Maha Besar Allah, yang dengan segala kemurahan dan kasih sayangNya, Dia memberikan banyak nikmat dan kesempatan pada hambaNya untuk memperbanyak amalan kebaikan dan pahala yang bisa menjadi bekal kelak di Akhirat.

Tak hanya ibadah-ibadah wajib seperti sholat wajib lima waktu, puasa Ramadhan, dan haji bagi yang mampu, namun ada banyak pula ibadah sunnah yang Dia berikan kepada kita sebagai nikmat dalam kita berburu pahala dariNya.

Salah satunya adalah sholat sunnah rhowatib.

Sholat ini adalah sholat yang biasa mengiringi sholat wajib lima waktu. Namun tak semuanya dilakukan di akhir waktu ataus esudah sholat wajib, ada juga yang dilakukan di awal waktu atau sebelum sholat wajib tersebut.

Ada dua hukum dari sholat sunnah rhowatib, yakni sholat sunnah rhowatib dengan hukum sunnah muakkad dan sholat sunnah rhowatib dengan hukum sunnah ghoiru muakkad.

Nah, sholat sunnah rhowatib dengan hukum sunnah muakkad tentunya lebih utama dibanding yang hukumnya ghoiru muakkad. Mengapa dmeikian? Karena ganjaran pahalanya jauh lebih besar di hadapan Allah.

Maka jika kita memilih, sebaiknya memilih menjalankan ibadah sholat sunnah rhowatib yang hukumnya sunnah muakkad saja.

Lalu apa saja sholat-sholat sunnah rhowatib yang memiliki hukum sunnah muakkad tersebut?

Diantaranya adalah sholat dua rakaat sebelum shubuh, sholat dua atau empat rakaats ebelum dluhur, sholat dua rakaat sesudah dluhur, sholat dua rakaat setelah maghrib, dan sholat dua rakaat sesudah isya.

Sholat sunnah yang dilakukan sebelum sholat wajib disebut sholat sunnah qabliyah, dan sholat sunnah yang dilakukan setelah sholat wajib disebut sholat sunnah ba’diyah.

Terkait fadhilah atau keutamaan, hukum dari ibadah sunnah sendiri maksudnya adalah berpahala jika dikerjakan namun tidak berdosa apabila ditinggalkan. Namun jika hukumnya muakkad, maka dianjurkan lebih baik dikerjakan karena pahalanya amat ebsar.

Selain itu ada banyak fadhilah dari sholat rhowatib sendiri, salah satunya sholat dua rakaat sebelum subuh yang sesuai hadits shahih dari Rasulullaah SAW memiliki keutamaan lebih besar daripada dunia dan seisinya.