Setelah hampir setengah hari berkutat dengan tugas-tugas atau pekerjaan, rasa lapar itu mulai muncul.

Rasa lapar tidak boleh diabaikan karena rasa lapar yang dibiarkan selama berjam-jam atau menunda-nunda makan saat rasa lapar akan membuat kita terganggu dalam menjalankan kegiatan.

Kita tahu bahwa rasa lapar merupakan sinyal yang dikirim tubuh agar ia segera mendapatkan asupan energi.

Berkaitan dengan rasa lapar, pernahkah kamu mengalami rasa cepat lapar setelah makan? Apalagi bagi kamu yang tengah diet, kamu harus mengetahui penyebab rasa lapar sehingga kamu dapat mengendalikan keinginanmu untuk makan.

Nah, berikut beberapa penyebab orang mudah lapar yang perlu kamu ketahui.

Makan Tergesa-gesa

2 makan tergesa
khikmatussaefiyah.blogspot.com

Ternyata makan dalam keadaan tergesa-gesa bisa menyebabkan orang mudah merasakan lapar dengan cepat.

Sebab, orang yang makan dalam keadaan terburu-buru bisa membuat hormon leptin tidak memiliki cukup waktu untuk memberikan sinyal rasa kenyang kepada tubuh.

Maka tidak heran, jika orang yang makan tergesa-gesa beberapa saat kemudian ia akan mudah lapar kembali.

Selain itu, ketika makan buru-buru biasanya makanan tidak dikunyah dengan baik, mengunyah makanan lebih lama membuat makanan bisa terserap oleh tubuh secara sempurna sehingga hormon leptin bisa memeberikan sinyalnya dengan tepat.

Stress

2 stress
www.forbes.com

Saat orang sedang mengalami stress maka hormon yang mengendalikan stres akan mengirimkan sinyal ke otak dan otak akan meresponnya dengan memberikan sinyal ke tubuh untuk merasakan lapar.

Kamu bisa mengamati, orang yang  sedang stres biasanya memiliki nafsu makan yang lebih banyak.

Menu Sarapan yang Salah

sarapam
liandamarta.com

Menu sarapan yang baik adalah makanan yang mengandung protein. Sebuah studi menunjukkan fakta bahwa orang yang mengonsumsi protein saat sarapan maka selama seharian penuh ia tidak akan terlalu banyak mengonsumsi camilan atau makanan berlemak.

Sebab protein membuat rasa kenyang yang lebih lama. Maka bisa kita lihat pemilihan menu makanan yang salah bisa membuat kita mudah lapar.

Kurang Tidur

2kurnag-tidur
www.necturajuice.com

Seseorang yang jam tidurnya kurang menyebabkan hormon gherlin akan meningkat. Hormon tersebut biasanya meningkat ketika pagi hari sehingga rasa lapar itu dirasakan saat pagi hari.

Jika seseorang sering begadang atau memiliki jam tidur yang kurang maka keesokan harinya ia cenderung merasakan lapar yang berlebih.

Sehingga ia akan menyukai makanan yang mengandung jumlah karbohidrat yang banyak sebab tubuhnya memerlukan asupan energi. Maka tidak heran, jika mereka yang suka begadang sering mengalami kegemukan.

Berpikir Keras

2berpikir keras
meneruskan.blogspot.com

Mungkin kamu sering mengalami hal ini, saat kamu berpikir dengan keras misalnya belajar atau mengerjakan tugas yang membuat otakmu harus berpikir dengan kekuatan penuh tiba-tiba rasa lapar itu sering muncul.

Yup, memang hal yang menyebabkan mudah lapar adalah berpikir keras. Sebab ketika berpikir keras energi akan terkuras.

Itulah beberapa penyebab seseorang mudah merasakan lapar. Rasa lapar yang normal ialah rasa lapar yang tidak sering timbul dan biasanya muncul sesuai jam makan seharusnya. Semoga bermanfaat.

SHARE