Di mata dunia, Habibie sangat disegani karena kecerdasannya yang luar biasa mencengangkan. Bukti kecemerlangan Habibie bisa kamu rasakan sekarang.

Hadirnya beberapa jenis pesawat yang mengangkut penumpang dan pesawat tempur di seluruh negara di dunia, sebenarnya hasil karya Habibie loh.

Tidak percaya? Ini nih buktinya,

Back

1. Si Problem Solver

Sebelum era 1970-an, kecelakaan pesawat terbang akibat kerusakan konstruksi masih sering terjadi. Badan pesawat yang mulus seolah tanpa cela, ternyata tidak menjamin kekuatan komponen di dalamnya.

Pesawat seringkali karam karena adanya keropos pada mesin setelah terbang berkali-kali. Belum lagi kelelahan pada bodi luar pesawat yang masih sulit dideteksi karena keterbatasan teknologi.

Sambungan antara sayap dan badan pesawat menjadi titik lemahnya. Saat pesawat lepas landas maupun mendarat, bagian itu pasti terguncang keras.

Kondisi aus pada logam sebagai bahan utama pesawat pun menjadi perhatian serius karena itulah penyebab terjadinya crack (keretakan) pada tubuh pesawat.

Ketika dunia industri pesawat kebingungan karena crack ini, muncullah anak muda jenius yang mencoba menawarkan jalan keluar.

Ia adalah Bacharuddin Jusuf Habibie, Putra Indonesia kelahiran Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936.

iwanphoto.com
Back
SHARE