

www.nktphotonics.com

Jika kita sekarang sudah tak asing lagi dengan alamat sebuah situs berawalan WWW, itu karena perkembangan jaringan komputer dengan sistem WWW ini telah tercipta pada tahun 1990-an.

WWW atau World Wide Web adalah sebuah jaringan komputer yang berfungsi sebagai penyunting sekaligus program yang dapat melihat isi internet.

Pada era ini juga Yahoo lahir dan merupakan awal mula munculnya browser yang akan mempermudah pengguna komputer untuk browsing internet.

Menarik sekali bukan? Bagaimana dari teknologi yang ringan dan sederhana kemudian semakin berkembang seiring dengan kebutuhan manusia.

Bagaimanapun juga, kita generasi sekarang wajib bersyukur karena masa sekarang telah penuh dengan kemudahan akses teknologi.

Jika kita flashback, kita akan melihat betapa generasi sebelum kita menempuh banyak kesulitan demi membuat sebuah teknologi yang lebih mudah untuk anak cucu di masa mendatang.