Serbet atau napkin , ternyata bisa dibuat menjadi bermacam-macam bentuk. Bagi seseorang yang bekerja di industri pariwisata haruslah menguasai seni melipat napkin dan membuatnya lebih indah dengan berbagai macam bentuk yang ada.

Seni melipat serbet ini memang diciptakan untuk membuat kesan yang indah, elegan maupun lucu di meja makan. Biasanya, hotel atau restoran menghadirkan serbet dalam berbagi macam rupa untuk memberi pengalaman makan yang menyenangkan.

Serbet yang biasa digunakan memiliki dua jenis bahan, yakni serbet berbahan dasar kertas dan berbahan dasar kain. Namun, serbet berbahan dasar kain lah yang lebih sering digunakan oleh kebanyakan restoran.

Akan tetapi, lipatan ini tak setiap hari dipakai saat ada jamuan makan di restoran. Karena, waktu pembuatannya yang cukup lama dan bentuknnya yang lumayan rumit, menjadi alasan utama.

Namun, bagi kamu yang senang berkreasi dan membuat kerajinan tangan yang baru, lipatan-lipatan serbet ini bisa kamu coba lakukan di rumah.

1Bentuk Kapal

architecturendesign.net

Seni melipat serbet jika diperhatikan mirip dengan seni melipat kertas origami yang berasal dari Jepang. Untuk membuat serbet berbentuk kapal ini pun cukup mudah, sama halnya saat kamu melipat bentuk kapal dengan menggunakan kertas.

Kamu bisa melipatnya mengikuti langkah-langkah pada gambar di atas. Serbet berbentuk kapal ini bisa kamu gunakan saat makan bersama dengan anak-anakmu.

2Bentuk Angsa

architecturendesign.net

Untuk melipat serbet menjadi berbentuk angsa memang tak semudah yang dibayangkan. Beberapa lipatan yang cukup sulit akan kamu temui saat mengerjakannya. Kamu juga perlu berhati-hati agar menghasilkan lipatan yang rapi dan membuat angsa yang cantik.

3Bentuk Kelinci

architecturendesign.net

Serbet berbentuk kelinci ini terlihat lucu dan menggemaskan. Anak-anak pasti senang jika di atas meja makan mendapati adanya serbet kelinci ini. Jika libur tiba, ajaklah anak-anakmu untuk bermain dan berkreasi sambil belajar melipat serbet.

4Bentuk Rosette

architecturendesign.net

Selain membuat bentuk-bentuk yang lucu untuk anak-anak, sepertinya bentuk serbet yang satu ini cocok untuk digunakan ketika mengadakan makan bersama dengan teman wanita.

Bentuk rosette yang mungil dan cantik akan memberikan kesan romantis dari meja makan.

5Bentuk Baju

architecturendesign.net

Apabila bentuk rosette bisa digunakan untuk tamu wanita, maka bentuk baju ini bisa kamu pakai dalam menjamu tamu laki-laki. Jika kamu ingin membuat lipatan berbentuk baju ini, gunakanlah serbet dengan bahan yang kaku ya.

6Bentuk Matahari

architecturendesign.net

Ternyata kamu pun bisa membuat bentuk serbet ini menjadi seperti matahari. Langkah yang mudah seperti cara untuk membuat kipas, bisa kamu praktekkan untuk acara makan malam di rumahmu lain waktu.

7Bentuk Ikan

architecturendesign.net

Bukan hanya satu atau dua bentuk hewan saja yang bisa dibuat menggunakan serbet. Tadi sudah ada kelinci serta angsa dan kali ini ada serbet yang dilipat menjadi bentuk ikan.

Kira-kira, serbet yang berbentuk ikan ini lebih baik dibuat dalam rangka jamuan seperti apa ya?

8Bentuk Daun

architecturendesign.net

Lipatan serbet berbentuk daun sepertinya sangat sederhana untuk dibuat. Kamu hanya perlu melipat serbet yang berbentuk kotak menjadi bentuk segitiga dan melipatnya kembali menjadi bentuk yang lebih kecil.

Setelah itu, kamu bisa melipat bagian bawah serbet secara hati-hati dan perlahan seperti yang telah terlihat dalam gambar di atas.

9Bentuk Hati

architecturendesign.net

Ingin memiliki makan malam romantis dengan pasangan? Hiaslah meja makanmu dengan secantik-cantiknya, bisa kamu letakkan bunga, lilin dan serbet yang dilipat menjadi berbentuk hati disana.

Makan malammu akan menjadi berkesan dengan semua hal yang telah kamu siapkan itu.

10Bentuk Dasi

architecturendesign.net

Serbet yang dibuat menjadi lipatan menyerupai dasi ini bisa kamu letakkan di atas meja saat melakukan makan malam romantis bersama suamimu. Ia pasti akan senang dan terkesan dengan karya yang kamu hasilkan ini.