srinuryanti16.blogspot.com

Sejarah Pramuka, 7 Periode Panjang Organisasi Kepanduan

Posted on

Apa kamu pernah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SD hingga SMA? Kalau pernah tentu kamu tahu tentang pramuka. Atau barangkali kamu salah satu yang sebal karena seluruh murid tahun pertama harus ikut pramuka?

Mungkin kamu malas dan tidak suka ikut kegiatan pramuka karena melelahkan dan banyak keringat yang keluar dari tubuh kamu. Barangkali kamu sebal karena harus berbaris lama berpanas-panasan selama kegiatan pramuka.

Mungkin hal itu karena kamu belum tahu sejarah panjang dan dalam akar dari organisasi pramuka Indonesia. Kamu hanya tahu sekilas bahwa bapak pramuka dunia adalah Lord Baden Powell bukan?

Jika itu masalah kamu, mari kenali pramuka lebih dekat, lebih mendalam.

Robert Stephenson Smyth

scout.org
scout.org

Itulah nama depan dan middle name Lord Baden Powell, Robert Stephenson Smyth Baden Powell. Seorang pejuang sejati yang dilahirkan pada tanggal 22 Febuari 1857.

Lord Baden Powell adalah seorang tentara militer Inggris dengan pangkat letnan jenderal. Robert pernah menjalani kehidupan ketentaraan yang keras di India dan di Afrika. Ia bahkan ikut dalam Perang Boer Kedua di Afrika Selatan.

Penulis Buku

northiamscouttroop.co.uk

Robert dewasa adalah seorang tentara sekaligus pengamat, ia menulis berbagai buku tentang perang. Hingga akhirnya ia menulis buku tentang scouting for boys (penjelajahan, untuk anak laki-laki).

Buku ini diterbitkan pada tahun 1908 oleh Sir Arthur Pearson sebagai bahan bacaan untuk anak-anak.

Kemah Pertama

pinterest.com
pinterest.com

Sebelum buku itu diterbitkan, pada tahun 1907 Robert bahkan menggelar sebuah camp di pulau Brownsea, Inggris. Inilah awal mula gerakan kepramukaan dunia atau pandu dunia atau world scout.

Kemudian pada tahun 1909 digelarlah kemah kedua yang dihadiri peserta anak-anak perempuan pertama kali. Kegiatan bertajuk scout rally ini dilangsungkan di Crystal Palace, Inggris.

World Organization of the Scout Movement (WOSM)

pramukasembilanpuluhjakarta.wordpress.com
pramukasembilanpuluhjakarta.wordpress.com

Berselang 13 tahun kemudian, dibentuklah  WOSM dan Robert Baden Powell didaulat menjadi bapak pandu dunia atau di Indonesia disebut sebagai bapak pramuka dunia.

Kantor pusat WOSM berada di Genewa, Swiss, sedangkan kantor sekjen WOSM berada di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sejak tahun 1920 saat konferensi world scout pertama di Inggris, hingga tahun koferensi world scout ke-40 tahun 2014 di Slovenia, jumlah anggota WOSM mencapai 143 negara.

Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO)

geheugenvannederland.nl
geheugenvannederland.nl

Inilah organisasi kepanduan pertama di wilayah nusantara, dibentuk pada tahun 1912 oleh pemerintah Hindia Belanda. Kemudian berganti nama menjadi Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging (NIPV) pada tahun 1916.

Perubahan nama ini karena kondisi pada waktu itu saat Perang Dunia I mulai berkecamuk di Asia.

Javaansche Padvinders Organisatie (JPO)

anisavitri.wordpress.com
anisavitri.wordpress.com

Nah, JPO ini adalah organisasi kepanduan asli prakarsa orang pribumi Indonesia, Mangkunegara VII, Raden Mas Soerjo Soeparto. Seorang raja muslim yang pernah berkuliah di Universitas Leiden, Belanda.

Kamu juga belum tahu bukan bahwa ternyata prakarsa awal organisasi kepanduan dimulai dari Solo? Mangkunegara VII juga menjadi penasehat di organisasi Jong Java dan Boedi Oetomo.

Gerakan Pramuka Indonesia

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Dari berbagai sejarah panjang di atas, akhirnya lahirlah Gerakan pramuka Indonesia. Gerakan pramuka Indonesia menjadi anggota WOSM pada tahun 1953.

Kamu tentu tahu bahwa kata ‘pramuka’ adalah akronim dari ‘Praja Muda Karana’ bukan? Namun, kamu pasti barulah ngeh bahwa frasa Praja Muda Karana berasal dari bahasa sansekerta.

Artinnya? Pemuda yang punya semangat berkarya. Jadi, kalau kamu pernah mengikuti gerakan pramuka, kamu seharunya mulai berpikir untuk menciptakan banyak karya untuk kesejahteraan bangsa Indonesia ini.

pramukaindonesia.com
pramukaindonesia.com

Meskipun gerakan kepanduan Indonesia telah bergabung dengan WOSM sejak tahun 1953, namun peresmian organisasi ini baru dilakukan 8 tahun kemudian pada 14 Agustus 1961.

Bagaimana? Kamu masih serba sebal dan malas dengan segala hal berbau pramuka? Jangan pernah lupakan bahwa pramuka adalah pendidikan luar sekolah pertama yang telah mengajarkan kamu tentang kepemimpinan, sikap ksatria, dan kerja keras usaha.

Jadi, ayo ikut pramuka!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *