Saat menempuh suatu perjalanan, terkadang rasa bosan tiba-tiba menghampiri. Ditambah lagi jika kita melewati jalanan yang sepi dan tak ada pemandangan menarik untuk dilihat. Bisa jadi kamu pun tidak konsentrasi dan malah jadi ngantuk.

Namun sekarang, kamu bisa melihat-lihat beberapa karya lukis yang dibuat pada tembok-tembok di pinggir jalan atau dinamakan dengan mural. Seni mural itu bisa menghilangkan rasa bosanmu yang sedang menempuh perjalanan panjang.

Akan tetapi, kamu harus berhenti di pinggir jalan terlebih dahulu untuk menikmati lukisan-lukisan menarik tersebut. Jika kamu mengendarai sambil melihat seni mural itu, nanti malah tidak fokus dan bisa menyebabkan kecelakaan. Itu kan kacau.

Salah seorang seniman asal Perancis yang bernama Julien Malland atau lebih dikenal dengan Seth Globepainter membuat lukisan mural yang begitu mengangumkan. Warna-warni dari cat yang ia gunakan pun menghasilkan karya yang indah.

Seringkali Malland melakukan kolaborasi dan bertukar ide dengan seniman lokal dari negara-negara yang dikunjunginya. Dari situlah ia membuat lukisan dinding yang keren pada tembok-tembok di jalanan kota.

Julien Malland merupakan seniman lulusan Paris yang aktif membuat mural sejak tahun 1990-an. Lukisan-lukisan karyanya telah dibuat di beberapa negara, seperti India, Cina, Meksiko, Vietnam, Afrika bahkan sampai ke Indonesia.

Berikut ini mural karya Julien Malland yang tersebar ke seluruh dunia.

1Mural 1

architecturendesign.net

Lukisan yang ia buat pada tembok besar di pinggir jalan ini begitu menonjol dan menarik perhatian. Karya yang melukiskan satu pasang anak sedang bermain perahu kertas.

Menurutmu, apakah mereka sedang berada dalam sebuah kolam berisi air atau mereka sedang duduk dalam sebuah genangan air?

2Mural 2

architecturendesign.net

Karya selanjutnya melukiskan seorang anak laki-laki yang sedang memegang mobil mainannya. Ia duduk sendiri dan hanya terfokus pada mainan kesayangannya itu.

3Mural 3

architecturendesign.net

Lukisan seorang wanita berjilbab ini pasti memiliki makna tersendiri bagi Malland. Terlihat bahwa wanita tersebut seakan menggenggam sebuah bangunan. Mungkin kamu bias mendeskripsikannya makna lukisan di atas?

4Mural 4

architecturendesign.net

Anak laki-laki ini sedang memanjat tangga untuk melihat sesuatu di balik sana. Lukisan ini dibuat dengan sangat besar dan mencolok sekali, tangga warna-warni pun menambahkan kesan ceria untuk lukisan ini.

5Mural 5

architecturendesign.net

Sepertinya wanita ini berada dalam sebuah ruangan dan ingin melihat ke luar jendela. Ia nampak ingin bergabung dan bermain bersama dengan teman-temannya di luar rumah.

6Mural 6

architecturendesign.net

Lain daripada  yang lain, lukisan ini dibuat oleh Malland dalam sebuah ruangan. Ia melukiskan seorang anak yang seakan-akan dibuatnya melayang dan separuh dari kepalanya tak terlihat.

7Mural 7

architecturendesign.net

Wah, karya yang menakjubkan. Lukisan gadis kecil ini nampak memeluk sebuah jendela kamarnya. Mungkinkah tersirat suatu hal dari ekspresi yang dilukiskan oleh Malland pada gadis ini?

8Mural 8

architecturendesign.net

Inilah karya selanjutnya dari Juien Malland. Seorang anak laki-laki dengan jas dan dasi yang rapi melekat pada tubuhnya. Namun, yang membuat menarik adalah lukisan pada bagian kepala laki-laki ini.

Berisikan banyak sekali warna dan bentuk, kepala laki-laki ini sepertinya penuh dengan inspirasi mengenai dunia seni.

9Mural 9

architecturendesign.net

Mural ini menggambarkan seorang kucing yang mengenakan seragam aparat kepolisian dengan dominasi warna hijau.

10Mural 10

architecturendesign.net

Ini merupakan lukisan mural karya Malland yang terlihat begitu unik. Jika kamu perhatikan, wajah seorang gadis dalam lukisan tersebut berada di dinding bagian kanan. Padahal badannya dilukiskan pada dinding di bagian kiri.

Itulah beberapa seni mural atau lukisan dinding yang dibuat oleh seorang Julien Malland yang telah menjelajah ke seluruh dunia.