Jawa Timur kini telah mempunyai Jembatan Suramadu. Jembatan modern yang bisa menjadi ikon serta landmark yang membanggakan bagi masyarakat jawa timur khususnya di Surabaya dan Madura.

Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Surabaya di Jawa dan kota Bangkalan di Madura.

Jembatan ini merupakan jembatan yang banyak manfaatnya bagi masyarakat, selain bermanfaat untuk kelancaran transportasi, jembatan ini juga bermanfaat untuk ekonomi.

Jembatan sepanjang 5,4 kilometer itu akan menjadi pembangkit perubahan bagi Madura, tentu jembatan terpanjang ini mempunyai sejarah yang panjang, bagaimana kira-kira ya guys? Yuuk kita baca sama-sama.

1Gagasan Awal

id.wikibooks.org

Prof. Dr. Sedyatmo (alm) mengusulkan sebuah ide mengenai hubungan langsung antara pulau Sumatera dan Jawa. Sebuah ide dan teroboson berani di zaman itu. Pada tahun 1960 ide tersebut mulai di gagas.

Dan ternyata Ide itu mendapat respon dari pemerintah, sebagai tindak lanjut, tahun 1965 dibuatlah uji coba desain (jembatan Sumatera-Jawa (Jembatan Selat Sunda) yang dibuat di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada awal Juni 1986 gagasan dan konsep-konsep pengembangan jembatan antar pulau selanjutnya disampaikanlah kepada Presiden. Kala itu presiden nya adalah bapak Soeharto.

Bulan Februari 1986, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bertemu dengan delegasi dari perusahaan perdagangan Jepang. Kemungkinan kerjasama proyek-proyek di Indonesia pun dibahas.

Gayung disambut oleh delegasi Jepang. Dan menyatakan memberi angin positif untuk kerjasama dalam proyek hubungan langsung Jawa-Sumatera-Bali.

Setelah itu terus melakukan pengkajian, pengkajian dicoba pulau sumatra dengan jawa, jawa dengan bali dan jawa dengan madura.

2Pra Studi Kelayakan Jembatan Suramadu

satlakprima.com

Pada tahun Maret-Oktober 1990 menjadi langkah konkret dengan dilaksanakannya Preliminary study on Pra Studi Kelayakan Jembatan Suramadu Surabaya-Madura Bridging Project oleh JIF dan BPPT atas biaya dari pihak Jepang,

Akhirnya diputuskan pada tanggal 14 Desember 1990.Proyek Pembangunan Jembatan Surabaya-Madura dan Pengembangan Kawasan dikukuhkan sebagai proyek nasional melalui penerbitan Keputusan Presiden Nomor 55

3Proyek Tim

igemipb.wordpress.com

Koordinator Proyek : MohammadNoer, yang dibantu oleh para pembantunya yang diangkat oleh Koordinator Proyek Berdasarkan SK Menneg. Ristek/Ka. BPPT No: 283/M/BPPT/VI/91.

PT Dhipa Madura Pradana (PT DMP) sebagai Pelaksana Proyek Pembangunan Jembatan Surabaya-Madura dan Pengembangan Wilayah bekerjasama dengan institusi terkait.

Selanjutnya PT DMP membentuk Konsorsium Indonesia yang terdiri dari: PT Jasa Marga, BPIS, PT SIER, dan PT BUKAKA. Selain itu juga dibentuk Konsorsium Jepang yang terdiri dari: Mitshubishi Corp, Itochu, Shimizu, Long Term Credit Bank (LTCB).

4Krisis Moneter yang Menunda

indonesianreview.com

Indonesia mengalami kriris yang besar pada tahun 1997, kondisi ekonomi pada saat itu sedang carut marut, akibatnya semua proyek tertunda, termasuk proyek jembatan suramadu.

Dengan kondisi ini, dalam sidang kabinet 16 September 1997, pemerintah memutuskan untuk menunda pelaksanaan pembangunan jembatan Suramadu.

Namun bukan berarti proyek ini berhenti. Proyek Jembatan Surabaya-Madura termasuk dalam daftar proyek yang ditangguhkan. Keputusan Presiden mengharuskan proyek ini tetep menjadi prioritas ketika ekonomi bangkit.

5Upaya Provinsi Jawa Timur

jdih.jatimprov.go.id

Upaya pemerintah Jawa Timur khususnya tetap ingin meneruskan cita-cita pembangunan jembatan suramadu.

Untuk ini Pemerintah provinsi mendapat semangat desentralisasi yaitu diberikan kewenangan untuk untuk berperan dalam Pembangunan Jembatan Surabaya-Madura.

Pada bulan Desember 1999 dilakukan rapat penting untuk koordinasi, dalam rapat tersebut diputuskan menyepakati beberapa hal berikut ini.

Pemerintah Daerah Tingkat I Jawa Timur bermaksud untuk mengambil alih tanggungjawab pelaksanaan proyek Jembatan Suramadu dari Departemen Pekerjaan Umum pada bulan September 2000.

Jasa Marga akan bertindak sebagai fasilitator dalam melakukan evaluasi biaya investasi dan penyelenggaraan jalan tol untuk Pemerintah Daerah Tingkat I Jawa Timur.

Engineering Design Jembatan beserta hasil pengujian dan studi pendukung lainnya yang telah ada, akan diminta dari BPPT dan Departemen Pekerjaan Umum untuk memudahkan dalam kegiatan Kaji Ulang Studi Kelayakan (Review Feasibility Study) dan redesign jembatan.

Pada tanggal 14 Januari 2002 dilakukan sosialisasi pembangunan jembatan Suramadu di depan alim ulama dan tokoh masyarakat Madura di Pamekasan. oleh Gubernur Jawa Timur, waktu itu gubernur Imam Utomo.

Rencana tersebut disambut baik oleh masyarakat disana, masyarakat juga berharap protek tersebut segera dan benar-benar di realisasikan.

6Titian Perjalanan Baru

nettik.net

Keputusan presiden no 79 / 2003 merupakan titian awal dimulainya kembali pembangunan Jembatan Suramadu.

Seiring dengan membaiknya ekonomi di Indonesia pada oktober 2003 Presiden menyatakan pembangunan jembatan suramadu dapat dilanjutkan kembali.

beritaekonomi.kiosgeek.com
beritaekonomi.kiosgeek.com

Dalam Keputusan Presiden tersebut juga dinyatakan pembangunan Jembatan Suramadu dilaksanakan sebagai bagian dari pembangunan kawasan industri, perumahan dan sektor lainnya dalam wilayah kedua sisi ujung jembatan.

setelah itu proyek berjalan terus dan akhirnya terpampanglah jembatan megah dan panjang, dan menjadi jembatan kebanggaan masyarakat Indonesia khususnya Surabaya dan Madura.

SHARE