Jangan mengaku pemuda tangguh kalau kamu belum tahu apa itu sumpah pemuda. Setidaknya, kamu hafal deh, isi sumpah pemuda.

Kebanyakan pemuda sekarang nih, enggan menghafal teks sumpah pemuda. Jika menghafal saja sudah susah, apalagi menghayati isinya ya.

Tahukah kamu? Ada deretan kejadian penting yang melatarbelakangi sumpah pemuda. Yuk, langsung simak ulasan berikut ini.

1Berawal dari Boedi Utomo

danmogot.com

Masih ingat dengan sosok Dr. Soetomo? Beliau adalah pelopor berdirinya organisasi Boedi Utomo. Tepat pada tanggal 20 Mei 1908, Boedi Utomo dibentuk sebagai pertanda semangat nasionalisme Bangsa Indonesia.

Berdirinya Boedi Utomo merupakan salah satu dampak dari politik etis pasca Multatuli. Pada masa itu, mulai tumbuh rasa persatuan dan kesatuan di hati rakyat. Munculnya, kaum intelektual turut mempengaruhi pikiran rakyat untuk menggaungkan nasionalisme.

Rendahnya angka pendidikan pada abad ke-20 dan pola pendidikan kebarat-baratan turut melatarbelakangi munculnya Boedi Utomo. Organisasi inilah yang menjadi gerbang pembuka untuk menuju sumpah pemuda.

2Indische Partij Sang Pelopor Politik

mirajdodikurniawan.wordpress.com

Boedi Utomo rupanya menjadi inspirasi bagi para pemuda untuk mendirikan organisasi lainnya. Tahun 1912, muncul Indische Partij yang didirikan oleh tiga serangkai. Tiga serangkai terdiri dari Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker, dan Cipto Mangunkusumo.

Indische Partij merupakan organisasi beraliran politik pertama di Indonesia. Mereka lah yang memperkenalkan paham nasionalisme kepada rakyat Indonesia.

Ki Hajar Dewantara selaku pendiri Indische Partij seringkali menuliskan protes kepada pemerintah Belanda. Akibatnya, beliau pun diadili, berikut kedua rekannya. Setelah itu, mereka dibuang ke Belanda.

3Persatuan Melalui Sarekat Islam

yunantyoadi.wordpress.com

Indische Partij menjadi ilham bagi berdirinya organisasi politik lainnya, seperti Sarekat Islam. Organisasi yang berbasis Islam Kejawen ini muncul di tahun 1912 setelah Indische Partij. Pendirinya adalah Haji Samanhudi.

Sama seperti Indische Partij, Sarekat Islam juga mendorong munculnya organisasi kepemudaan berbasis Islam yang dikenal dengan nama Muhammadiyah.

zamrudkatulistiwa.com
zamrudkatulistiwa.com

Organisasi ini didirikan dan digerakkan oleh seorang tokoh bernama Ahmad Dahlan di Yogyakarta.

4Perkumpulan Volksraad

wikimedia.org

Volksraad merupakan organisasi yang menjadi cikal bakal perkumpulan pemuda Indonesia. Volksraad berdiri pada tahun 1916. Mereka mengadakan perkumpulan di tahun 1918 yang dihadiri 39 orang anggota.

Dalam perkumpulan tersebut Belanda menyetujui adanya kebijakan pemerintahan sendiri di Indonesia. Namun, semua itu hanya janji kosong Belanda.

5Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

novaal.tumblr.com

Kata Indonesia pertama kali digunakan pada tahun 1920 untuk melambangkan persatuan rakyat. Seorang naturalis Inggris yang membentuk kata Indonesia tersebut. Berlanjut di tahun 1927, Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI).

Seluruh anggota PNI adalah orang Indonesia asli. Partai ini fokus terhadap misi pembebasan Indonesia dari kekuasaan kolonial Belanda.

Perkumpulan pertama membahas kongres Pemuda Indonesia dan berhasil diselenggarakan di Ibukota Dutch East Indies tahun 1926. Tidak ada keputusan apapun dalam kongres pertama ini.

Namun, pada tanggal 28 Oktober 1928, mereka kembali menggelar pertemuan pemuda. Di sinilah mereka mendapatkan inspirasi tentang persatuan, kesatuan dan pendidikan.

Sesi ketiga dan terakhir kongres Sumpah Pemuda diadakan di Jalan Kramat Rya nomor 126.

Lagu Indonesia Raya dan teks Sumpah Pemuda, dibacakan pertama kali di kongres ini. Kongres Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 akhirnya ditetapkan sebagai hari sumpah pemuda.

Nah, sekarang sudah tahu kan? Seperti apa rekam sejarah sumpah pemuda. Jangan lupa hafalkan isi teks sumpah pemuda dan amalkan isinya.

Kamu harus lebih baik dari pemuda zaman dahulu karena sekarang tugas kamu tinggal mengisi kemerdekaan yang dulu pernah diraih oleh pahlawan-pahlawan Indonesia.