Salah satu cara mentadabburi ciptaan Allah adalah dengan mempelajari ilmu mengenai alam ini beserta dengan isinya, yaitu makhluk hidup. Kenapa kita perlu mempelajarinya? Agar kita tahu betapa besar kekuasaan Allah atas makhluknya.

Nah, topik pembahasan kita kali ini lebih difokuskan pada pembahasan mengenai makhluk hidup. Namun, karena makhluk hidup itu cakupannya sangat luas, maka kita akan lebih spesifikkan ke hewan dan tumbuhan saja.

indonesia.mongabay.com
indonesia.mongabay.com

Apa yang akan kita pelajari mengenai hewan dan tumbuhan di kesempatan kali ini? Yang akan kita pelajari yaitu mengenai bagian terkecil yang menyusun hewan dan tumbuhan, yaitu di tingkat sel.

Pada dasarnya, sel hewan dan sel tumbuhan itu pada dasarnya memiliki kesamaan, namun di antara banyak kesamaan yang dimiliki, maka ada perbedaannya pula.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sel hewan dan tumbuhan beserta perbedaannya, maka ada baiknya kita langsung lihat ulasan yang berikut ini!

1Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan

slideplayer.info

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pada dasarnya terdapat banyak kesamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Namun, karena menyesuaikan dengan lingkungannya, maka sel hewan dan tumbuhan pun mengalami perkembangan dan deferensiasi.

Oleh karena itu, saat ini kita menemukan bahwa ada bagian-bagian dari sel hewan dan tumbuhan ini yang berbeda satu dengan yang lainnya. Selain itu kita pun perlu tahu bahwa hewan dan tumbuhan berbeda dalam hal peran ekologisnya.

nasriaika1125.wordpress.com
nasriaika1125.wordpress.com

Peran ekologis itu apa? Sederhananya, peran ekologis itu adalah tugas hewan dan tumbuhan di alam ini. Kalau tumbuhan kita kenal sebagai penghasil makanan, sedangkan hewan kita kenal sebagai konsumennya.

2Sel Tumbuhan

thinkwijaya.blogspot.com

Sel tumbuhan memiliki beberapa perbedaan dengan sel hewan. Bagian-bagian sel yang berbeda dengan sel hewan itu meliputi dinding sel (bagian terluar dari tumbuhan), vakuola (organel membran yang berisi cairan vakuola) dan plastida (organel pelengkap yang menghasilkan kloroplas).

Sebenarnya, sel hewan pun memiliki vakuola, sama dengan sel tumbuhan, namun pada sel tumbuhan bentuk dan fungsi dari vakuola lebih terlihat. Selain itu, pada tumbuhan muda, vakuola ukurannya lebih kecil dibandingkan jika tumbuhannya sudah semakin besar.

id.wikipedia.org
id.wikipedia.org

Nah, pada sel tumbuhan, bagian yang paling berperan untuk memproduksi makanan adalah plastida. Kenapa begitu? Karena plastida menghasilkan kloroplas yang dibutuhkan pada proses fotosintesin (proses memasak makanan pada tumbuhan).

3Sel Hewan

geraiberas.com

Dari sel tumbuhan, kita beranjak ke sel hewan. Nah, sekarang yang membedakan antara sel hewan dengan sel tumbuhan adalah dengan keberadaan sentriol dan vakuolanya.

Sentriol itu apa sih? Merupakan salah satu jenis selĀ  hewan yang mengandung mikrotubulus. Lalu apa peran sentriol terhadap keberlangsungan hidup hewan? Sentriol memiliki peran ketika terjadi proses pembelahan sel serta pemisahan kromosom.

erguven.net
erguven.net

Setelah penjelasan mengenai sentriol, maka sepertinya kita perlu membahas mengenai keberadaan vakuola pada sel hewan. Pada sel hewan, vakuola dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu vakuola kontraktil dan vakuola makanan.

Perlu kita ketahui bahwa vakuola kontraktil dan vakuola makanan ini dimiliki oleh hewan bersel satu, misalnya Amoeba dan Paramaecium.

Demikianlah sekilas perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Perbedaan di tingkat sel seperti itu, seperti memberi pelajaran kepada kita, bahwa perbedaan itu adalah sebuah keniscayaan.

Tapi, apakah salah jika berbeda? tentu saja tidak. Perbedaan inilah yang membuat tiap makhluk memiliki peran yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Namun, dengan peran yang berbeda itu maka kehidupan menjadi lebih seimbang.