Jika mendengar kata selfie, mungkin kita akan terbayang pose wajah yang beraneka ragam, mulai dari senyum biasa, senyum gigi, cemberut, manyun dan sebagainya.

Selfie ini sendiri berarti memotret diri sendiri. Kegiatan ini sudah menjamur bahkan bisa dikatakan kebutuhan bagi remaja. Dengan perkembangnya teknologi ditambah masa remaja sekarang, selfie menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan.

Ditinjau dari segi penilaian, memang ada sisi positif nya, tapi segi negatifnya lebih banyak. Telah dilakukan riset tentang selfie ini, hasilnya cukup mencengangkan, para peneliti menyimpulkan beberapa dampak negatif karena selfie.

1Kecanduan Kelas Berat

plimbi.com

Salah satu efek negatif dari selfie adalah membuat kencanduan orang, setiap hari, setiap apa yang dilakukan, dimanapun, disaat apapun selfie tidak bisa ditinggalkan.

Hal ini dibuktikan ketika ada seorang remaja yang kakeknya meninggal, justru ia malah selfie bersama jenazah kakeknya. Parahnya di upload di media sosial, al hasil remaja itu mendapat banyak kecaman dari netizen.

2Tidak Percaya Diri

ummi-online.com

Dengan banyak nya selfie yang dilakukan, tentu akan banyak poto yang di dapat, parahnya mereka meng upload semua foto di media sosial. Mau gak mau orang lain akan melihat dan berkomentar.

Jika ada yang komentar bahwa foto itu jelek, parah atau justru di buat Meme, ini akan membuat sang pemilik down, kecewa atau frustasi, ujung-ujungnya dia akan hapus foto dan diganti dengan foto yang lain.

Hal ini terjadi di negara tetangga, ada seorang cewek upload foto selfie di media sosial dan dia mendapat komentar buruk, ujung-ujungnya si cewe tadi hapus semua foto dan melakukan operasi plastik, hmmm, sampai segitunya lho guys.

3Over Dosis Tinggi

madanionline.org

Dengan selfie secara tidak langsung dia akan merasa dirinya yang paling cakep, fotonya yang paling keren atau dia akan berlomba foto selfie, semakin menantang semakin bagus, semakin unik semakin dilihat banyak orang.

Dan fotonya akan ngetren di sosial media, membuat dia terkenal, banyak yang ikutan pose atau gaya selfie nya. Seolah-olah dia jadi raja selfie di berbagai media.

Tentu ini ber efek negatif juga, karena dengan sikap seperti itu akan membuat pribadi sombong, merasa paling hebat, merasa paling moderen dan sebagainya.

4Ketergantungan Teknologi

jalantikus.com

Tidak hanya narkoba yang membuat ketergantungan, kecanduan, ketagihan, tapi teknologi juga bisa. Rasanya mungkin dia tidak bisa hidup tanpa teknologi atau tidak ada artinya hidup tanpa teknologi.

Maka jangan heran ketika ada seorang anak merengek kepada orang tuanya minta dibelikan handphone yang canggih. Hal ini sudah banyak sekali terjadi di masyarakat.

Nah, guys, jika membaca tulisan diatas, dampak dari selfie, tentu kita sebagai manusia moderen yang berpendidikan jangan sampai kena efek negatifnya.

Selfie boleh-boleh saja, asal jangan dipakai hobi ataujadi penyakit teknologi, semoga bermanfaat ya, terima kasih.

 

SHARE