Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu tertua yang pernah ada di bumi Nusantara. Kerajaan ini berdiri sekitar abad ke-5 M. Kerajaan ini memiliki nama yang berasal dari tempat ditemukannya prasasti tersebut.

Yaitu tepatnya terletak di hulu sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Tidak ada satu pun prasasti yang menjelaskan nama kerajaan ini. Sehingga akhirnya para ahli memberi nama sesuai dengan ditemukannya prasasti yang menggambarkan kerajaan tersebut.

1Asal Mula Kerajaan Kutai

satujam.com

Keterangan pernah adanya sebuah kerajaan di wilayah sungai Mahakam ini terdapat pada sebuah prasasti berbentuk Yupa. Prasasti ini berupa tiang batu berjumlah 7 buah yang ditulis menggunakan huruf  Pallawa dengan bahasa Sanskerta.

Isi prasastinya menerangkan bahwa Raja pertama dari Kerajaan Kutai memiliki nama Kudungga. Raja ini kemudian memiliki putra bernama Aswawarman sebagai penggantinya. Kemudian tahta Raja Aswawarman digantikan lagi oleh anaknya bernama Mulawarman.

Nama Kudungga sendiri sebenarnya adalah nama asli pribumi yang belum mendapat pengaruh Hindu. Namun disinyalir keturunan setelahnya mulai terpengaruh oleh kebudayaan Hindu dengan adanya tambaha nama “warman”. Dimana kata tersebut berasal dari bahasa Sanskerta.

2Kejayaan Kerajaan Kutai

indonesian-persons.blogspot.com

Sebagaimana isi prasasti Yupa sebagai bukti sejarah adanya Kerajaan Kutai, dicatatkan bahwa kerajaan ini mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman.

Sebagaimana yang dituliskan, bahwa wilayah kekuasaanya hampir mencakup seluruh wilayah Kalimantan Timur. Selain itu, dinyatakan pula bahwa raja ketiga dari Kerajaan Kutai ini berhasil mensejahterakan kehidupan rakyatnya.

3Runtuhnya Kerajaan Kutai

cupcupricha.wordpress.com

Runtuhnya Kerajaan Kutai adalah akibat meninggalnya raja Kutai ke-21, yaitu Maharaja Dharma Setia dalam peperangan melawan Raja Aji Pangeran Sinum Panji dari Kerajaan Kutai Kartanegara.

Pada perkembangannya, Kerajaan Kutai Kartanegara menjadi Kerajaan Islam yang bernama Kesultanan Kutai Kartanegara dengan dipimpin oleh seorang Sultan. Hingga hari ini pun, Kesultanan Kutai Kartanegara masih ada dan terus mewariskan silsilah kerajaan turun temurun.

4Peninggalan Yang Ditemukan

kisahasalusul.blogspot.com

Sebagai salah satu kerajaan yang pernah ada dan besar, tentunya terdapat beberapa peninggalan yang hingga sekarang masih ada. Hal ini tentu menjadi pelajaran bagi kita, betapa pentingnya menjaga kebudayaan, khususnya dalam bentuk artefak untuk pelajaran anak cucu kelak.

Beberapa peninggalan Kerajaan Kutai selain Yupa, antara lain seperti Ketopong Raja yang dulunya digunakan sebagai mahkota. Berbahan emas dengan berat sekitar 1,98 kilogram. Ada pula kura-kura emas yang dipercaya sebagai mas kawin seorang pangeran dari negeri Tiongkok.

Pangeran ini mempersembahkan benda pusaka tersebut untuk meminang putri Raja Kutai bernama Aji Bidara Putih. Serta masih ada beberapa peninggalan kerajaan Kutai lainnya yang saat ini bisa kamu temukan di Museum Mulawarman, Kalimantan Timur.