Era perang ternyata adalah salah satu pemicu terbesar berkembangnya industri senjata. Meski masanya telah lewat dan banyak negara telah damai, tapi perkembangan senjata ternyata masih terus berlanjut.

Teknologi senjata dikembangkan sebagai kebutuhan bagi negara-negara yang ingin mengungguli yang lain. Perang terjadi tidak hanya di darat dan laut saja, tetapi juga di udara.

Perang selalu saja membuat kerugian tidak sedikit. Selain butuh dana besar dan jatuhnya banyak korban dari kalangan sipil, untuk pulih dari perang saja butuh waktu tidak singkat.

Tapi, ternyata perang masih saja terus berlanjut, meski dalam bentuk lain seperti perang di dunia maya atau cyber-war. Kerugian karena perang sangatlah besar dan menyedihkan.

Senjata-senjata berikut dikembangkan dan menjadi senjata paling mematikan di masa depan. Apakah perang besar-besaran akan kembali terjadi?

1Mahem

boombastis.com

Mahem adalah singkatan dari The Magneto hidrodinamik Munition Explosive. Senjata ini dikembangkan oleh DARPA dengan memanfaatkan logam cair untuk menembus baju pelindung musuh.

Medan elektromagnetik dari ledakan akan mendorong logam cair yang dilepaskan. Sedangkan mesiu yang ada pada peluru berfungsi sebagai hulu ledak.

Menurut DARPA, senjata ini memiliki efisiensi yang lebih besar, dapat dikotrol dan memiliki tingkat presisi yang lebih tinggi dibanding senjata peledak biasa yang ada saat ini.

2Free Electron Laser

boombastis.com

Senjata super canggih ini adalah proyek riset Angkatan Laut Amerika Serikat. Merupakan sistem laser yang dapat mencegat serangan rudal dan roket terhadap kapal-kapal AS.

Hanya dengan sensor saja, laser ini sudah mampu menangkap informasi secara kasat mata. Senjata ini memang belum diproduksi masal. Tetapi prototipe-nya sudah ada yang sudah diuji coba.

boombastis.com
boombastis.com

Seluruh kapal perang Amerika rencananya akan dilengkapi dengan senjata ini untuk menggantikan meriam konvensional yang telah ada sebelumnya.

3Senjata Laser Hellads

boombastis.com

Senjata ini juga merupakan proyek Pentagon yang dikembangan DARPA. Hellads berarti High Energy Liquid Laser Area Defense System. Dipasang di pesawat dan berfungsi sebagai perlindungan terhadap pesawat rudal musuh.

Senjata ini sendiri memiliki ukuran relatif kecil. Meski demikian, tetap mampu mencegat dan menghancurkan rudal yang ditembakkan oleh musuh.

Seperti saudaranya yang digunakan di kapal perang, senjata ini juga mengandalkan sensor otomatis untuk mendeteksi rudal musuh.

4Hybrid Insect MEMS

boombastis.com

Ukurannya kecil dan tampak seperti serangga biasa. Senjata ini memang sengaja dibuat demikian sebagai kamuflase.

Hybrid Insect MEMS adalah robot yang bentuknya seperti serangga. Tugas yang dilakukannya adalah mengumpulkan informasi intelejen dan kadang kala bisa menyemprotkan gas atau radiasi sendiri.

Karena ukurannya yang kecil, senjata ini biasanya digunakan untuk penyergapan di ruang sempit, di balik ruangan atau balik tembok.

Serangga bionik ini diciptakan dengan menanamkan sistem mikro–mekanis dalam tubuhnya yang berfungsi merekam kejadian di sekitarnya dan langsung mendeteksi musuh.

5Aurora Excalibur

boombastis.com

Kata “Excalibur” tentu mengingatkan kita pada pedang yang legendaris itu. Tapi Aurora Excalibur bukanlah senjata dengan bentuk seperti pedang.

Senjata ini lebih mirip dengan pesawat UFO. Menurut kabar, sedang dalam proses pengembangan lebih lanjut.

Senjata ini berbentuk pesawat tidak berawak yang merupakan kombinasi helikopter dan jet tempur. Pesawat ini dapat mendarat serta lepas landas secara tegak, seperti helikopter.

Sedangkan kecepatan yang bisa dicapainya adalah 450 mil per jam. Pantas jika dikatakan sebagai kombinasi antara pesawat jet dan helikopter.

Uji coba pertamanya pada musim panas tahun 2009. Kemampuannya yang seperti helikopter membuatnya tidak butuh landasan khusus.

Sebagai pelengkapnya, senjata berupa pesawat ini juga dilengkapi dengan laser Helladas yang bisa dikendalikan dari jarak jauh secara otomatis.

6Corner Shot Launcher

boombastis.com

Kolaborasi antara Israel dan Jerman menghasilkan senjata canggih ini. Sebuah kamera dipasang untuk melengkapi senjata ini.

Selain itu dilengkapi juga dengan engsel yang bisa digerakkan ke kiri dan ke kanan untuk menembak di sudut sempit serta menembak dalam posisi berlindung.

Kamera lain ada di bagian bawahnya dan langsung terhubung dengan layar LCD. Senjata ini cocok digunakan untuk peperangan di dalam kota.

Senjata ini memang telah resmi digunakan oleh Jerman maupun Israel.