Siapa yang tak mengenal origami? Seni melipat kertas ini sangat populer di Jepang. Melipat kertas dengan tingkat kreativitas yang tinggi sehingga menghasilkan bentuk yang indah dan menarik.

Origami sendiri berasal dari bahasa jepang yang terdiri dua kata, yaitu “ori” yang memiliki arti “lipat” dan “kami” yang berarti “kertas”. Sehingga origami dapat diartikan sebagai seni melipat kertas.

Tujuan dari seni origami sendiri untuk mengubah lembaran kertas datar menjadi suatu bentuk, baik itu bentuk makhluk hidup maupun benda mati.

Tanggal 11 November diperingati oleh masyarakat jepang sebagai “Hari Origami”, dimana kertas telah menjadi simbol perdamaian.

Banyak orang yang kurang mengetahui tentang sejarah origami.

Di jepang, origami dipercaya ada sejak Zama Heian sebagai penutup botol sake saat upacara penyembahan, wanita dan kanak-kanak. Pada masa itu origami lebih dikenal dengan istilah orikata, orisui atau orimono.

Perkembangan zaman pun memunculkan seni origami yang berbeda. Muncullah origami modern yang dikenalkan oleh Akira Yoshizawa .

Banyak sekali metode membuat origami yang diperkenalkan oleh Akira Yoshizawa. Mulai dari hewan berkaki empat, metode lipatan basah sehingga dapat menghasilkan model 3 dimensi dengan sudut lipatan yang lembut.

Apakah kamu pernah membuat origami dari bentuk yang sederhana seperti kapal, burung, maupun katak? Atau bahkan bentuk-bentuk yang lebih rumit seperti macam-macam origami di bawah ini.

1Piano

boredpanda.com

Bagi kamu yang menyukai alat musik yang satu ini, mungkin kamu bisa belajar membuat origami berbentuk piano untuk dijadikan hiasan di atas alat musik piano yang asli.

2Domba

boredpanda.com

Wahh, lucu sekali origami bentuk domba ini. Bisa kamu jadikan hadiah ulang tahun untuk temanmu yang menyukai domba-domba lucu seperti ini. Pasti temanmu akan senang dan terkesan dengan hadiah yang kamu berikan.

3Gajah

boredpanda.com

Coba kamu tebak, kira-kira butuh berapa kertas lipat ya untuk membuat origami berbentuk gajah ini?

4Panda

boredpanda.com

Pernahkah kamu melihat panda yang bergaya seperti ini dengan membawa bambu muda ditangannya? Sepertinya ini terlalu rumit untuk di buat. Bukankah begitu?

5Biola

boredpanda.com

Kalian bisa membuat origami berbentuk biola cantik ini tanpa bisa mendengarkan suaranya yang lembut ketika dimainkan.

6Rubah

boredpanda.com

Binatang yang tergolong dalam kelompok omnivora ini terlihat manis ketika kamu membuat bentuk origami-nya. Jika kamu lihat rubah ini terbuat dari satu kertas lipat saja, akan tetapi bagaimana cara membuatnya?

7Kuda Poni

boredpanda.com

Origami berbentuk kuda poni ini akan membuat kamu kagum dan terpana. Bentuknya poni dan ekor yang bergelombang rapi memperlihatkan keanggunan dari si kuda poni tersebut.

8Burung Hantu

boredpanda.com

Burung hantu yang terbuat sebagai kesenian origami ini memiliki tatapan yang sangat mirip dengan burung hantu yang asli. Tatapan tajam dan misterius yang akan membuat kamu ketakutan.

9Jangkrik

archive.kaskus.co.id

Benarkah ini jangkrik sungguhan? Sayangnya bukan, jangkrik ini adalah merupakan hasil kesenian origami. Karya yang luar biasa sehingga si hijau yang suka makan daun terlihat mirip seperti aslinya.

10Ular Kobra

archive.kaskus.co.id

Bisa kamu bayangkan bagaimana cara membuat origami berbentuk ular kobra dengan lipatan yang begitu rapi? Butuh berapa lama untuk membuat satu ular kobra sebesar ini ya?

11Lobster

archive.kaskus.co.id

Hewan laut yang terkenal sebagai makanan mewah ini sungguh menarik perhatian. Warna dari kertas origami yang digunakan pun benar-benar mirip dengan lobster yang asli.

Apakah setelah melihat origami berbentuk lobster ini kamu terbayang ingin makan lobster?

SHARE