Iklan sirup yang sudah bertebaran di stasiun-stasiun televisi dalam negeri menandakan hampir tiba waktunya untuk Ramadhan. Bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia ini paling membahagiakan jika dijalani bersama keluarga dan teman-teman. Hampir semua kawan yang pernah atau sedang tinggal di luar negeri mengatakan bahwa “rasa” Ramadhan yang paling istimewa cuma ada di Indonesia. Memang sih sebagian disebabkan perasaan rindu rumah. Tetapi menurut mereka hal-hal yang hanya ada di Indonesia berikut ini juga ikut menjadikan suasana Ramadhan di negeri tercinta unik dan tak tergantikan.

  1. Bedug Maghrib
ramadhan bedug kiki widyasari
Sumber: twicsy.com

Acara yang satu ini pasti menjadi program yang paling ditunggu-tunggu selama bulan Ramadhan: Bedug Maghrib. Nggak heran sama sekali sih kalau Bedug Maghrib menjadi acara dengan rating paling tinggi, terbukti dengan ramainya iklan yang tayang menjelang Bedug Maghrib. Soalnya memang di Indonesia bedug yang dibunyikan sebelum adzan dikumandangkan merupakan pertanda sudah masuknya waktu berbuka. Dan kegiatan memukul bedug sebagai penanda berbuka puasa ini cuma ada di Indonesia saja loh. Bakal kangen deh mendengar suara bedug di pukul kalau kamu kebetulan sedang berada di luar negeri saat Ramadhan.

  1. Tajil
ramadan tajil
Mana tajil favoritmu?
Sumber: id.openrice.com

Saat berbuka puasa biasanya tidak langsung main hajar dengan makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya. Di Indonesia tajil atau penganan kecil menjadi pilihan untuk membatalkan puasa. Rasulullah SAW memberikan contoh untuk berbuka puasa dengan kurma. Tetapi di Indonesia selain kurma ada beberapa makanan khas berbuka puasa yang biasanya hanya ada di bulan Ramadhan seperti putu mayang, lupis, manisan kolang-kaling dan kolak. Duh, siapa yang sudah kangen makan tajil khas Ramadhan seperti saya?

Serunya lagi, untuk kamu yang memiliki jiwa wiraswasta momen Ramadhan bisa menjadi ladang bisnis. Menjamurnya kios-kios dadakan yang menjajakan tajil di sepanjang jalan setiap sore menjelang waktu buka puasa menandakan tingginya permintaan tajil. Nah, untuk kamu yang hoby masak kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk memperoleh tambahan uang. Asyik, bukan?

  1. Ngabuburit
ramadan ngabuburit
Bersepeda santai adalah salah satu kegiatan ngabuburit favorit.
Sumber: lifehack.org

Ngabuburit adalah istilah yang berasal dari bahasa Sunda yang artinya melakukan kegiatan tertentu sembari menunggu datangnya waktu maghrib atau waktu buka puasa. Dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan waktu berpuasa berlalu tanpa terasa sehingga kegiatan berpuasa tidak terasa berat.

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk ngabuburit. Tapi ingat ya, kegiatan yang dilakukan sebaiknya yang bernilai ibadah seperti tadarus, berdzikir, belajar ilmu agama atau mendengarkan tausiyah.

ramadan cooking
Memasak juga bisa menjadi kegiatan ngabuburit yang asyik loh!
Sumber: anationofmoms.com

Memang kegiatan ngabuburit tidak harus melulu yang bersifat ibadah langsung. Beberapa kegiatan bermanfaat lain yang bisa dilakukan untuk ngabuburit antara lain membaca buku dan memasak sajian berbuka. Yang paling penting jangan sampai kegiatan ngabuburit kamu justru membuat pahala puasa berkurang, misalnya dengan cara bergosip dengan teman. Dan jangan sampai juga ngabuburitnya yang membatalkan puasa, misalnya dengan cara ngemilin singkong rebus (._.).

 

  1. Sahur on the Road
ramadan sahur
Sahur on the road bisa menjadi salah satu alternatif bersedekah dengan berbagi bersama orang-orang yang tidak mampu.
Sumber: tqpartner.com

Kegiatan berbuka puasa bersama memang sudah mainstream. Beberapa tahun belakangan ini kegiatan lain yang kerap dilakukan adalah sahur bersama. Kegiatan ini juga hanya ada di Indonesia loh. Sahur bersama biasanya dilakukan dalam tema “Sahur on the Road” yaitu dengan cara berkeliling dengan kendaraan bermotor  dan melakukan pembagian makanan sahur untuk orang-orang yang kurang beruntung di sekitar kita. Kegiatan ini memang bagus karena disertai dengan kegiatan sedekah.  Tapi siapa pun yang ikut serta dalam kegiatan ini mesti ekstra hati-hati dan selalu menaati peraturan lalu lintas. Dan jika peserta acaranya banyak, wajib memberitahu dan meminta ijin dari pihak berwajib.

  1. Acara Sahur Televisi
ramadan tv
Nonton tv masih menjadi teman sahur untuk masyarakat Indonesia. Karena itulah rating acara pas jam sahur di bulan Ramadan sangat tinggi.
Sumber: clipartpanda.com

Sering dianggap “crappy show”, acara-acara yang mengiringi waktu sahur di stasiun-stasiun televisi nasional maupun lokal tetap banyak diminati. Secara pribadi saya tidak bisa berkata bahwa saya sama sekali tidak pernah menonton acara sahur. Lawakan yang nggak  lucu dan lebay kadang menjadi “guilty pleasure” sekadar untuk melepaskan kejenuhan. Tapi sama seperti gula, kebanyakan nonton acara lawak di saat sahur juga sangat tidak baik bagi kesehatan jiwa.

Jadi, benar ‘kan bulan Ramadhan di Indonesia tidak ada duanya?

 

SHARE
Ika Akbarwati
A random person who is not more in control than either of you.