Seorang wanita hamil biasanya akan mengalami kondisi tegang menjelang persalinannya. Senam hamil di bawah ini bermanfaat untuk mengurangi stres, mengatasi kecemasan dan agar kondisi calon ibu lebih rileks.

Pengaruh positif akan muncul jika seorang wanita hamil mengikuti senam hamil. Gerakan-gerakan yang ada pada senam hamil dapat melatih pengaturan napas saat proses persalinan.

Senam hamil bisa dilakukan secara individu atau kelompok. Senam hamil terbukti mampu mengembalikan tubuh wanita ke bentuk aslinya setelah melahirkan.

Selain itu, berat badan wanita hamil akan berkurang jika melakukan senam selama kehamilan.

Ingin wawasanmu bertambah? Yuk, baca terus ulasan berikut ini.

1Senam Kegel

pencerahnusaende.wordpress.com

Senam kegel bermanfaat untuk membantu menguatkan otot-otot dasar panggul agar persalinan lebih mudah. Senam ini termasuk senam perenggangan dan penguatan otot panggul.

Kalau otot panggulmu kuat, maka durasi waktu mengejan saat persalinan lebih singkat.

Selain itu, banyak sekali manfaat senam kegel. Gerakan senam kegel juga membantu menguatkan otot uretra, kandung kemih, rektum dan rahim.

Manfaat lainnya dari senam kegel yakni membantu menjaga hemorrhoid dan mempercepat penyembuhan episiotomy selama persalinan.

Saat ini terdapat banyak sekali variasi gerakan senam kegel. Kamu bisa melakukan berbagai macam gerakan senam kegel. Lakukan senam kegel dalam durasi 3-10 detik selama sehari sebanyak 4 (empat) kali.

2Jalan Kaki

abiummi.com

Bagi kamu yang sekarang sedang hamil, ada baiknya mempersiapkan diri sebelum persalinan. Tidak hanya melakukan senam saja, tapi berusahalah untuk berjalan kaki kemanapun selama masa kehamilan.

Jalan kaki pada saat kehamilan dipercaya dapat mempercepat persalinan. Jika olahraga ini dilakukan saat kehamilan trisemester ketiga, posisi bayi akan membantunya berada di jalur rahim.

3Senam Jongkok

tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Senam jongkok merupakan salah satu cara agar persalinan lancar. Mula-mula kamu harus berdiri tegak lurus. Kemudian, berjongkoklah pelan-pelan sambil mempertahankan posisi punggung yang lurus.

Posisi jongkok dipertahankan selama kurang lebih 10 detik. Setelah itu kembali pada posisi awal, yaitu berdiri.

Gerakan senam jongkok dilakukan berulang kali dalam sehari. Tujuan senam jongkok yakni memperkuat otot paha agar persalinan lebih mudah.

4Pose Tailor

hotarukika.blogspot.com

Gerakan yang satu ini adalah gerakan yang menyerupai kupu-kupu. Cara melakukannya, yaitu dengan duduk di lantai dan punggung lurus.

Lalu sentuhkan kedua telapak kaki hingga rapat. Dorong kedua lutut secara perlahan sampai menempel ke lantai.

Gerakan pose tailor dilakukan selama 10-20 detik. Coba kamu ulangi beberapa kali latihan dalam sehari. Manfaat gerakan ini untuk menghilangkan stres di bagian punggung bawah.

5Merangkak

mencegahpenyakit.com

Latihan ini sangat penting untuk mempersiapkan otot-otot bagian bawah tubuh supaya lebih lancar dalam melahirkan.

Kamu mesti lakukan posisi merangkak. Setelah posisi tubuh sudah merangkak, kamu harus mengempiskan perut dan mengerutkan dubur.

Selanjutnya lakukan gerakan mengejan dengan cara menarik napas dan meniup napasnya dalam kondisi mulut tertutup. Latihan merangkak baik dilakukan untuk ibu hamil usia 9 bulan.

6Berbaring Rileks

sinarharapan.co

Mungkin gerakan berbaring rileks adalah gerakan paling mudah. Kamu hanya berbaring dengan posisi kedua tangan menyimpang dan kedua kaki menumpu pada dinding. Telapak tangan harus menghadap ke atas.

Tarik napasmu pelan-pelan dan pejamkan mata hingga kamu merasakan ketenangan.

7Gerakan Bersila

rspkt.com

Senam gerakan bersila baik untuk ibu hamil usia 9 bulan. Kamu bisa menggunakan matras atau langsung di atas lantai.

Gerakan yang dilakukan seperti biasanya, yakni dengan duduk bersila. Kedua tanganmu diletakan di atas paha.

Gerakan ini seperti gerakan pada saat meditasi yoga. Atur napas dan tenangkan pikiran kamu. Upayakan kamu mendapatkan ketenangan maksimal.

Pelan-pelan hiruplah napas dalam-dalam, kemudian hembuskan. Kalau kamu melakukannya dengan rutin, proses kelahiran bayimu akan berjalan lancar.