Metode yang digunakan dalam seni lukis, salah satunya dapat diterapkan untuk menciptakan batik yang indah, yang berbeda dengan batik pada umumnya. Proses yang perlu dilalui pun cukup sederhana. Sebagaimana persis seperti tahapan melukis.

Adanya kreasi seni lukis pada batik ini secara otomatis juga menjadikan dunia perbatikan di Indonesia semakin dikagumi oleh bangsa lain. Lalu, apa saja tahapan yang harus kita lalui dalam membuat batik lukis? Berikut ulasan singkatnya.

Sketsa

Siapkan selembar kain putih untuk dibubuhkan sebuah rangkaian sketsa lukisan menggunakan pensil sesuai keinginan. Motif yang digunakan sebagai sketsa pun bebas sesuai ekspresi si pembatik. Contohnya seperti pemandangan, abstrak, wayang, dll.

Pencantingan

Kain putih yang telah selesai dibuat sketsa kemudian mulai diaplikasikan pencantingan. Selain dengan media canting, bisa juga menggunakan lain seperti kuas, pelepah pisang, sapu lidi, kapas, dan lainnya tergantung sesuai dengan ekspresi pelukis.

Pewarnaan

Pewarnaan dapat dilakukan dengan proses pencelupan dan colet. Terkadang para pembatik juga menggabungkan kedua proses ini agar lebih terlihat apik hasilnya.

Pewarnaan sintetis umumnya menggunakan beberapa bahan seperti naphtol, indigosol dan remazol. Setiap jenis pewarna sintetis tentunya mempunyai pengunci tersendiri. Hal ini berfungsi untuk mengunci warna agar tidak mudah luntur nantinya.

Misalnya remazol, penguncinya menggunakan bahan waterglass. Proses ke-2 dan ke-3 ini bisa dilakukan berulang-ulang agar warna yang dihasilkan bisa lebih awet.

Pelorotan

Setelah kain selesai dicanting dengan bahan malam dan diwarnai beserta bahan pengunci warna tersebut, kain kemudian dimasukkan ke dalam air mendidih sebagai proses untuk menghilangkan zat malam dari kain batik.

Setelah selesai proses pelorotan, barulah kain dikeringkan dengan penjemuran. Pada tahap inilah hasil akhir dari pembatikan baru dapat diketahui. Jadilah sebuah lukisan batik yang indah.

Perpaduan antara teknik lukis dan kreasi budaya membatik ini telah banyak menghasilkan harmonisasi karya seni yang indah. Dengan tema dan warna-warna yang cenderung bebas dan tidak mengenal pakem sebagaimana seni batik umumnya.

Batik lukis pun kini telah menjadi sebuah komoditas yang sangat diminati oleh para konsumen, baik yang berasal dari dalam negeri maupun para pecinta batik dari mancanegara.

[td_smart_list_end]