hello-pet.com

Seorang Ibu Menjadi Dewasa dan Bijak karena Belajar 5 Hal Ini dari Anaknya

Posted on

Tahukah kamu kenapa kebijaksanaan umumnya lahir dari lisan dan perbuatan orang tua? Orang tua di sini dimaksudkan pada sosok Ayah dan Ibu, maupun seseorang yang usianya memang sudah tua, 40 tahun ke atas.

Pada usia tua tersebut, rata-rata orang memang sudah memiliki anak, bahkan ada yang sudah dikaruniai cucu.

Orang tua menjadi bijak, dan berhati-hati dalam mengambil keputusan, sebab mereka sejatinya telah belajar menjadi dewasa justru dari anak-anaknya.

Kehadiran anak lah yang membuat para orang tua menjadi pribadi yang berbeda dari diri mereka dulu ketika muda.

Tidak hanya anak yang belajar banyak hal dari orang tuanya. Menjadi orang tua pun dituntut untuk terus belajar, dan memang tidak akan pernah berhenti belajar seumur hidup, sepanjang sang orang tua membersamai anak-anaknya hingga akhir hayat.

Khususnya bagi Ibu, ia akan menemui banyak hal baru ketika telah dikaruniai seorang anak. Hal baru itulah yang membuatnya mau tak mau, suka tak suka, harus belajar demi bisa mendidik anak-anaknya dengan baik.

Setidaknya, orang tua, khususnya seorang Ibu akan belajar hal-hal ini dari anak-anaknya;

Cepat Lupakan Kesedihan

deltagrosir.com
deltagrosir.com

Melalui anak, seorang Ibu akan belajar bagaimana melupakan kesedihan dan kegundahan dengan cepat. Anak-anak akan secara alamiah lupa dengan rasa sakit. Cepat kembali ceria, cepat kembali tertawa.

Bahkan tak jarang bila seorang Ibu sedang sedih, sang anak lah yang menghiburnya. Kehadiran anak pun dengan sendirinya akan memupuskan kesedihan orang tua.

Ketika Jatuh, Segera Berdiri

garrastazu.adv.br
garrastazu.adv.br

Inilah yang dilakukan anak kecil ketika terjatuh. Ia tidak akan menangis lama, sebab ia ingin bisa terus bermain dan berlari.

Seorang Ibu akan menemukan sisi lain, betapa dunia anak-anak memang sangat menyenangkan, putih, bersih. Sebagai orang dewasa, Ibu akan mendapati dunia yang sangat indah di dalam diri anak-anaknya.

Peka

hello-pet.com
hello-pet.com

Seorang Ibu akan semakin dewasa dan bijak ketika mendapati anak-anaknya memiliki masalah, ringan maupun berat.

Tentu Ibu akan membantu sekuat tenaga agar kesedihan bisa hilang dari wajah dan hati anak-anaknya.

Menguasai Banyak Hal dalam Satu Waktu

captulsa.org
captulsa.org

Ini namanya multitalenta. Seorang Ibu akan belajar untuk menguasai berbagai keahlian, begitu ia memiliki anak. Itu terjadi begitu saja, otomatis, tanpa perlu diminta.

Keahlian yang tidak hanya satu dua, akan menjadi modal bagi Ibu untuk membuat anak betah di rumah. Tidak cuma anak, tapi juga suami. Misalnya saja, pandai memasak, membuat kue, menjahit, membuat kreasi dari bahan bekas, dll.

Sabar

davidwolfe.com
davidwolfe.com

Untuk yang satu ini, sudah pasti inilah pelajaran terbaik yang diperoleh orang tua dari kehadiran anak dalam rumah tangga mereka.

Anak bukan hanya anugerah, tapi bisa juga menjadi ujian bagi kedua orang tuanya. Anak bisa menjadi penyejuk mata, bisa juga menjadi alasan bagi orang tua untuk masuk ke dalam neraka.

Pada titik inilah, peran seorang Ibu dan Ayah diuji. Apakah bisa membentuk pribadi anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah?

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *