Jika kamu seorang penggemar ikan hias, tentu tidak asing dengan ikan cupang atau ikan guppy. Ikan yang memiliki nama latin Betta sp ini memang dikenal memiliki ragam warna yang atraktif, sirip yang melambai berjumbai serta cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Ikan cupang termasuk dalam jenis ikan air tawar yang memiliki sebaran di hampir seluruh kawasan Asia Tenggara. Masyarakat umumnya membagi dalam tiga golongan, yaitu cupang aduan, cupang hias dan cupang liar.

Selain itu, pemeliharaan ikan cupang juga relatif mudah dan tidak perlu peralatan khusus. Hanya saja, kamu perlu memiliki wadah-wadah kecil yang cukup banyak untuk meletakkan cupang jantun satu per satu karena mereka tidak dapat disatukan melainkan akan bertarung hingga hanya tersisa satu ekor saja.

Perbedaan antara ikan cupang jantan dan betina umumnya terlihat jelas pada perbedaan bentuk fisiknya. Pada ikan cupang jantan, siripnya berjumbai dengan ragam warna. Ukurannya pun lebih besar hingga mencapai 6 cm sampai 8 cm.

Sedangkan pada ikan cupang betina, ukuran tubuhnya lebih kecil dibandingkan jantan. Serta warna siripnya tidak seatraktif pejantan. Rata-rata ikan ini memiliki variasi warna putih, merah, biru dan ungu.

Untuk pakan, ikan cupang juga tidak perlu makanan khusus. Ikan ini cukup diberi pellet kering ukuran kecil atau pakan hidup seperti cacing sutra. Memberi makannya pun tdak harus setiap hari. Karena ikan cupang hanya butuh diberi makan 4 sampai 5 kali dalam seminggu.

Selain itu, kamu juga perlu mengganti air dalam wadahnya. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Namun saat mengganti airnya, jangan sampai dihabiskan semua sekaligus. Kamu harus tetap menyisakannya karena ikan cupang masih membutuhkan bakteri yang ada dalam air yang lama.

Suhu yang dibutuhkan ikan ini untuk berkembang pada kisaran 23 hingga 28 Celcius. Seagai tambahan, bahwa ikan cupang jantan menyukai air yang tidak difilter. Sedangkan ikan betina justru menyukai air yang difilter. Ikan cupang yang dirawat dengan baik dapat bertahan hingga 4 sampai 5 tahun.