Perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Beliau dan Kaum Muslimin berjuang dengan berbagai cara.

Dalam catatan sejarah Nabi Muhammad SAW terjadi 25 perang selama masa berdakwah. Di antara 25 perang tersebut, ada 7 perang paling fenomenal.

Simak, yuk! Perang apa saja yang sampai kini melekat kuat di benak masyarakat dunia?

1Perang Badar

pelajarislam.com

Perang Badar merupakan perang yang paling dikenal diantara perang-perang lainnya. Saking terkenalnya, hingga kini ada yang menciptakan judul lagu dengan nama serupa. Lagu tersebut tak lain adalah Sholawat Badar.

Pada perang yang pertama, tidak ada peperangan fisik antara Kaum Muslimin dan Kaum Quraisy. Namun, Kaum Quraisy telah berhasil merampas dan menjarah penduduk pinggiran di daerah Madinah.

Baru ketika perang berikutnya, terjadi kontak senjata antara mereka. Perang ini disebut Perang Badar Al-Kubra. Kaum Muslimin meraih kemenangan dalam perang tersebut.

Perang Badar yang terakhir sebenarnya terjadi atas dasar pembalasan dendam Kaum Quraisy dan Yahudi ketika Perang Uhud. Namun, perang ini gagal karena Kaum Quraisy memilih mundur.

2Perang Uhud

mizanuladyan.wordpress.com

Perang Uhud juga dimenangkan oleh Kaum Muslimin meskipun memakan banyak jiwa dari kalangan mereka. Perang ini dilakukan sebagai pembalasan Perang Badar Al-Kubra. Perang Uhud terjadi di Madinah.

3Perang Khandak

islamiday.com

Dinamakan Perang Khandak karena Kaum Muslimin membuat strategi perang dengan cara membangun parit di sekitar Kota Madinah. Parit tersebut berhasil menghalangi Kaum Quraisy dan bala tentaranya.

Mereka sangat terkejut dengan parit besar yang dibuat Kaum Muslimin sehingga peperangan tidak berlangsung lama. Lagi-lagi kemenangan diraih oleh Kaum Muslimin.

4Perang Hudaibiyah

pahlawanmuslim.blogspot.com

Perang ini sebenarnya bukan perang fisik melainkan perang negosiasi. Pada saat itu Nabi Muhammad SAW menyampaikan dakwahnya tentang Islam kepada Bangsa Arab.

Beliau bernegosiasi dengan Bangsa Arab agar mau menerima kehadiran Islam di tengah-tengah mereka. Akhirnya upaya Nabi Muhammad SAW membuahkan hasil.

Tatkala itu terjadi kesepakatan dengan Kaum Quraisy yang dinamakan Perjanjian Hudaibiyah. Dalam perjanjian tersebut juga tertulis gencatan senjata dengan Kaum Quraisy.

5Perang Khaibar

ghurabaa90.blogspot.com

Perang Khaibar terjadi karena Kaum Yahudi Khaibar mempengaruhi kabilah-kabilah Arab untuk membenci Kaum Muslimin.

Peperangan berlangsung selama 3 hari di wilayah pertahanan Kaum Yahudi Khaibar. Kemenangan perang diraih oleh Kaum Muslimin. Kaum Yahudi Khaibar menyerah. Mereka meminta Kaum Muslimin tidak membunuh kaum mereka.

Nabi Muhammad SAW menyetujui permintaan Kaum Yahudi Khaibar. Beliau memberikan perkebunan di daerah Khaibar untuk Kaum Yahudi Khaibar.

Setelah pertempuran itu berakhir, Kaum Muslimin sempat diserang Kaum Yahudi lainnya. Tapi, lagi-lagi mereka menyerah dan memilih jalan damai.

6Perang Fathu Mekah

kisah-kisah-teladan-islami.blogspot.com

Penyebab perang ini yakni karena Kaum Quraisy melanggar Perjanjian Hudaibiyah. Kontak senjata tak terelakan antara Kaum Quraisy dan pasukan Kaum Muslimin. Namun, perang ini hanya perang kecil.

Perang Fathu Makkah dimenangkan oleh pasukan Nabi Muhammad SAW. Kaum Quraisy dapat dikalahkan dan memeluk Agama Islam.

7Perang Tabuk

mu5lim.blogspot.com

Inilah per teangrakhir Nabi Muhammad SAW. Perang Tabuk terjadi antara Kaum Muslimin dan Bangsa Romawi.

Lokasi pertempuran terjadi di perbatasan Negara Saudi Arabia. Tapi, Bangsa Romawi kemudian mundur ke utara sehingga tidak terjadi peperangan fisik.

Nabi Muhammad SAW memanfaatkan kesempatan saat menunggu pasukan perang Romawi datang selama 20 hari untuk mengadakan pertemuan dengan kabilah-kabilah di perbatasan Hijaz dan Syam.

Mereka membuat perjanjian damai yang diakhiri dengan kata sepakat.