Komputer, sebuah ‘kotak ajaib’ yang memiliki banyak fungsi. Siapa yang tak mengenal benda tersebut?

Di era modern seperti ini kita sudah biasa melihatnya bahkan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Komputer sering digunakan dalam kehidupan untuk membantu meringankan beban pekerjaan, bekerja maupun sebagai hiburan.

Benda elektronik ini tak hanya digunakan oleh orang kantoran saja, komputer sudah merambah ke berbagai sasaran, seperti akademisi, mahasiswa, pelaku bisnis bahkan anak-anak sudah terbiasa dengan benda ini.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju, maka tidak heran orang mengatakan gaptek jika mereka tidak bisa mengoperasikan sebuah komputer.

Lahirnya komputer yang canggih dan modern seperti sekarang ini tak lepas dari sejarah perekembangannya. Siapa sangka pada mulanya komputer merupakan alat hitung.

Dahulu manusia menghitung dengan menggunakan alat hitung sederhana seperti sempoa, kemudian menuliskan hasil hitungannya dalam sebuah coretan.

Seorang ilmuan, Charles Babbage menemukan alat hitung. Kemudian alat hitung tersebut dikembangkan lebih lanjut secara bertahap sehingga kini terciptalah komputer.

Berbagai inovasi cerdas mengiringi perkembangan teknologi komputer dengan begitu cepat.

Tidak ada salahnya kita melihta kembali sejarah perkembangan komputer dari dulu sampai sekarang.

1Komputer Generasi Pertama

penemudunia.files.wordpress.com

Seorang insinyur asal Jerman, Konrad Zuse, pada tahun 1941, membuat komputer untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Dapat dikatakankan komputer generasi pertama ini dibuat untuk tugas atau pekerjaan tertentu.

Program utama yang terdapat pada komputer generasi pertama adalah machine language, yang di dalamnya terdapat program kode biner yang berbeda.

Komputer generasi ini menggunakan tube vakum dan silinder magnetik yang berfungsi sebgai penyimpanan data. Sehingga tampilan komputer pada masa itu berukuran sangat besar.

Ciri lain komputer pada masa ini adalah kapasitas penyimpanan yang kecil, program hanya bisa bisa dibuat dengan bahasa mesin.

Ukuran fisik komputerpun memerlukan ruang yang luas, mesin cepat panas dan memerlukan daya listrik yang tinggi.

2Komputer Generasi Kedua

tikom2sobang.files.wordpress.com

Komputer generasi kedua ditandai dengan adanya penemuan transistor. Pada tahun 1948 penemuan tersebut sangat berpengaruh pada perekembangan komputer.

Transistor menggantikan pemakaian tube vakum di telivisi, radio, dan komputer. Sehingga ukuran komputer pada masa tersebut menjadi lebih kecil.

Ciri lain komputer generasi kedua yaitu kapasitas memori utama cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage, mulai menggunakan disk storage, program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi dan mesin tidak terlalu mengeluarkan panas.

Selain itu, beberapa perusahaan, instansi, universitas dan pemerintah telah menggunakan kecanggihan dari komputer generasi kedua ini.

3Komputer Generasi Ketiga

onlymemuhandra.files.wordpress.com

Pemakaian transistor dirasa masih membuat komputer menjadi panas. Kemudian seorang ilmuan bernama Jack Billy melakukan penelitian.

Dia menciptakan komponen yang lebih canggih dari transistor yaitu Integrated Circuit atau dikenal dengan IC.

Ciri utama komputer generasi ketiga ini ditandai dengan penemuan IC, komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST).

Dengan adanya penemuan tersebut ukuran komputer agak lebih kecil lagi.

Selain itu, ciri komputer pada generasi ini antara lain kinerja komputer menjadi lebih cepat dimana kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.

Sudah menggunakan media penyimpanan disket magnetik dan kapasitas memori sudah lebih besar dari komputer sebelumnya.

4Komputer Generasi Keempat

yandilianymarjimi.files.wordpress.com

Pada generasi ini penggunaan IC dikembangkan lagi. Terdapat komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

Hasilnya satu chip dapat menampung ribuan komponen. Istilah personal computer atau dikenal dengan PC muncul pada generasi ini.

Perangkat komputer mulai dipasarkan ke perorangan.

5Komputer Generasi Kelima

kkcdn-static.kaskus.co.id

Pada generasi ini ditandai dengan munculnya Large Scale Integration atau LSI yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah microprocesor.

Ciri dari komputer generasi kelima ini antara lain dari segi tampilan, ukuran komputer memiliki desain lebih kecil.

Selain itu, dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia serta dapat mendiagnosa penyakit yang lebih akurat.

Bermunculanlah perusahaan-perusahaan yang membuat microprocessor antara lain Intel Corporation, Motorola, dan Zilog.

Pada masa itu Intel Corporation meproduksi komputer terbaru, yaitu komputer Pentium-4.

6Komputer Generasi Masa Kini

cagarbudayakasultananbanten.files.wordpress.com

Pada era ini, tahun 2000 an, merupakan era baru dunia komputer karena komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Operating System terbaik menjaga eksistensinya, pada tahun 2001 diperkenalkan windows XP, pada tahun 2003 Microsoft meluncurkan windows server 2003.

7Komputer Generasi Masa Depan

sipwewm2k.files.wordpress.com

Terdapat sedikit gambaran untuk perkembangan komputer generasi masa depan yyangu ditandai dengan perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menyentuhnya, tetapi menggunakan otak. Bisa dikatakan kelak akan menjadi manusia tiruan.

Mendengarnya saja kita sudah dibuat penasaran seperti apakah bentuk dari komputer generasi masa depan? Akankah komputer jenis tersebut terealisasi?

Nah, uraian di atas merupakan sejarah singkat perkembangan komputer.

Memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melahirkan komputer yang canggih sperti sekarang ini.

Generasi kita sudah menikmati berbagai kecanggihan teknologi yang cepat dan praktis.

Tidak menutup kemungkinan akan muncul komputer dengan kecanggihan dan desain yang lebih menajubkan.