Siapa suka Pramuka? Kamu semua pasti pernah ikut kegiatan Pramuka. Secara gitu lho, Pramuka jadi eskul wajib di sekolah-sekolah. Mulai dari TK, SD, sampai SMA. Pramuka juga ada di perguruan tinggi meskipun tidak diwajibkan sebagaimana masa sekolah.

Hadirnya Gerakan Pramuka Dunia tidak terlepas dari peranan Lord Boden Powell dan Olave St. Clair Soames. Mereka adalah pelopor lahirnya Pramuka yang dulunya bernama Kepanduan.

Bagaimana sejarahnya? Yuk ikuti ulasan berikut ini.

1Sejarah Berdirinya Gerakan Pramuka

hobikupramuka.blogspot.com

Mulanya pada tahun 1908, Boden Powell menulis buku yang berisi kumpulan artikel tentang pengalamannya pada acara kepanduan. Buku asli buatan Boden Powell tersebut berjudul Scouting for Boys.

Secara bertahap, buku itu tersebar di seluruh Inggris dan akhirnya ke negara-negara lain. Lalu berdirilah organisasi kepanduan di berbagai negara yang awalnya hanya beranggotakan laki-laki disebut Boys Scout.

jcosmas.com
jcosmas.com

Organisasi Kepramukaan khusus wanita didirikan oleh Boden Powell pada tahun 1912. Organisasi tersebut dinamakan Girl Guides yang diteruskan oleh istri beliau, Olave St. Clair Soames.

Kelompok Pramuka siaga didirikan pada tahun 1916 dan diberi nama CUB (anak serigala).

smansatupura.blogspot.com
smansatupura.blogspot.com

Saat itu juga muncul sebuah buku yang berjudul The Jungle Book karya Rudyard Kipling. Buku The Jungle Book digunakan sebagai pedoman kegiatannya.

Berlanjut di tahun 1918, Boden Powell mendirikan Rover Scout untuk remaja berumur 17 tahun. Beliau pun mengeluarkan buku yang berjudul Rovering to Success untuk panduannya.

Buku tersebut menceritakan tentang pemuda yang mengayuh sepeda menuju ke pantai bahagia.

Pramuka memiliki pertemuan khas dengan beberapa nama. Salah satunya adalah Jambore. Jambore Dunia pertama diadakan di Olympia Hall pada tahun 1920. Sebanyak 27 negara diundang untuk berpartisipasi mengikuti Jambore.

Tepat pada saat itu juga, Boden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia. Kemudian, terbentuklah Dewan Internasional yang anggotanya berjumlah 9 orang. Biro sekretariatnya ada London, Inggris.

Biro Kepramukaan dipindahkan ke Ottawa, Kanada pada tahun 1958 dan ke Geneva, Swiss tahun 1968. Kepala Biro Kepramukaan pertama dipegang oleh Herbert Martin.

Kini, Biro Kepramukaan sedunia putra mempunyai 5 kantor kawasan yang berada di Costa Rica, Mesir, Philipina, Swiss, dan Nigeria. Sementara yang putri bermarkas utama di London.

2Siapakah Lord Boden Powell?

pramukaindonesia.com

Nama lengkapnya adalah Robert Stephenson Smyth Boden Pawell. Ia terlahir di London, tanggal 22 Februari 1859. Ibu Boden Powell bernama Henrieta Grace Smyth.

Ayah Boden Powell merupakan dosen Geometri di Universitas Oxford. Beliau meninggal ketika Boden Powell berumur 3 tahun. Sejak saat itu Boden Powell dididik oleh ibu dan saudara-saudaranya.

Kecerdasan Boden Powell sudah terlihat sejak masih anak-anak. Dia adalah tipe anak yang periang dan disukai teman-temannya. Boden Powell gemar dan pandai bermain musik, teater, berenang, berlayar, berkemah, mengarang, dan menggambar.

Boden Powell melanjutkan pendidikan di Charterhouse setelah menyelesaikan studinya di Rose Hill Shool. Boden Powell bergabung dalam ketentaraan Inggris ketika dewasa.

Boden Powell sering ditugaskan ke luar Inggris. Misalnya, bergabung dengan 13th Hussars di India tahun 1876, dinas di Afrika tahun 1895 dan menjadi pemimpin resimen di Zulu Afrika pada tahun 1880.

Pelatihan bersama dan survival diadakan Boden Powell bersama dengan Raja Dinizulu, Afrika Selatan.

wikimedia.org
wikimedia.org

Pengalaman paling menakjubkan yakni ketika beliau dikepung Bangsa Boer saat mempertahankan Kota Mafeking Afrika selama 127 hari. Di sana beliau dan pasukannya bertahan hidup dalam kondisi kekurangan makanan.

Boden Powell juga berjasa melatih panca indra Kimbal O’Hara dan berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang saat menjadi pembantu Letnan pada 13th Hussars.

Pengalaman luar biasa tersebut dibukukan dalam Aids to Scouting yang terbit tahun 1899. Buku ini banyak dibaca para tentara, pemuda dan organisasi pemuda.

Boden Powell mengadakan perkemahan di Brownsea Island pada tanggal 25 Juli-2 Agustus 1907. Pesertanya adalah 22 orang anak laki-laki dengan berbagai latar belakang. Hingga pada akhirnya, tahun 1908 beliau menerbitkan buku berjudul Scouting for Boys.

Buku inilah yang menjadi panduan kepramukaan seluruh dunia. Atas jasa-jasanya, Boden Powell mendapatkan gelar Lord dari Raja George Inggris pada tahun 1929.

filiopietismprism.blogspot.com

Boden Powell menikah dengan Olave St. Clair Soames pada tanggal 31 Oktober 1912 dan tinggal di Hampshire, Inggris. Boden Powell mengalami sakit-sakitan pada tahun 1930-an. Sampai pada akhirnya, beliau meninggal di Nyeri, Kenya, tanggal 8 Januari 1941.

Demikianlah sekelumit sejarah Kepramukaan Dunia yang tidak dapat dipisahkan dari peranan Lord Boden Powell dan Olave St. Clair. Dari Gerakan Pramuka lahirlah generasi bangsa yang berkualitas.