Jika sarapan adalah hal penting, maka pelengkapnya yakni selai tidak kalah penting. Selai bisa didapat dengan mudah dengan membeli di toko.

Tapi, selai juga bisa dibuat sendiri di rumah. Rasanya pun tidak akan kalah dengan selai buatan pabrik. Selain itu, kamu juga bebas menambahkan atau mengurangi bahan-bahannya sesuai selera.

Ada banyak buah yang dapat diolah menjadi selai segar yang enak dan nikmat. Salah satunya adalah buah berry atau blueberry. Buah ini mirip bentuknya dengan anggur, begitu pula dengan kandungan airnya yang banyak.

Selain lebih enak, bahan-bahan pelengkapnya juga mudah di dapat. Dan yang lebih penting, selai rumahan tanpa bahan pengawet sama sekali. Jadi, lebih sehat.

Kali ini, panda akan mengajak kamu untuk belajar membuat selai blueberry rumahan bersama. Sudah siap?

1Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

boredpanda.com

Sebelum membuat selai, ada beberapa bahan dan peralatan yang perlu kamu persiapkan. Kamu membutuhnya kurang lebih empat cangkir buah blueberry segar.

Sebagai pelengkapnya, kamu butuh satu cangkir gula pasir, satu buah lemon ukuran sedang yang diambil airnya, dua sendok air matang. Dan yang penting, kamu butuh panci ukuran sedang untuk memasak.

2Pisahkan Blueberry

boredpanda.com

Untuk mendapatkan selai yang enak, kamu harus memilih buah blueberry yang masih segar. Pilih yang bentuknya bulat utuh dan masih cukup keras saat dipegang.

Selain itu, kamu juga harus memilih buah yang kulitnya masih segar dan mengkilap bersih. Hasil terbaik didapat dari bahan terbaik, bukan?

3Cuci Blueberry

boredpanda.com

Setelah mendapatkan buah blueberry yang diinginkan, kamu harus mencucinya hingga bersih. Pisahkan buah blueberry dari batangnya. Usahakan saat mencuci, jangan sampai blueberrymu hancur ya.

Dan yang tidak kalah penting, gunakan air mengalir untuk mencucinya. Pastikan bahan makananmu yang satu ini benar-benar bersih.

4Hancurkan Blueberry

boredpanda.com

Sebelum dimasak, sebaiknya hancurkan terlebih dahulu blueberry yang akan digunakan. Untuk mendapatkan tekstur hasil yang lebih kasar, kamu bisa menghancurkannya secara manual menggunakan penghancur kentang.

Tapi jika kamu menginginkan tekstur yang lebih halus, kamu bisa menggunakan blender atau penghalus lainnya. Semua tergantung selera kamu.

5Masak Blueberry di Dalam Panci

boredpanda.com

Untuk tahap selanjutnya, kamu perlu panci ukuran sedang yang sudah kamu persiapkan tadi. Masukkan blueberry bersama dua sendok air ke dalam panci yang ditaruh di atas kompor. Masak dengan nyala api sedang saja.

Masak blueberry selama dua menit, baru kemudian ditambahkan gula dan diaduk selama sekitar satu menit setelahnya.

Jangan lupa masukkan sari lemon yang sudah kamu buat dan aduk hingga merata selama 8 hingga 10 menit. Setelahnya kamu bisa mematikan kompor, angkat panci dan dinginkan.

6Masukkan Botol Penyimpanan dalam Air Mendidih

boredpanda.com

Setelah selai blueberry jadi, kami bisa memindahkannya ke dalam wadah atau botol penyimpanan. Pastikan tempatnya tertutup rapat dan bersih.

Untuk memastikan kalau botol higienis, kamu bisa memasukkan botol bersama isinya ke dalam panci berisi air mendidih. Ini untuk menghindari selai rusak akibat terkena kotor atau kuman dari luar.

7Keluarkan Botol Penyimpan dan Dinginkan

boredpanda.com

Setelah dirasa cukup, kamu bisa mengeluarkan botol penyimpanan dari air mendidih. Setelahnya kamu bisa mendinginkan dan menyimpannya seperti biasa.

boredpanda.com
boredpanda.com

Mudah untuk dilakukan bukan? Sehat dan aman untuk dimakan bersama keluarga. Selai ini bisa tahan hingga dua minggu ke depan.

Sampai jumpa lain kali dengan resep lain bersama si panda ya. Selamat menikmati selai blueberry buatan rumah ya.