Siapa bilang travelling identik dengan hura-hura dan gaya hidup boros? Ternyata dalam ajaran agama Islam juga mendorong umatnya untuk menjadi traveller, yang berarti aktivitas travelling itu baik bahkan berpahala.

Sebenarnya positif atau negatifnya aktivitas travelling, itu semua tergantung cara pandang dan niat sang traveller. Kalau memang tujuannya untuk beribadah dan untuk tujuan positif lain tentunya sangat dianjurkan.

Masak sih travelling itu bisa jadi ibadah? Tentu saja bisa, contohnya travelling untuk tujuan penelitian dan ilmu pengetahuan, itukan adalah ibadah, dan pada keadaan tertentu menjadi wajib khifayah.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr).

youtube.com

Bukan hanya mencari ilmu, lebih tinggi dari itu travelling juga bisa menjadi sarana berdakwah.

Coba bayangkan jika tidak ada para traveller muslim seperti Ibnu Batutah yang travelling keliling dunia hingga nusantara, bisa jadi nusantara belum terislamkan seperti sekarang.

Para pedagang muslim memang menyebarkan agama Islam, tapi dengan interaksi terbatas di pesisir dan karena memang fokusnya pada perdagangan. Islam sampai abad 15 pun masih sedikit.

Namun, semenjak informasi tentang nusantara dari travelling Ibnu Batutah diterima khalifah, akhirnya usaha Islamisasi nusantara lebih rapi dan teroganisir, hingga mencapai keberhasilannya.

Travelling juga diperintahkan oleh Allah dalam banyak firmannya. Tujuannya agar manusia bersyukur dengan kelimpahan rezeki di bumi, dan terutama agar kita mengambil pelajaran dari umat terdahulu.

Ayat apa saja dalam Al Qur’an nulkarim yang memuat tentang travelling, ini dia 9 ayat yang berkenaan tentang itu.

1Surat Al Mulk Ayat 15

alquran-indonesia.com

Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.

2Surat Muhammad Ayat 10

alquran-indonesia.com

Maka apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi sehingga mereka dapat memperhatikan bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka; Allah telah menimpakan kebinasaan atas mereka dan orang-orang kafir akan menerima (akibat-akibat) seperti itu.

3Surat Yusuf Ayat 109

alquran-indonesia.com

Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya di antara penduduk negeri. Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memikirkannya?

4Surat Ali ‘Imran Ayat 137

alquran-indonesia.com

Sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah; Karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).

5Surat An-Naml Ayat 69

alquran-indonesia.com

Katakanlah: “Berjalanlah kamu (di muka) bumi, lalu perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang berdosa.

6Surat Luqman Ayat 31

alquran-indonesia.com

Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebahagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur.

7Surah Ar-Rum Ayat 42

alquran-indonesia.com

Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).”

8Surat Ar-Rum Ayat 9

alquran-indonesia.com

Dan apakah mereka tidak mengadakan perjalanan di muka bumi dan memperhatikan bagaimana akibat (yang diderita) oleh orang-orang sebelum mereka? orang-orang itu adalah lebih kuat dari mereka (sendiri) dan telah mengolah bumi (tanah) serta memakmurkannya lebih banyak dari apa yang telah mereka makmurkan. Dan telah datang kepada mereka rasul-rasul mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Maka Allah sekali-kali tidak berlaku zalim kepada mereka, akan tetapi merekalah yang berlaku zalim kepada diri sendiri.

9Surat Al-An’am Ayat 11

alquran-indonesia.com

Katakanlah: “Berjalanlah di muka bumi, kemudian perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan itu.”

SHARE