Ketahanan negara dari ancaman, gangguan, dan hambatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri adalah sebuah keharusan. Jika aman maka kedaulatan negara dapat dijaga dan rakyat dapat hidup sejahtera.

Ketahanan negara tak hanya di dukung dari pasukan TNI yang hebat baik angkatan udara, angkatan laut, atau angkatan darat. Namun juga perlu di dukung dengan perlengkapan persenjataan yang canggih. Indonesia memiliki korps kavaleri yang tangguh.

www.strategy4management.wordpress.com
www.strategy4management.wordpress.com

Menurut wikipedia kavaleri adalah semua hal yang menyangkut semua kendaraan berlapis baja, roda, dan atau roda rantai baik yang bersenjata kanon ataupun tidak (misal kendaraan angkut personel).

Lahirnya kavaleri TNI AD diperingati setiap tanggal 9 Februari. Kesatuan ini dibentuk pertama kali pada tahun 1950.

www.mik-news.blogspot.com
www.mik-news.blogspot.com

Satuan Kavaleri TNI-AD memiliki semboyan Tri Daya Cakti yaitu daya gerak, daya tembak, dan daya kejut.

Berikut ini senjata terbaik korps kavaleri TNI AD yang canggih dan hebat sehingga membuatmu merasa aman tinggal di Indonesia dibawah perlindungan TNI AD.

1Helikopter Nbell-412 SP/HP/EP

www.boombastis.com

Jika kamu melihat film action, salah satu adegan menegangkan yang paling favorit adalah adegan di atas helikopter.

Ternyata TNI AD juga memiliki helikopter hebat buatan PT Dirgantara Indonesia pada tahun 1984. Meskipun heli ini sudah cukup tua, namun kehebatannya masih bisa dibanggakan.

Heli ini memiliki senjata FN-Herstal MAG 58 kaliber 7,62 mm dan peluncur roket FFAR jenis T.905 kaliber 2,75 inchi. Terdapat 3 jenis heli untuk memenuhi kebutuhan yaitu Special Performance, High Performance, dan Enhanced Performanced.

Masing-masing jenis heli memiliki spesifikasi kemampuan yang berbeda seperti kemampuan jelajah, kecepatan, dan serangan. Heli ini dapat menampung 11 orang personil TNI AD dengan persenjataan lengkap.

2Panser Badak 6 x 6

www.boombastis.com

Kita beralih pada kendaraan darat. Panser Badak adalah kendaraan lapis baja sebagai pengganti panser kanon FV 601 Saladin yang telah membersamai kavaleri TNI AD selama 50 tahun.

Panser badak berdiri paling depan saat terjadi perang atau konflik untuk melindungi pasukan. Kendaraan ini memiliki kemampuan jelajah dan kemampuan tempur yang hebat.

Panser badak diproduksi oleh PT Pindad. Standar dari kendaraan tempur ini adalah NATO STANAG 4560 level III yang tidak mampu ditembus peluru. Wah kebayang ya betapa kerennya kendaraan ini.

Tak hanya bertahan, panser ini juga dapat menyerang dengan senjata utama kanon Cockerill CSE 90LP MK3M A1.

3Panhard EBR FL-11

www.boombastis.com

Senjata kebanggaan kavaleri yang ketiga diproduksi oleh Prancis. Hal yang unik dari kendaraan ini adalah dapat di setting rodanya sesuai kebutuhan pertempuran. Sebagai contoh mode 8 x 8 atau 4 x 4.

Keunikan yang lainnya adalah kemampuan mengemudi ganda baik maju maupun mundur. Terdapat 4 personel yang biasanya menghuni kendaraan ini, yaitu komandan, juru tembak, pengemudi depan, dan pengemudi belakang.

Kendaraan ini dilengkapi dengan senjata kanon kaliber 90 mm dan 75 mm.

4Cockeril 90

www.boombastis.com

Tak hanya TNI Ad yang mengandalkan Cockeril 90, namun juga TNI AL. senjata ini biasanya digandengkan dengan panser atau tank ringan seperti Scorpion dan V-150.

Selain itu bisa juga digandengkan dengan Anoa 6 x 6 yang masih dalam produksi dan pengembangan oleh PT Pindad.

Senjata hebat ini bisa dibilang membandrol harga yang tidak terlalu tinggi. Berbagai negara di dunia menggunakannya. Senjata ini diproduksi hingga mencapai 2.500 unit.

Meskipun murah namun senjata ini dapat terintegrasi dengan komputer balistik yang mampu menembak dengan target bergerak meski jaraknya 6 km sekalipun.