Manusia sebagaimana kita tentu termasuk dalam salah satu makhluk ciptaan Allah yang memiliki kewajiban untuk senantiasa beribadah kepada-Nya. Dalam beribadah, banyak kategorinya. Mulai dari yang wajib hingga yang sunnah.

Salah satu ibadah wajib yang harus kita laksanakan adalah puasa di Bulan Ramadhan. Dan untuk melaksanakannya, bukan hanya sekedar menjalankan saja. Jika bisa, laksanakan lah dengan penuh semangat dan suka cita.

Karena banyak janji Allah bagi orang-orang yang berpuasa, khususnya saat di Bulan Ramadhan. Maka, menjalankannya dengan penuh semangat akan membuat puasa kita dapat optimal. Tidak hanya dengan memenuhinya tanpa ada batal satu pun kecuali udzur syar’i.

Agar kita bisa terus semangat dan suka cita melaksanakan puasa di Bulan Ramadhan, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

1Mulailah dari Waktu Sahur

dinimon.com

Jika kita tidak benar-benar berniat untuk berpuasa, biasanya saat bangun sebelum shubuh untuk melakukan sahur rasanya akan benar-benar malas. Bahkan terkadang waktu sahur pun terlewat dan akhirnya tidak sempat melaksanakannya.

Maka penting bagi  kamu memasang niat dan semangat menjelang tidur. Pasang niat dalam hatimu agar sebelum subuh dapat bangun untuk makan sahur dengan penuh suka cita. Selain itu, mintalah bantuan orang di sekitarmu untuk membangunkanmu saat mereka bangun duluan.

2Coba Lihat Jadwal Adzan Subuh Besok Hari Sebelum Pasang Alarm

konokompu.com

Hal ini sangat penting kamu lakukan agar tidak bangun dengan waktu yang sangat mepet dengan waktu adzan dan akhirnya makan sahur dengan tergesa-gesa. Kalau makan sahur sudah tergesa-gesa, akhirnya puasa pun tidak begitu maksimal.

Terkadang, kita juga bangun untuk sahur terlalu jauh dari waktu adzan subuh. Hal ini juga kurang begitu baik karena saat puasa, kita juga membutuhkan energi yang cukup.

3Lakukan Sahur Bareng Dengan Lainnya

ayacomel.wordpress.com

Agar makan sahur lebih nikmat, lakukanlah bersama dengan orang-orang di sekitarmu. Kamu bisa mengajak orang tua, istri, anak, teman kost, teman kontrakan dan lain sebagainya. Tentu kalian akan menemukan kenikmatan tersendiri.

4Selalu Ingat Dampak Positif Puasa Untuk Kebaikan Pencernaanmu

memorikasih.com

Coba bayangkan sebuah mesin yang terus bekerja siang dan malam tanpa pernah istirahat. Apakah akan awet? Tentu banyak orang akan menjawabnya akan lebih cepat aus, bukannya lebih awet.

Begitu juga halnya dengan pencernaan kita. Jika kita terus-terusan menggunakannya untuk mencerna makanan yang kita konsumsi tanpa ada waktu istirahat. Tentu kinerjanya pun suatu saat akan bermasalah dan pada akhirnya berbuntut pada timbulnya penyakit pada tubuh kita.

Maka, puasa dapat menjadi sarana mengistirahatkan sejenak organ pencernaan kita sekaligus memberi kesempatan bagi organ tersebut untuk melakukan regenerasi bagian-bagian yang mungkin sudah aus dan butuh sel yang baru.