Cat minyak merupakan salah satu jenis media lukis berupa cat yang terdiri atas partikel-partikel pigmen warna yang diikat dengan media minyak pengikat pigmen warna yaitu minyak linen.

Selain itu, ada juga jenis media minyak pengikat lainnya seperti minyak papaver dalam bentuk pasta. Sedangkan untuk mengencerkan cat minyak, terdiri dari campuran terpentin dengan minyak linen.

Campuran minyak menjadikan media lukis jenis ini dapat memberikan efek kecerahan warna yang cemerlang. Selain itu, media cat berupa pasta liat juga dapat memberikan efek tekstur yang mengesankan bila diolah dengan keterampilan ahli.

Untuk menyelesaikannya, membutuhkan waktu beberapa hari hingga cat ini kering sentuh yaitu saat disentuh dengan jari tangan. Sedangkan untuk kering sempurna dengan kondisi cat pasta yang diaplikasikan secara tipis, dapat membutuhkan waktubeberapa minggu.

Dan untuk kondisi cat pasta yang diaplikasikan secara tebal bisa sampai membutuhkan waktu selama beberapa bulan, bahkan hingga beberapa tahun kemudian.

Perlu diketahui bahwa cat pasta yang belum kering sempurna maka beresiko akan melunak jika terkena udara lembab.

Hal lain yang perlu kamu ketahui, bahwa dalam kurun waktu beberapa tahun, pada lukisan warna putih akan berubah menjadi kekuningan jika terkena udara lembab. Sedangkan untuk warna lain tidak akan mengalami perubahan warna kekuningan.

Kemudian, salah satu kelebihan dari jenis media lukis cat minyak ini, dapat memberikan gradasi warna dengan pencapaian paling lebar yang tidak dapat dicapai oleh cat jenis lain. Daya tahannya pun termasuk yang paling awet.

Sedangkan kelemahan dari jenis media lukis cat minyak yaitu pada aroma cat yang begitu menyengat. Untuk mengaplikasikannya di atas media kanvas pun memerlukan teknik yang lebih rumit.

Jika pelukis tidak memahami teknik menggunakan cat minyak yang baik dan benar. Maka dalam waktu di atas satu tahun, lukisan yang dihasilkan dari cat minyak ini dapat menjadi retak rambut atau retak telur.

Pada akhirnya, hal ini membuat sebagian seniman beralih ke media lukis cat pengencer air yaitu cat akrilik. Dengan teknik cat akrilik, penggunaannya lebih mudah, tidak berisiko retak rambut dan bau catnya pun tidak menyengat.