Brunei Darussalam merupakan negeri kecil yang kaya raya, dimana banyak sekali kebutuhan hidup yang gratis alias tidak bayar, semua sudah dipenuhi oleh negara.

Hebatnya, Brunei merupakan negeri yang menggunakan agama islam sebagai hukum dan tata cara untuk mengatur negara. Masyarakat disana merasa aman dan nyaman dengan hukum tersebut. Siapa sich yang gak pengen hidupnya nyaman?

Memang negeri brunei tidak terlalu besar, tapi bukan berarti itu yang menyebabkan mereka makmur sejahtera lho. Disana juga ada yang masih perlu dengan membayar, berikut ini daftar kebutuhan manusia disana yang gratis alias dijamin oleh negara.

1Pendidikan Gratis

soemitroblink.wordpress.com

Pendidikan di Brunei Darussalam mulai dari Taman kanak-kanak, Sekolah dasar, Sekolah Lanjut dan Menengah sampai kuliah semuanya gratis. Bahkan jika kuliah keluar negeri pun juga dibiayai oleh negara.

Hal ini berakibat tidak ada disana anak yang terlantar tidak sekolah, semuanya mendapat pendidikan secara layak, hal tersebut juga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

2Gratis Air dan Listrik

blog.tokopedia.com

Salah satu kehebatan Brunei adalah tidak ada biaya air dan listrik, karena semua usaha air dan listrik sudah dipenuhi oleh negara. Sehingga tidak pernah ada namanya masalah air dan listrik disana, kalaupun ada itu hanya masalah teknis saja.

3Jaminan Kesehatan

visia.info

Kalau di Indonesia jaminan kesehatan masih bayar, kalau di Brunei gratis abis, tidak membayar sepeser pun.

Bahkan pelayanan dan obat juga disediakan sesuai standart, bukan sekadarnya, yang seperti di Indonesia, jika yang pakai jaminan gratis pelayanan akan diakhirkan.

4Biaya Naik Haji

blog.duitpintar.com

Jika kamu ingin naik haji tapi tidak punya kemampuan biaya, maka pindahlah ke negara Brunei, kamu akan dibiayai untuk naik haji.

Dengan gratis biaya haji, bukan berarti masyarakat royokan ingin duluan berangkat, mereka tetap tertib, menunggu sesuai jadwal dan giliran lho, keren ya guys.

5Hadiah Nikah

rumahidealis.co

Bagi yang baru menikah, baru berumah tangga, maka akan mendapat hadiah 1 rumah dan 1 mobil, wah keren sekali kan guys?

Hal ini memang pemerintah sangat mendukung pernikahan yang sah daripada pacaran tidak jelas arah.

6Jaminan Rakyat Miskin

triyantomekel.wordpress.com

Bagi rakyat miskin disana akan mendapat jaminan uang untuk hidup, jadi disana tidak ada namanya pengemis, tidak ada namanya gelandangan, pengamen atau pencopet, karena masyarakat yang kekurangan akan dijamin oleh negara.

7Jaminan Hari Tua dan Kematian

bpjsasuransi.blogspot.com

Kalau di Indonesia hanya Pegawai Negeri Sipil saja yang mendapat uang pensiun, tapi di negeri ini tidak, semua orang tua mendapat uang pensiun. Bahkan ketika meninggal keluarg yang ditinggalkan akan mendapat insentif rutin sebesar 60 juta mata uang Brunei.

Memang sangat mengagumkan guys, keuangan negara tidak banyak diperuntukkan untuk pejabat pemerintahan, tapi lebih banyak digunakan untuk kemakmuran rakyat, semuanya untuk kesejahteraan rakyat.

Semoga Indonesia segera menyusul ya, hehe