Bagi kamu para penikmat sensasi pedas, makan sambal akan terasa seperti naik tangga. Semakin naik level semakin ingin lebih tinggi lagi menaikinya.

Bener ngga? Kalau kamu sudah coba level 3 kamu akan coba level 4 dan seterusnya sampai kamu benar-benar menyerah.

Ssst! Tapi penulis pernah menyesal makan sambal dilevel 4, hilang selera makan karena terlalu pedas. Hiks.

Oke guys, di tahun 2016 ini ternyata ada beragam sambal yang mungkin belum kamu coba. Yap! Masih sambal asli Indonesia kok.

1Sambal Bajak

masteresep.com

Bukan di bajak pakai kerbau ya guys, sambal bajak ini adalah sambal dengan bumbu tambahan seperti bawang putih, terasi dan beberapa bumbu tambahan lainnya. Cara masaknya adalah dengan digoreng.

Sambal ini memang terkenal pedas dan tahan lama. Makanya kamu bisa mendapatkan sambal bajak dalam kemasan botol atau sachet.

2Sambal Lado

www.pbase.com

Hayo? Ngga usah pake nada gitu dong bacanya. Ini bukan lagu. Hehe.

Sambal ini berasal dari Minangkabau dan menggunakan bahan dasar yang lebih banyak seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombai dan lain-lain.

Ada cipratan jeruk nipisnya juga lho, dan ini akan membuat aroma serta rasa sambal lado lebih nendang.

3Sambal Terasi

masakanlezat.com

Siapa sih yang ngga pernah makan sambal terasi. Sambal wajib ketika berdampingan dengan ikan goreng atau ayam bakar ini sudah sangat tersohor di berbagai kota di Indonesia.

Dicolek dengan ikan bakar juga asyik. Hmm, mendadak lapar ya?

4Sambal Korek

resep-tempatkuliner.blogspot.com

Lho? Korek kok disambal?

Xixi. Bukan begitu guys, sambal korek adalah sambal yang terbuat dari cabai dan garam. Disebut sambal korek karena jumlahnya sedikit dan biasa dikorek dari cobek.

5Sambal Petis

ayamgorengnelongso.com

Sambal ini berbahan dasar bawang goreng, cabai, dan juga petis. Cocok untuk teman makan tahu, sup, dan lain sebagainya. Dimakan saat musim hujan juga lebih terasa sensasinya.

Sambal Seruit

www.gourmetestorie.com
www.gourmetestorie.com

Seruit bisa kamu dapatkan di daerah Lampung atau Sumatera Selatan. Pedas sambal seruit tidak perlu diragukan, karena memang sangat pedas guys.

Biasanya sambal seruit dicampur dengan irisan mangga muda. Aduh bikin ngiler aja nih.

SHARE