Serangga Pemakan Manusia. Saat kamu mendengar itu, apa yang terlintas dalam benakmu? Adakah serangga-serangga tersebut? Atau hanya ada di dalam film-film saja.

Berbicara tentang serangga, hewan kecil ini tentu tak asing bagi kita. Serangga adalah hewan yang paling sering berinteraksi dengan manusia.

Kamu pasti sudah tahu atau malah sering menemui bintang kecil berkaki enam, misal semut, nyamuk, lalat, kupu-kupu, dan sebagainya. Hewan-hewan tersebut sering sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Serangga mempunyai peranan sendiri-sendiri. Ada yang berperan sebagai kompoen rantai makanan yakni sebagai pemakan tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora) dan perombak bahan organik.

Selain itu terdapat serangga yang berperan sebagai perombak bahan organik,misalnya adalah rayap. Rayap bereperan dalam peristiwa penguraian kayu. Selanjutnya ada serangga yang berperan sebagai penyerbuk, sumber gizi dan energi.

Melihat peranan serangga di atas ternyata serangga memiliki manfaat dalam hidup kita. Namun, tahukah kamu terdapat serangga yang ternyata sangat berbahaya bagi hidup manusia.

Bahkan ada yang menyebutnya serangga kecil pemakan manusia dan mereka memangsa manusia secara hidup-hidup. Mengerikan bukan?

Kamu pasti penasaran serangga seperti apakah itu? Berikut beberapa serangga pemakan manusia.

1Lalat Bot

i59.tinypic.com

Lalat yang satu ini luar biasa mengerikan. Mengapa demikian? Lalat Bot mampu berkembang biak menjadi spesies khusus, misalnya ada Lalat Bot Kuda, Lalat Bot Hidung Kambing dan bahkan juga Lalat Bot Manusia.

Proses masuknya Lalat Bot manusia jauh mengerikan, mulanya mereka meletakkan telur mereka di tubuh nyamuk atau lalat biasa dan mendarat di tubuh manusia.

Setelah lalat ini mendarat, telur akan jatuh ke tubuh manusia dan di sana ia akan menetas menjadi larva yang kemudian masuk ke tubuh manusia dengan perlahan-lahan memakan daging manusia.

2Lalat Screw

images.detik.com

Lalat Screw adalah salah satu serangga yang sangat berbahaya bagi manusia. Telur yang menetas kemudian mengeluarkan Larva atau belatung dapat menyebabkan kerusakan.

Karena belatung-belatug ini mengeram dan makan di dalam daging manusia. Belatung memang ada yang bermanfaat karena bisa hidup di jaringan yang mati dan membersihkan bakteri dari luka yang terbuka.

Tapi belatung screworm ini juga dapat memakan jaringan hidup dan memakannya dari dalam. Yang pada akhirnya menyebabkan luka yang sangat mengerikan.

3Lalat Sekrup Mata Merah

2.bp.blogspot.com

Selain itu terdapat lalat sekrup dewasa yang bermata merah, ia bertelur dalam setiap luka dan akan menetas dalam hitungan jam. Lalat ini suka hidup di daerah tropis, seperti Kepulauan Karibia, Amerika Tengah dan Selatan.

Lalat-lalat ini sangat mengancap hidup manusia. Serangga ini menyebabkan kematian di daerah-daerah kemiskinan. Tak tanggung-tanggung kematian akibat serangga ini mencapai ribuan.

Akhirnya sebuah pabrik di Meksiko membuat  sistem kemanan yang ketat dengan ‘memandulkan’ miliyaran belatung lalat sekrup. Kamu bisa membayangkan betapa besarnya bahaya akan lalat ini jika tidak di mandulkan.

4Lalat Tumbu atau Lalat Putzi

3.bp.blogspot.com

Lalat Tumbu atau Lalat Putzi merupakan serangga yang ditemukan di Afrika Timur dan Tengah. Lalat ini sangat berbahaya bagi manusia. Lalat Tumbu bertelur di tanah.

Belatung dari lalat ini merayap di atas tanah sampai mereka menempel atau mampu melakukan kontak degan manusia. Mereka menembus kulit pada bagian jaringan bawah kulit. Hal ini dapat menyebabkan tumor.

5Cochliomyia hominivorax

phil.cdc.gov

Lalat ini adalah jenis lalat yang paling berbahaya. Mengapa demikian? Karena memiliki ciri rahang pemotong yang ia gunakan untuk ‘mengebor’ hingga ke tulang dan saraf bahkan memasuki aliran darah. Infeksi yang diakibatkan dapat menyebabkan kematian.

Mengerikan bukan? Setelah kamu mengetahui seranga-serangga yang dapat mematikan manusia. Banyak hal yang belum kita ketahui, bahkan ternyata terdapat serangga yang perlu kita waspadai.