Kata ” Duta Pancasila ” sontak menjadi topik pupuler di situs media sosial twitter. ” Duta Pancasila ” melonjak jadi jadi populer sejak mulai sejak jam 9. 40 WIB pada Jumat ini (8/4/2016).

Kata kunci tersebut mengacu pada penunjukkan penyanyi dangdut, Zaskia Gotik, sebagai Duta Pancasila oleh fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Kamis kemarin (7/4) FPKB mengadakan acara talkshow dengan topik ” Pancasila Hidup Kita “. Acara yang dilaksanakan di DPR ini dihadiri juga oleh sejumlah artis seperti Eddies Adelia, Magdalena, Dwi Andika, Kiki Amelia, Puput Melati, Elly Sugigi, serta Tommy Kurniawan.

Dalam acara tersebut, Zaskia ditunjuk untuk memimpin hadirin, anggota dewan dan undangan, untuk membacakan Pancasila. Zaskia berhasil membacakan kelima sila dari Pancasila dengan lancar. Dia bahkan berusaha menghidupkan suasana dengan berseru kepada hadirin agar lebih kompak. ” Kurang kompak nih. Yuk, Pancasila! ” sahut Zaskia.

Zaskia kini memang menjadi Duta Pancasila dari Fraksi PKB. Abdul Kadir Karding, Ketua Fraksi PKB di MPR berkata bahwa dia sendiri yang langsung meminta agar penyanyi dangdut yang bernama asli Surkianih ini mau menjadi Duta Pancasila.

Karding menerangkan kalau artis serta pesohor dapat merubah orang-orang serta memiliki akses kuat ke media. ” Pekerja seni itu sekali ngomong punya dampak besar. Kalau politisi belum tentu. Jadi mereka ini sangat strategis kami dorong untuk menjadi duta-duta,” ungkap Karding.

Atas penunjukan tersebut, Zaskia berterima kasih serta mengakui siap menerima tanggung jawab itu.

“Ya saya terima. Harus banyak belajar lagi. Insya Allah Neng bakal jalani ini dengan baik. Siap enggak siap, makanya itu harus belajar. Mulai sekarang Neng sudah belajar menghafal Pancasila, lambang-lambangnya, pelan-pelanlah,” kata pedangdut yang berusia 25 tahun itu.

Sebelumnya, Zaskia tersangkut kasus ” Bebek Nungging ” yang disebutnya sebagai simbol sila ke lima Pancasila. Pernyataan itu terlontar pada acara Dahsyat 15 Maret silam.

Kata-kata Zaskia tersebut berbuah kecaman dari netizen di sosial media. Zaskia bahkan sempat diperiksa oleh Direktorat Reserse Kriminil Spesial Polda Metro Jaya. Ia dilaporkan oleh beberapa pihak, termasuk juga anggota Dewan Perwakilan Daerah, Fahira Idris, lantaran dikira berbuat tidak etis simbol negara.

Menurut Karding, masalah tersebut tidak harus lewat jalur hukum. ” Saya memaafkan. Cara penyelesaiannya tidak harus dengan hukum. Tapi bagi PKB kalau ada permasalahan seperti ini kita ingin menyelesaikan adalah dengan persuasi, ” ucap wakil rakyat dari dapil Jawa Tengah VI itu.

Meski demikian, netizen tampak memiliki pandangan yang berbeda. Keyword ” Duta Pancasila ” yang jadi trend, malah dipenuhi komentar-komentar negatif. Berikut diantaranya: