wallpapersku.blogspot.com

Sejarah Wayang Indonesia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Posted on

Negara kita, Indonesia, memang punya banyak kesenian beragam. Salah satu contohnya adalah wayang. Dimana wayang ini merupakan asli kesenian karya anak bangsa dan sampai sekarang masih menjadi hiburan di kalanga masyarakat khususnya di daerah pedesaan.

Wayang merupakan sebuah peraga yang di gambarkan seperti manusia, bisa disebut juga seperti boneka. Di luar negri juga ada yang seperti ini tapi tetap saja wayang Indonesia berbeda dan tentunya lebih seni. Di bawah ini kamu akan tahu sejarah wayang di Indonesia.

Wayang Kulit

youtube.com
youtube.com

Wayang kulit ini masih sering dipentaskan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, sering kali masyarakat disana ketika ada hajatan atau ketika perayaan hari sesuatu mengadakan atau mengundang  pertunjukkan wayang.

Wayang ini terbuat dari kulit, rata-rata memang terbuat dari kulit kambing, tapi juga ada yang membuat dari kulit lembu. Pertunjukkan wayang kulit harus lengkap, tidak hanya wayang saja, tapi juga harus ada perlengkapan yang komplit, seperti :

Gamelan atau karawitan, ini merupakan perlengkapan alat yang terbuat dari logam, dibentuk dengan bentuk tertentu dan jika di pukul menghasilkan bunyi yang bernada. Sinden atau penyanyi, ini merupakan penyanyi latar pelengkap pertunjukkan wayang.

Rata-rata penyanyi wayang ini ibu-ibu, sangat jarang penyanyi muda. Hal ini karena nyanyian yang dinyanyikan adalah tembang atau bisa disebut musik jawa kuno.

Dalang, merupakan tokoh utama alur cerita dari semua pertunjukan wayang, mulai dari pengisi suara tokoh dalam wayang, penjiwaan suara yang bermacam-macam tokoh, gaya atau keterampilan dalam gerak wayang dan juga bernyanyi untuk hidupnya suasana.

Wayang Golek

demotix.com
demotix.com

Wayang ini merupakan wayang yang cukup terkenal di daerah jawa barat, wayang yang berbentuk manusia mini ini sangat digemari penduduk di jawa barat.

Tapi bukan berarti di daerah lain tidak digemari, wayang ini cukup banyak digemari di daerah lain juga karena tokoh cepot yang tampil ciamik di statsiun televisi.

Lewat acara asep show di televisi swasta itu wayang golek menjadi perhatian dan favorit hiburan televisi.

Wayang golek yang berasal dari sunda banyak menunjukkan cerita rakyat tentang penyebaran agama islam seperti oleh Walangsungsang dan Rara Santang maupun dari epik yang bersumber dari cerita Ramayana dan Mahabarata.

Dengan menggunakan bahasa Sunda dengan iringan gamelan Sunda (salendro), yang terdiri atas dua buah saron, sebuah peking, sebuah selentem, satu perangkat boning, satu perangkat boning rincik, satu perangkat kenong, sepasang gong (kempul dan goong).

Ditambah dengan seperangkat kendang (sebuah kendang Indung dan tiga buah kulanter), gambang dan rebab.

Menurut masyarakat wayang yang terbuat dari kayu ini berfungsi ngruwat atau membersihkan diri dari kecelakaan , beberapa orang yang diruwat antara lain :

Wunggal (anak tunggal), Nanggung Bugang (seorang adik yang kakaknya meninggal dunia), Suramba (empat orang putra), Surambi (empat orang putri), Pandawa (lima putra),Pandawi (lima putri).

Talaga Tanggal, Kausak (seorang putra dihapit putri), Samudra hapit sindang (seorang putri dihapit dua orang putra) dan sebagainya.

Wayang Beber

pasongsongan.blogspot.com
pasongsongan.blogspot.com

Wayang ini wayang tertua di Indonesia. Wayang yang dapat di temukan di daerah Pacitan  Jawa Timur ini banyak menceritakan tentang kisah Mahabarata dan Ramayana.

Tapi tidak hanya itu wayang beber juga menceritakan kisah Panji Asmoro Bangun dan Dewi Sekar Taji.

Wayang Klitik

flickr.com
flickr.com

Wayang ini merupakan wayang yang banyak bercerita tentang kisah kerajaan-kerajaan di Jawa Timur seperti kerajaan Majapahit, kerajaan Singosari, Kediri dan Jenggala. Cerita yang paling populer adalah cerita seorang Damarwulan dari kerajaan Majapahit.

Wayang ini sekilas akan mirip dengan wayang kulit tapi jika diperhatikan dengan jelas ternyata berbeda, kalau wayang kulit terbuat dari kulit, wayang klitik terbuat dari kayu.

Wayang Orang

wisatajiwa.wordpress.com
wisatajiwa.wordpress.com

Wayang orang merupakan manusia asli yang beradu akting memerankan sebuah tokoh di cerita pewayangan, wayang orang ini seperti pementasan teater, cuma yang membedakan adalah cerita tersebut.

Kalau teater tergolong bebas tema, tapi tidak dengan Wayang orang.
Wayang orang banyak mementaskan cerita tentang kehidupan kerajaan, kisah asmara atau perjuangan seorang pendekar.

Wayang orang juga menggunakan dandanan yang unik, dandanan ciri khas kehidupan kerajaan jaman dulu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *