bibitkrotomurah.blogspot.com

Rahasia Budidaya Semut Rangrang dengan Omset Jutaan

Posted on

Budidaya semut rangrang atau yang dikenal dengan nama kroto menjadi peluang bisnis tersendiri bagi beberapa kalangan. Karena kroto atau semut rangrang ini menjadi makanan burung kicau yang berkualitas.

tutorialbudidayausaha.blogspot.com
tutorialbudidayausaha.blogspot.com

Biasanya para kicau mania lebih menyukai rangrang yang masih segar karena akan sangat membantu ketahanan stamina burung kicau.

Untuk pemula mungkin akan sering mengalami beberapa hambatan dalam berternak kroto. Oleh karena itu cobalah membaca terlebih dahulu beberapa tips dan trik membudidayakan semut rangrang berikut ini :

Menggunakan Media Toples

triyonomathematic.wordpress.com
triyonomathematic.wordpress.com

Sebenarnya kunci keberhasilan membudidayakan kroto adalah ratu. Jadi sebelum kamu memulai budidaya semut rangrang, cobalah terlebih dahulu mencari ratunya. Kamu bisa mnecarinya dikebun atau dimana saja.

Setelah kamu mendapatkan sarang semut rangrang beserta ratunya kemudian buka sarang tersebut dan tempatkan pada sebuah ember plastik dan usahakan bagian tepi dari ember tersebut kamu berikan tepung agar para semut pekerja nantinya tidak bisa naik keatas.

triyonomathematic.wordpress.com
triyonomathematic.wordpress.com

Usahakan saat kamu meletakan semut rangrang ke ember plastik sudah dalam keadaan bersih tanpa sarang. Kemudian hubungkan ember yang berisi semut rangrang tadi pada toples yang sudah dilubangi pada bagian bawahnya dengan diameter sekitar 3 – 5 cm.

Kamu bisa memberi jembatan dari kayu atau sapu lidi menuju toples tersebut.  Setelah itu natinya para semut pekerja ini akan berpindah sendiri kedalam toples dan membawa telur mereka, dan jangan lupa sediakan juga makanan dan minuman dalam toples tersebut.

Biasanya makanan semut rangrang ini berupa serangga mati, seperti kecoak mati atau jangrik mati kira kira selang satu hari kemudian para semut rangrang ini akan membuat sarang alami pada toples tersebut.

Pada bagian bawah toples tersebut letakkan nampan yang berisi air agar nantinya para semut pekerja ini tidak berhamburan keluar dan melarikan diri.

Usahakan  tempat untuk ternak kroto ini berada di tempat yang sejuk dan tidak bertatapan langsung dengan sinar matahari.

Makanan faforit semut rangrang adalah serangga dan jangan lupa sediakan juga air gula, karena semut rangrang sangat menyukai air gula jadi ketersediaan air gula sangat penting dan jangan sampai kehabisan.

Gunakan air gula yang masih segar, jika air gula tidak habis dalam beberapa hari usahakan mengganti air gula yang masih baru karena biasanya semut rangrang tidak mau meminum air gula yang sudah basi.

Menggunakan Media Bambu

krototerna.blogspot.com
krototerna.blogspot.com

Carilah segerombolan semut rangrang yang berasal dari beberapa tempat berbeda. Setelah kamu mendapatkannya, jangan menyatukannya secara langsung.

Dikarenakan akan mengakibatkan pertarungan antar semut rangrang. Tetapi cobalah untuk mengambil kroto atau telur semutnya saja. Ingat jangan sampai induknya terbawa karena akan mati akibat bertarung.

Kemudian simpanlah telur semut rangrang, lalu tempatkan didekat tabung bambu yang sudah berisi. Setelah beberapa saat semut-semut yang ada pasti membawa telur itu ke sarangnya sendiri, padahal telur itu dari sarang dan tempat yang berbeda.

sarungpreneur.com
sarungpreneur.com

Setelah beberapa hari telur itu menetas dan menjadi induk. Nah, setelah sekitar 1-2 mingguan baru kamu bisa menyatukan induk-induk semut dari beberapa sarang itu. Kemudian semut tidak akan bertarung seperti yang kamu ketahui.

Bisnis budidaya kroto memang sangat menjanjikan dari segi ekonomi, terutama di Indonesia. Nah untuk kamu yang tertarik membudidayakan kroto, ada baiknya kamu mempelajari secara mendetail hal-hal yang berkaitan dengan semut rangrang.

Karena jika terdapat kesalahan dalam mengelolanya maka kamu akan mengalami gagal panen dan tidak bisa menjual semut rangrang peliharaanmu.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *