Pramuka atau Praja Muda Karana adalah ekstrakulikuler yang ada dari SD sampai Perguruan Tinggi. Tak seperti ekstrakulikuler lainnya yang hanya merupakan suatu aksi kepedulian, Pramuka resmi dan memiliki payung undang-undang.

Pramuka memang diharapkan mampu menanamkan sifat mandiri kepada sekaligus melatih kepedulian pemuda terhadap bangsa Indonesia.

www.mukaspaga.blogspot.com
www.mukaspaga.blogspot.com

Beberapa sekolah bahkan mewajibkan ekstrakulikuler pramuka untuk peserta didiknya. Bagaimana bisa gerakan pramuka semasif sekarang? Berikut ini sejarah perkembangan pramuka di Indonesia.

1Pramuka Dunia

www.kultwit.info

Pramuka dalam istilah internasional disebut sebagai scouting. Istilah ini dikenalkan oleh bapak pramuka dunia yaitu Lord Boden Powell.

Ia membina pemuda di Inggris yang terlibat dalam tindak kekerasan dan kejahatan. Seperti yang kita tahu, bahwa pemuda-pemuda seperti itu biasanya tidak peduli dengan bangsa dan hanya meresahkan masyarakat.

Beliau mengajak 21 pemuda untuk mengikuti program scouting. Selama 8 hari pemuda tersebut berkemah di Pulau Brownsea pada tahun 1907. Ternyata program kemah ini berhasil merubah pemuda tersebut.

Pengalaman keberhasilan Boden Powell sebelum dan sesudah perkemahan di tulis dalam buku yang berjudul Scouting for Boy.

Buku ini sangat legendaris. Bahkan untuk pemula pramuka biasanya dikenalkan dengan sejarah bapak pramuka dunia beserta judul bukunya.

Buku Scouting for Boy menyebarkan virus kepanduan ke seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

2Pramuka di Indonesia

id.wikipedia.org

Pada kurun waktu 1 dekade yaitu tahun 1950 sampai 1960 organisasi kepanduan tumbuh dan berkembang sangat banyak. Sayangnya beberapa organisasi kepanduan tersebut berafiliasi terhadap partai politik tertentu.

Hal ini tidak sesuai dengan metode dan prinsip dasar kepanduan. Kepanduan tidak lagi netral dan malah bertendensi dengan kelompok masyarakat tertentu.

Kepanduan semacam ini tidak dapat mengikuti perkembangan zaman dan semakin jauh dari harapan agar kepanduan mendukung pembangunan bangsa Indonesia.

3Penetapan Hari Pramuka

www.akukamuindonesia.com

Keadaan ini menyebabkan tokoh-tokoh kepanduan mendorong presiden Indonesia untuk melakukan sesuatu.

Berangkat dari ketetapan MPRS No.II/MPRS/1960 presiden pertama Republik Indonesia yang juga berkedudukan sebagai mandataris MPRS memberikan amanat kepada pimpinan pandu di Istana Merdeka. Pemberian amanat ini bertepatan dengan tanggal 9 Maret 1961.

Amanat tersebut berkaitan dengan amanat MPRS agar lebih mengefektifkan organisasi kepanduan sebagai satu komponen bangsa. Organisasi kepanduan sangat berpotensi mendukung pembangunan bangsa dan negara.

Kemudian organisasi kepanduan dibubarkan. Semua organisasi kepanduan dilebur menjadi organisasi gerakan pendidikan kepanduan kepada anak-anak dan pemuda Indonesia.

Gerakan pramuka memiliki lambang tunas kelapa. Lambang ini diharapkan dapat sebagai simbol bahwa pramuka bersifat seperti pohon kelapa yang multifungsi dari bagian akar, daun, batang, hingga buahnya.

Organisasi ini resmi berdiri pada tanggal 20 Mei 1961 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961.

Lalu mengapa hari pramuka di peringati pada tanggal 14 Agustus dan bukan pada tanggal 20 Mei? Hal ini disebabkan gerakan pramuka secara resmi diperkenalkan kepada khlayak umum pada tanggal 14 Agustus 1961.

Sesaat sebelumnya Presiden Soekarno menganugerahkan panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961.

Oleh karena itu tanggal 14 Agustus diperingati sebagai hari ulang tahun pramuka Indonesia.

4Pasang Surut Perkembangan Gerakan Pramuka di Indonesia

www.pramukauinsgd.blogspot.com

Meskipun sudah memiliki payung hukum yang kuat, namun pada keberjalanannya gerakan pramuka mengalami pasang surut. Gerakan pramuka belum mampu dirasakan kebermanfaatannya kepada pemuda di Indonesia.

Nilai-nilai falsafah Pancasila yang dititipkan pada gerakan pramuka belum tertanam dalam pembentukan kepribadian pemuda Indonesia.

Pada hari Ulang Tahun Pramuka yang ke 45 pada tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan revitalisasi gerakan pramuka.

www.pramukasembilanpuluhjakarta.wordpress.com
www.pramukasembilanpuluhjakarta.wordpress.com

Revitalisasi ini merupakan pemantapan gerakan pramuka untuk kemudian menghasilkan undang-undang Nomor.12 Tahun 2010 tentang gerakan pramuka.

SHARE