Kamu tahu apa yang dimaksud dengan anime? Kalau kamu generasi kelahiran tahun 90-an, kamu pasti tidak akan asing dengan istilah ini. Kata ‘anime’ merujuk pada tayangan animasi buatan Jepang.

Asal muasal anime pertama di Jepang telah ada sejak tahun 1917 dengan gambar animasi dalam filmtrip anime berjudul Nakamura Gatana yang di buat oleh Jun’ichi Kouchi.

Potongan lembaran film animasi yang jika dimainkan hanya berdurasi dua menit ini ditemukan di sebuah toko antik pada Maret tahun 2008 di kota Osaka. Anime ini menceritakan tentang seorang samurai yang lucu.

Perkembangan pesat dalam dunia anime dimulai ketika Osamu Tezuka melakukan penyederhanaan produksi film animasi yang diadaptasi dari cara produksi animasi Disney.

gettingstitched.wordpress.com
gettingstitched.wordpress.com

Kalau kamu belum juga ngeh siapa si Osamu Tezuka ini, dialah penulis komik sekaligus pembuat anime Astro Boy. Animasi yang hingga saat ini telah dibuat ulang berkali-kali hingga versi yang paling modern.

Nah, sayangnya kebanyakan anime yang tayang di televisi nasional saat ini pastilah mendapat sensor dari lembaga sensor film. Banyak adegan aksi kunci yang justru diberikan sensor atau ‘dipotong’. Padahal disitulah inti ceritanya.

Berikut beberapa anime yang sudah pasti akan mendapatkan sensor jika tayang di Indonesia saat ini.

1Sailor Moon

autostraddle.com

Cerita garapan Naoko Takeuchi ini berkisar tentang beberapa remaja putri yang mempunyai kekuatan untuk berubah dan memiliki kekuatan super. Beberapa adegan Sailor Moon pastilah akan dikenakan sensor saat ini.

Terutama pada saat tranformasi. Lebih dari itu para remaja putri di anime Sailor Moon ini selalu menggunakan kostum dengan rok mini dan pakaian pelaut sebagai ciri khas kekuatan super mereka.

2Crayon Shinchan

goboiano.com

Meskipun bercerita tentang anak sumuran TK, anime ini sebenarnya tidak diperkenankan untuk ditonton oleh anak kecil di Jepang. Karena memang banyak adegan lucu yang tidak pas untuk ditonton oleh anak-anak.

Cerita dalam anime ini adalah buah karya Yoshito Usui.

3Detective Conan

fanpop.com

Memang tidak banyak adegan seksi yang ditayangkan dalam anime ini. Namun, namanya juga anime detektif dengan genre kriminal, tentulah akan banyak darah di anime ini. Terutama pada tempat kejadian pembunuhan.

mangabeatingheart.altervista.org
mangabeatingheart.altervista.org

Nah, jika bagian-bagian yang menampilkan darah tersebut dihilangkan, tentu saja detil cerita detektif menjadi hilang dan tidak dapat lagi diikuti alur ceritanya. Namun cerita detektif karya Aoyama Gosho ini memang tetap yang terbaik.

4Samurai X

wallpapercave.com

Inilah anime dengan cerita tentang samurai yang paling populer karya Nobuhiro Watsuki.

Anime dengan banyak perkelahian pedang ini tentu saja juga akan menampilkan banyak darah. Namun, jika adegan perkelahian tersebut dikenakan sensor atau pemotongan scene, bukan lagi disebut Samurai X jika begitu.

5Dragon Ball Z

pageresource.com

Akira Toriyama telah menciptakan cerita kepahlawanan dengan plot yang menginspirasi banyak sekali pembuat komik di Jepang. Bahkan dikatakan bahwa Naruto, Fairy Tail dan One Piece juga terinpirasi dari Dragon Ball.

youtube.com
youtube.com

Sayangnya, akan banyak adegan dalam anime ini akan pastinya mendapat sensor. Adegan pertarungan yang seru dianggap sebagai adegan kekerasan yang harus disensor.

6One Piece

wallpapercave.com

Inilah cerita manga atau komik yang paling populer, terkenal dan misterius di dunia saat ini. Bukan hanya penggemar di daerah Asia saja, namun banyak pembaca di seluruh dunia.

Banyak yang menulis teori dan prediksi tentang kelanjutan cerita One Piece. Saat ini telah mencapai chapter ke-807.

Penulisnya, Eiichiro Oda bahkan disebut sebagai jenius karena mampu menampilkan tokoh baru dalam setiap chapter-nya. Lebih dari itu banyak sekali teka-teki tersembunyi dalam komik dan animenya.

wallpapercave.com
wallpapercave.com

Bercerita tentang seorang pemuda biasa bernama Luffy yang ingin menjadi raja bajak laut. Tentu saja bajak laut yang baik karena beberapa kali menyelamatkan sebuah kota, negeri, bahkan pulau dari ancaman penjahat.

Sayang sekali bahwa anime ini tidak akan tayang kembali di Indonesia, terlalu banyak gambar seksi tokoh-tokohnya dan adegan kekerasan yang melibatkan banyak darah.

Lebih banyak lagi anime lainnya yang pasti akan disensor di Indonesia, Naruto, Bleach, Fairy Tail, Death Note dan banyak lagi lainnya. Namun, rasanya perlu bagi kamu untuk menimbang makna anime.

youtube.com
youtube.com

Tayangan anime Jepang memang tidaklah cocok untuk anak-anak. Tetapi setidaknya tema kepahlawanan yang paling sering dimunculkan dalam anime dapat menjadi inspirasi yang sangat kuat untuk para remaja.

Banyak cerita  dalam anime Jepang yang bukan hanya dangkal dan fokus pada sisi hiburan. Namun, dalam penuh moralitas tentang persahabatan, persaudaraan, kerja keras, kejujuran, persamaan hak, keadilan dan kemanusiaan.

Jadi, kalau kamu seorang penggemar anime, jangan lupa untuk menerapkan berbagai pesan dan moral value positif yang ada dalam cerita anime untuk kehidupanmu sendiri.

Cukup untuk dirimu sendiri terlebih dahulu. Mulai dari dirimu sendiri.